Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengetahui Tulisan Hasil Copy Paste Dari Internet

Cara mengetahui tulisan hasil copy paste dari internet atau tulisan ori ini bisa bermanfaat bagi pembaca yang berprofesi sebagai pengajar baik itu guru atau dosen. Yaitu bisa mengetahui bahwa siswa atau mahasiswa mengerjakan tugas sendiri atau mengcopy teks dari internet.

microsoft office, microsoft word, seo, tutorial, plagiarism cheker, plagiat

Seperti tulisan saya sebelumnya tentang cara memperbaiki spasi pada microsoft word akibat copy paste di internet, bahwa tulisan tersebut saya buat berdasarkan kata kunci yang sering dicari di internet.

Mengapa banyak yang mencari kata kunci tersebut? Menurut prediksi saya bahwa banyak yang mengalami masalah ketika melakukan copy paste artikel atau tulisan dari internet, diantaranya format asli dari artikel di internet tersebut turut terbawa ke microsoft word. Sehingga hasilnya akan terlihat berantakan.

Menurut pandangan sekilas saya, bahwa biasanya yang sering melakukan copy paste artikel atau teks dari internet ke microsoft word adalah siswa atau mahasiswa untuk mengerjakan tugas. Namun semoga saja tidak pendapat saya ini salah.

Namun untuk antisipasi terjadi plagias, maka perlu untuk diketahui bahwa tulisan siswa atau mahasiswa tersebut asli atau hasil copas dari internet. Bagaimana caranya? mari simak penjelasan saya berikut ini.

Cara Mengetahui Tulisan Hasil Copy Paste Dari Internet


1. Coba ketik kata kunci "plagiarism checker" di mesin pencari google

2. Nanti akan banyak muncul pilihan website gratis untuk mengecek plagiarisme. Kalau rekomendasi saya gunakan yang https://smallseotools.com/plagiarism-checker/ yang terbukti valid dan sering saya gunakan.

3. Jika tulisan dalam bentuk file, tinggal copy dan masukan ke smallseotools.com/plagiarism-checker

4. Jika tulisan dalam bentuk print kertas, maka tulis ulang dan masukan ke smallseotools.com/plagiarism-checker

5. Jika teks sudah dimasukan, tinggal klik check plagiarism

6. Nanti akan muncul tanda merah jika memang tulisan hasil copas dari internet.

7. Software online ini juga bisa mengetahui sumber tulisan yang dicopy

Ini merupakan penggunaan software plagiarism checker gratisan, jika ingin lebih valid lagi teman-teman bisa membeli versi berbayar. Untuk berbayar saya rekomendasikan untuk berlangganan di grammarly.com karena fiturnya lebih lengkap dan mudah digunakan. Selain itu juga mudah diakses karena tanpa iklan.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk mengetahui tulisan hasil copy paste di internet. 

1 comment for "Cara Mengetahui Tulisan Hasil Copy Paste Dari Internet"