Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Ebook Untuk Dijual Online

Membuat ebook bisa menjadi ide buat teman-teman yang senang dengan dunia tulis menulis atau juga jurnalistik. Ebook dianggap sebagai solusi publishing yang gratis tanpa memerlukan kerjasama dengan penerbit seperti yang dilakukan saat ingin menerbitkan buku fisik / cetak.

Cara Membuat Ebook Untuk Dijual Dijual Online

Dalam kesempatan kali ini saya menuliskan tentang membuat ebook untuk dijual secara online. Karena tujuan pembuatan ebook untuk dijual, maka harus mempertimbangkan dua hal. Yang pertama mengenai kualitas isi ebook agar pembeli tidak kecewa.

Yang kedua harus memperhatikan dari aspek penulis, terutama agar ebook tidak dibajak atau dicopy. Intinya dalam dunia digital pembajakan produk digital sangat mudah dilakukan, sehingga karya tulis seperti ebook perlu untuk dilindungi.

Membuat konten ebook yang berkualitas


Untuk membuat konten ebook, teman-teman bisa fokus pada suatu tema. Misalnya teman-teman ingin menulis pengalaman pribadi, menuliskan suatu ide, menuliskan tutorial atau how to do something, dan sebagainya.

Apapun yang akan ditulis, faktor yang terpenting untuk diperhatikan yaitu tulisan harus orisinil dan unik. Ini akan menjadi daya tarik, mengapa orang perlu membeli dan membaca tulisan yang teman-teman. Kalau tulisan atau isi ebook biasa aja, dan banyak ditemukan dibuku lain, bahkan ada banyak di internet maka orang akan berpikir berulang kali untuk membaca ebook tersebut.


Ebook yang berkulitas, tulisannya harus bernilai. Dimana ketika orang membeli dan membaca ebook maka mereka merasa puas, mendapatkan manfaat, atau bahkan memberikan ide serta insight yang selama ini belum pernah mereka dapatkan.

Misalnya teman-teman menuliskan pengalaman pribadi, jelas ini sudah masuk hal yang unik dan orisinil. Mengapa saya katakan tulisan pengalaman pribadi termasuk karya yang orisinil, Karena pengalaman tersebut hanya dialami oleh satu orang saja. Namun meski termasuk karya orisinil, jika pengalaman pribadi hanya sekedar tulisan curhat maka orang lain juga agak berat untuk membacanya.

Pengalaman pribadi boleh saja dituliskan, asal memiliki sisi positif. Seperti memberikan motivasi, mengambil hikmah yang berharga dari pengalaman tersebut. Atau bahkan jika teman-teman pernah mengalami kisah atau kejadian sukses melakukan sesuatu, teman-teman bisa membagikan pengalaman sukses tersebut, termasuk bagaimana caranya.

Sebenarnya masih sangat banyak hal yang bisa dilakukan untuk menuliskan ebook yang berkualitas. Kualitas tulisan tergantung banyak hal mulai dari pengalaman menulis, cara pandang, tingkat berpikir, dan sebagainya.

Namun untuk membuat ebook berkualitas untuk dijual harus orisinil dan bernilai. Agar pembeli nantinya tidak kecewa saat membaca yang teman-teman buat.

 Menghindari Pembajakan & Plagiarisme


Nah selain faktor konten ebook, teman-teman juga harus melindungi karya teman-teman agar tidak disalahgunakan oleh orang lain. Untuk menghindari plagiarisme atau pembajakan didunia digital sepertinya agak susah. Namun paling tidak, kita ada usaha untuk mencegahnya meskipun tidak sepenuhnya bisa menghindari plagiarisme dan juga pembajakan produk digital.

Menerbitkan ebook dalam bentuk file pdf 


Untuk membuat ebook pada umumnya memang diterbitkan dalam bentuk file pdf. Untuk membuat file Pdf sangat mudah, dengan cara sederhana menggunakan microsoft word. Jadi teman-teman tinggal membuat layout dan juga meletakan tulisan yang dibuat dalam microsoft word.

Nah, berikutnya teman-teman bisa melakukan penyimpanan dalam bentuk file pdf. Setelah itu sudah jadilah ebook yang teman-teman tulis, dalam bentuk file pdf. File pdf ini bisa teman-teman jual secara online.

Namun meski dalam bentuk pdf, ebook yang teman-teman buat masih bisa di copy teksnya. Sehingga hal ini perlu dilindungi agar tidak dicopy dan disalah gunakan oleh orang yang tidak bertanggungjawab.

Teman-teman mungkin agak repot jika menggunakan software Adobe Indesign untuk membuat layout ebook dan juga menempatkan di software adobe indesign ini.

Setelah layout dan ebook siap terbit, teman-teman bisa menyimpan / export ebook yang ada di adobe indesign menjadi bentuk jpeg atau gambar. 

Nah, setelah jadi gambar ini bisa teman-teman tempatkan di microsoft word, kemudian dijadikan atau disimpan dalam bentuk pdf. Maka ebook dalam bentuk file pdf kali ini teksnya tidak akan bisa dicopy oleh orang lain.

Jika teman-teman punya anggaran, maka bisa membeli atau menggunakan software berbayar untuk menerbitkan ebook. Adabanya digital publishing software yang dijual diinternet. Didalamnya termasuk fitur untuk menghindari plagiarisme dan juga pembajakan karya tulis yang teman-teman buat.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Ebook Untuk Dijual Online"