Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Harga Penyebrangan Pelabuhan Ketapang - Gilimanuk

Pelabuhan Ketapang dan Pelabuhan Gilimanuk merupakan dua pelabuhan yang menghubungkan antara Pulau Jawa dan Pulau Bali. Di kedua pelabuhan ini terdapat jasa penyebrangan dengan menggunakan kapal ferri yang dapat mengangkut kendaraan baik itu motor, mobil, truk, hingga bus. Yang pasti juga bisa mengangkut manusia.

pelabuhan, kapal ferry, ketapang, gilimanuk, bali, jawa

Dalam artikel ini saya ingin berbagi pengalaman pertama saya menyebrang dari Pelabuhan Ketpang yang berada di Banyuwangi, menuju Pelabuhan Gilimanuk di Bali.

Jadi saya membawa kendaraan Toyota Avanza yang berisi 4 orang termasuk saya. Awal mula saya masuk ke Pelabuhan Ketapang di Banyuwangi.

Kemudian sebelum memasuki lokasi antrian menuju masuk kapal, akan ada petugas yang akan mendatangi untuk mendata berapa orang yang ada dalam mobil, sekaligus mendata siapa nama drivernya.

Mungkin ini dilakukan untuk mempercepat proses input data sehingga bisa mengurangi antrian penumpang.

Perlu teman-teman ketahui, bahwa untuk menyebrang di Pelabuhan Ketapang ke Gilimanuk atau sebaliknya. Pembayaran bisa menggunakan kartu etoll.

Bagi yang saldo etoll tidak mencukupi untuk pembayaran, petugas akan menawarkan jasa untuk top up saldo etoll teman-teman. Dengan harga standart, misalnya mengisi etoll 300ribu maka saldo yang akan didapatkan yaitu 298ribu. Jadi tarif untuk jasa top up saldo etoll yaitu 2ribu rupiah yang akan dipotong langsung dari saldo.

Kira-kira berapa kisaran harga untuk menyebrang dari pelabuhan Ketapang ke Gilimanuk?
Berdasarkan pengalaman saya dengan membawa 1 mobil avanza dengan 4 orang penumpang dikenakan biaya Rp 159.000 untuk sekali penyebrangan. Demikian juga jika menyebrang dari Gilimanuk ke Ketapang.

Berapa waktu yang dibutuhkan untuk menyebrang dari Ketapang-Gilimanuk atau sebaliknya? Kisaran waktu yang dibutuhkan sekitar 1 jam.

Untuk menhindari kebosanan menunggu sampai ke pelabuhan tujuan. Teman-teman bisa melihat pemandangan laut, jika teman-teman menyebrang pada siang hari.

Lebih-lebih jika teman-teman menyebrang dipagi hari, misalnya jam 5 pagi. Maka udara segar dengan pemandangan yang indah akan membuat teman-teman nyaman saat menyebrang tanpa mengalami kebosanan.

Saran saya siapkan jaket untuk menghindari masuk angin Karena angin saat di kapal ferry sangat kencang. Namun jika ingin aman, teman-teman bisa masuk ruangan yang disediakan di dalam kapal.

1 comment for "Harga Penyebrangan Pelabuhan Ketapang - Gilimanuk"