Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Agar Blog Diterima Google Adsense

Banyak orang yang ingin bekerja secara online, salah satunya dengan menjadi publisher dan mitra Google.

Mitra Google yaitu dengan menjadi publisher online baik di blog, youtube, atau aplikasi di playstore. Dengan memiliki status sebagai mitra google, maka konten yang dihasilkan bisa dipasangi iklan oleh Google.

Cara Agar Blog Diterima Google Adsense


Untuk itu, publisher yang bekerjasama dengan google dalam periklanan wajib memiliki aplikasi khusus yang disebut Google adsense.

Dengan demikian, seseorang yang memiliki akun Google Adsense maka bisa memasang iklan google di blog atau website yang dimiliki.

Yang menjadi pertanyaan, bagaimana cara mendapatkan google adsense ini?


Secara umum untuk memiliki google adsense ada banyak cara misalnya memiliki blog, channel youtube atau aplikasi di playstore. Kemudian mendaftarkannya ke Google adsense, nantinya tim Google adsense akan mereview kelayakan untuk dipasangi iklan.

Dalam kesempatan ini saya ingin berbagi cerita pengalaman saya diterima Google adsense, yaitu dengan menggunakan blog wordpress dengan hosting berbayar.

Awalnya saya sama sekali tidak mengenal Google adsense, karena awalnya saya cuma ingin belajar membuat website untuk mempublikasikan tulisan dan juga foto-foto saya. Saat itu masih kuliah, yang masih sangat rajin membuat tulisan yang menurut saya sangat berat karena konten tulisannya berupa analisa.

Jadi mungkin wajar karena saat itu masih mahasiswa yang banyak bergelut dengan buku, sehingga tulisan yang saya hasilkan dan dipublish di blog sangat bersifat akademis.

Berawal ingin mempublikasikan artikel-artikel tulisan saya, akhirnya saya memutuskan membeli domain dot com dan juga hosting yang murah, yaitu 25ribu per bulan dan dibayar per tiga bulan sekali. Jadi cukup ringan bagi dompet mahasiswa seperti saya saat itu.

Awalnya sangat bangga, karena saya rajin nulis untuk mengisi website saya. Mulai dari tulisan analisa politik, analisa bisnis, hingga analisa perkebangan teknologi dan sebagainya saya tulis.

Saat membeli hosting dan domain, saya mendapatkan akses CPANEL. Saat mempelajari isi di CPANEL, ada bagian untuk melihat seberapa banyak visitor saya. Nah dari situ saya melihat awalnya mungkin cuma sedikit, tidak sampai 100 orang pembaca perhari.Mungkin itu juga termasuk saya yang sering melihat lihat tulisan yang saya hasilkan sendiri.

Dari situ saya berpikir untuk meningkatkan jumlah pembaca, saya mempelajari banyak hal tentang cara meningkatkan visitor website atau blog. Saat belajar tentang itu, saya menemukan ebook yang berisi tentang menghasilkan uang dari blog.
Setelah saya baca, baru saya memiliki wawasan baru tentang blog bahwa blog bisa menghasilkan uang. Hal ini menjadi ide cemerlang bagi saya saat itu yang isi tabungannya pas-pasan.

Jadi saya coba membuka Google adsense, kemudian mendaftarkan blog yang saya punya. Yaitu blog dengan domain dot com dan hosting berbayar.
Saat itu artikel di blog saya mungkin ada sekitar 80 artikel hasil saya menulis sekitar tiga bulan.

Dengan mengikuti instruksi yang diberikan di laman Google Adsense, saya mulai memasukan alamat blog saya. Kemudian menaruh kode yang diberikan Google Adsense di widget iklan di blog wordpress saya. Awalnya memang tidak muncul iklan sama sekali, cuma sekedar space iklan kosongan.

Niat awal hanya coba-coba, sehingga saya tidak berharap sama sekali dengan Google Adsense. Sehingga saya tetap melanjutkan hobi menulis saya, kemudian rutin saya posting di blog saat selesai menulis.

Mungkin sekitar 1 bulan setelah memasang kode Google Adsense di blog saya, kemudian saya menerima email dari Google Adsense. Yang inti dari isinya yaitu ucapan selamat bahwa saya diterima secara penuh oleh Google Adsense.

Kemudian saya membuka Dashboard Google adsense, ternyata benar bahwa saya diterima Google Adsense. Kemudian baru saya coba membuat unit iklan dan memasangnya di blog. Ternyata benar, iklan tersebut tayang di blog saya.

Nah, dari pengalaman pribadi saya diterima Google Adsense ini mungkin bisa menambah wawasan bagi teman-teman yang ingin membuat blog kemudian mendaftarkannya ke Google Adsense agar bisa dipasangi iklan.

Yang perlu dicatat adalah terus menulis, memproduksi artikel yang bermanfaat. 

5 comments for "Cara Agar Blog Diterima Google Adsense"

  1. Domain my.id ini lewat review atau gak bos

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya daftar adsense pakai domain TLD dot com, jauh sebelum bikin andik.my.id

      saya mengaitkan andik.my.id ke akun adsense non-hosted saya, itu juga pakai di review dulu. Jadi iklan tidak bisa langsung tayang di blog ini, meski sudah punya akun google adsense.

      Delete
  2. Beli doamain (com) harga sgtu dmna gan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. domain .com tetap diatas 100ribu, yg 25ribu / bulan itu hosting gan. Bisa di cek di jagoan hosting yang bisa bayar per 3 bulan.

      Delete
  3. om kebetulan saya juga punya akun non hosted lama..
    gimana cara nya menautkan dengan domain baru my.id ini?

    ReplyDelete