Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghadapi Persaingan Bisnis Yang Sehat

Tips menghadapi persaingan bisnis berikut bisa membantu teman-teman dalam menjalankan bisnsi ditengah persaingan yang sehat ataupun yang tidak sehat. Saya menulis artikel ini dengan harapan teman-teman memiliki tambahan wawasan baru, sebagai insight untuk menjalankan bisnis kedepannya. Jadi apa saja tips menghadapi persaingan bisnis ini? Simak penjelasannya berikut ini.

Cara Menghadapi Persaingan Bisnis Yang Sehat

Gunakan pemasaran digital


Berbisnis dengan menghadapi pesaing yang jumlahnya banyak bisa menguras energi. Terlebih lagi jika banyaknya pesaing ini, juga menggunakan metode atau cara yang sama dalam menjalankan pemasaran yaitu masih menggunakan pemasaran yang konvensional.

Sehingga perlu terobosan agar bisnis bisa menghadapi persaingan yang demikian, yaitu dengan menggunakan pemasaran di internet. Istilah kerennya memang digital marketing.

Dengan menggunakan digital marketing, bisa memungkinkan teman-teman pelaku bisnis untuk menciptkan suatu keunikan bisnis yang dijalankan. Misalnya dari sisi promosi menggunakan media sosial, maka bisa diciptakan konten yang menarik dan unik.

Bisa dikatakan bahwa pemilik bisnis saat ini menggunakan sosial media atau media internet untuk memasarkan bisnisnya. Namun tidak semua mampu melakukan pemasaran digital untuk mempromosikan hingga menjual produknya di internet.

Mayoritas hanya sebatas memiliki akun instagram, facebook, website, dan sebagainya. Namun semua aset digial tersebut tidak dikelolah dengan baik, dan berfungsi sebagai formalitas saja.

Jadi disitu letak peluang untuk membuat pemasaran digital yang unik, untuk menghadapi persaingan bisnis.

Mencari peluang bisnis yang tersembunyi


Ditengah jenuhnya bisnis yang memiliki model sama, produk sama, dan sebagainya. Maka perlu adanya inovasi atau terobosan tertentu yang membuat bisnis yang dijalankan bisa menjadi bisnis yang unik dan berbeda dengan yang selainnya.

Misalnya dengan menggali peluang pasar yang ada. Disini dibutuhkan kejelian dalam melihat peluang pasar. Dimana harus membaca berbagai peluang yang tidak nampak, sehingga perlu ketajaman dalam analisa peluang bisnis.


Contoh misalnya dalam melihat peluang ibu rumah tangga yang tidak bekerja. Mayoritas memang hanya di rumah untuk mengurus anak dan berbagai keperluan rumah tangganya. Pasti banyak diantara mereka yang ingin memiliki aktualisasi atau kegiatan selain kegiatan mengurus anak dan mengurus rumah. Nah, ini bisa menjadi peluang bisnis juga misalnya dengan bisnis rumahan bagi ibu rumah tangga.

Selain ada akfititas lain selain mengurus rumah, mereka juga bisa mendapatkan income dari bisnis yang dijalankan. Peluang bisnisnya yaitu dengan menjadi suplier bisnisnya ibu-ibu, atau bahkan memberikan training berbayar.

Demikian juga bagi karyawan yang ingin penghasilan tambahan, hal ini juga bisa menjadi peluang bisnis tersendiri. Dan masih banyak contoh, yang terpenting kita bisa menangkap peluang-peluang bisnis yang tidak nampak tersebut.

Dengan demikian, jika melihat peluang bisnis yang tersembunyi akan dapat menghadapi persaingan bisnis.


Menjadi seorang ahli dibidang tertentu



Apa untungnya menjadi seorang ahli pada bidang tertentu? Yang pasti sangat banyak manfaat atau keuntungan yang bisa didapatkan. Apalagi dalam bidang bisnis yang penuh persaingan.

Misalnya penjual komputer yang ahli IT dan orang yang hanya berjualan komputer. Pasti pelanggan akan datang ke orang yang ahli. Selisih harga sedikit mungkin tidak akan menjadi masalah, karena apa yang mereka butuhkan terpenuhi.

Selain itu bisa melakukan menanyakan masalah tentang komputer mereka, dan diberikan solusi secara langsung oleh orang yang ahli.

Demikian juga bisnis bidang yang lain. Tentunya ahli menjadi faktor penentu dalam menghadapi persaingan bisnis. Karena pelanggan mencari solusi, bukan hanya membeli produk atau jasa. 

Post a Comment for "Cara Menghadapi Persaingan Bisnis Yang Sehat"