Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Anak Agar Lahap Makan

Makan salah satu kegiatan yang harus dilakukan oleh anak. Karena dengan makan anakan mendapatkan banyak dari kebutuhan gizi yang tepat yang dibutuhkan oleh tubuh. Dengan mengunyah makanan maka sebetulnya banyak hal baik yang akan didapatkan oleh si kecil.


Lantas bagaimana jika si kecil GTM atau gerakan tutup mulut? Yaps, memang benar hal ini ini seringkali dikeluhkan oleh para ibu bukan? Jadi simak tips berikut ini agar si kecil mau makan dengan teratur dan lahap.

1.  Kenalkan Pola Makan dan Tekstur

Saat si kecil mulai MPASI atau sekitar usia 6 bulan maka kenalkan dengan tekstur makanan dan juga jam makanan. Mengapa harus dikenalkan dan juga harus teratur?

Karena tanpa kita sadari bahwa dengan disiplin jam makan dan juga mengenal tekstur makanan, hal ini akan sangat membantu agar si kecil tidak GTM dan juga teratur dalam hal jam makan.

Tekstur makanan mengajarkan si kecil agar bisa mengenal dan juga stimulasi gusi dan juga giginya. Selain itu juga tekstur makanan dari lembek ke padat pada sekecil sesuai dengan usianya sangat penting sekali, karena dengan mengunyah makanan maka enzim yang baik di dalam mulut juga berperan aktif kepada nutrisi dalam makanan yang akan ditelan.

2. Kenalkan Rasa Lapar

Mengenalkan lapar pada anak juga memiliki fungsi yakni ketika dia mengenal sinyal lapar maka dia harus makan. Biasanya yang bikin salah kata adalah ketika si kecil akan makan dan sebelum itu sudah diberikan susu sehingga anak sudah kenyang. Padahal susu dan makanan itu adalah hal yang berbeda yakni diminum bukan dikunyah seperti makanan.

Caranya adalah dengan memberi jeda 2 jam dahulu karena 2 jam itu adalah kira-kira di mana lambung kosong karena telah memproses makanan. Sehingga berikan si kecil makanan dengan jeda 2 jam ya yaitu tiga kali makan pagi siang sore dan juga dua kali selingan misalkan dengan memberikan snack ringan atau buah-buahan.

3. Beri Contoh Makan

Sejak kecil saat si kecil bisa mengamati orang dewasa sebelum memulai MPASI nya Biasanya kita sebagai orang dewasa akan mengenalkan cara makan terlebih dahulu tanpa disadari oleh si kecil. Dengan kita makan di depan si kecil kita juga akan mengajari bahwa apa yang kita makan lalu cara kita makan juga Attitude atau sikap saat kita makan.

Hal ini penting sekali karena dengan kita makan di depan anak maka mereka pada saat makan juga akan meniru kebiasaan yang kita lakukan dan mengerti bahwa hal ini yang dinamakan dengan makan. Jangan lupa juga kebiasaan makan dan menu pada keluarga juga akan ditiru oleh si kecil loh.

Jadi ayo kita mulai dan biasakan dengan makan makanan yang sehat dan juga bergizi seimbang yang baik untuk tubuh dan biasakan juga untuk menganti snack yang kurang sehat dengan buah-buahan yaa.

4. Ajak Anak Beraktivitas di Luar Ruangan

Masa anak-anak yang biasanya GTM atau gerakan tutup mulut adalah ketika mereka sudah sangat lincah atau aktif. Dengan bermain di luar rumah anak juga akan belajar bereksplorasi dengan alam dan juga mengeksplorasi kemampuan dirinya secara motorik dan juga sensori.

Ketika anak paham bahwa dia mulai lelah dan juga lapar maka ini adalah kesempatan untuk memberikan makanan pada si kecil. Ketika si kecil paham bahwa apa yang ia lakukan membutuhkan energi dan akan memahami bahwa rasa haus dan rasa lapar tanpa disadari bawah kita mengenalkan solusinya adalah dengan makan dan minum.

Sekian informasi ini semoga bisa membantu kamu yaa. Apabila ada pertanyaan seputar ini atau pengalaman yang sama silakan tinggalkan komentar pada kolom komentar dibawah ini terima kasih.

1 komentar untuk " Cara Mudah Anak Agar Lahap Makan "