Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Efektif Menstimulasi Otak Anak

Sebagian banyak mungkin sudah tahu bahwa masa kehidupan awal manusia memiliki peran penting dalam kehidupan selanjutnya. Tidak terkecuali dengan adanya fungsi otak yang begitu menakjubkan bagi tubuh manusia.

Otak memang memegang kendali yang sangat penting karena sebagai pusat pengatur tubuh kita, baik berupa sensorik motorik panca indra hingga bagaimana cara kita berpikir. Lalu adakah cara untuk menstimulasi otak lebih maksimal pada awal kehidupan kita atau pada masa anak balita? Simak berikut ini.


Banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk menstimulasi otak anak, tentunya pada masa usia dari awal lahir hingga usia 5 tahun ya ini yang disebut dengan masa emasnya atau golden age. Masalah yang tidak terulang lagi namun sangat berpengaruh terhadap kehidupan selanjutnya.

Salah satu permainan yang sangat mudah tanpa mengeluarkan biaya yaitu permainan cilukba atau peek-a-boo. Seringkali jika di Indonesia sendiri lebih dikenal dengan bermain cilukba.

Terlihat sangat sederhana dan cenderung meremehkan tapi efeknya sangat luar biasa bagi si kecil. Karena dengan bermain berubah maka neuron pada otak anak akan semakin berkembang dan satu sama lain hingga antara snap snap di otak juga ikut tersambung.

Kenapa permainan cilukba ini begitu besarnya efek pada anak sih? Ya karena salah satu syarat untuk menstimulasi otak agar berkembang optimal adalah adanya Interaksi yang berbalas atau serve and return. Selebihnya adalah adanya komunikasi yang baik, nutrisi yang baik, lingkungan yang baik pola asuh yang baik dan lainnya.

Lalu Sejak kapan si kecil atau anak bisa bermain cilukba? Jawabannya adalah sedini mungkin yaitu sejak Ia lahir. Namun menstimulasi otak anak bisa juga semenjak dalam kandungan yaitu adanya interaksi antara Ibu, Ayah dan juga si kecil atau janin juga bisa membantu proses stimulasi otak anak.

Bisa dilakukan sesering mungkin karena itu akan membantu si kecil dalam berinteraksi juga dalam proses Ia berpikir. Memang terlihat sederhana tapi jika dilakukan sering akan terlihat hasil yang menakjubkan.

Misalkan saja kepercayaan dirinya, kemampuan komunikasi, kemandirian hingga sensorik dan motorik nya. Sehingga jangan meremehkan hal-hal kecil yang bisa dilakukan kepada anak namun hasilnya sangat luar biasa.

Sekian informasi yang bisa saya sampaikan semoga bisa membantuku kamu yaa. Apabila ada pertanyaan atau pengalaman yang sama seputar artikel ini bisa tinggalkan komentar di bawah ini terima kasih.

 

Posting Komentar untuk " Cara Efektif Menstimulasi Otak Anak"