Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Menggoreng Kerupuk Agar Mekar Dan Gurih

Bagi kamu yang pemula dalam menggoreng kerupuk maka perhatikan tips dan trik berikut ini yaa. Karena menggoreng kerupuk pun tidak mudah, jika terlalu lama akan gosong, jika terlalu sebentarpun kerupuk tidak akan mekar. Juga bagaimana cara menyimpan kerupuk setelah digoreng agar tidak melempem nih. 


1. Panaskan minyak dan banyak minyak

Pertama minyak terlebih dahulu tapi jangan sampai keluar asap yaa.. Juga tuangkan banyak minyak intinua bisa sampai membuat krupuk terendam agar bisa mengembang.

2. Kecilkan api (jika minyak sudah panas)

Menggoreng krupuk memang butuh waktu sebentar untuk matang, tapi jika cepat cepat matang itupun tidak baik karena krupuk akan jadi gosong juga tidak mekar maksimal. Jadi setelah memanaskan api dan menggoreng kerupuk maka jangan lupa kecilkan apinya yaa.

3. Goreng sedikit demi sedikit

Kalo ukuran kerupuk udang, bawang yang kecil kecil bisa goreng 5-10 yaa

Gunanya sih biar ada space buat mekar dan matangnya maksimal. Kalau ingin aman gunakan wajan atau teflon yang lebih lebar dan besar. Intinua sih biar semua krupuk matang merata yaa dan mudah dibolak balik.

4. Pastikan krupuk kering

Kalau krupuk basah pasti tidak akan ngembang yaa. Buat antisipasi bisa dijemur dulu biar aman. Jemurnua juga dibawah sinar matahari yaa waktu siang hari jemur dua sampai tiga hari biasanya akan lebih aman. Kecuali kalau memang kemasan krupuk terjamin yaa bisa langsung digoreng.


5. Jangan kelamaan goreng

Inget, krupuk itu cepat gosong. Jadi jangan ditinggal kemana mana waktu goreng. Misalkan kalau keburu harus ninggal lebih baik tunda goreng krupuknya yaa, lebih baik matikan kompor dahulu. Ohya kalau selesai menggoreng krupuk, kamu bisa menggunakan kertas anti minyak nih buat kerupuk yang habis kamu goreng jadi pas dimasukkan ke toples minyaknya bisa sedikit berkurang.

6. Jangan langsung simpan, biarkan di udara sampai dingin

Setelah goreng krupuk jangan langsung dimasukin ke dalam toples yaa. Karena itu yang buat krupuk jadi ayem atau melempem. Taruh di suhu udara beberapa menit   jika sudah dingin maka boleh dimasukkan kedalam toples untuk menjaga kerenyahan. Eits setelah itu jangan lupa yaa buat menutup dengan rapat agar tidak ada udara yang masuk dan krupuk pun aman beberapa hari.

Semoga tips dan informasi menggoreng kerupuk ini bisa membantu kamu yaa para kerupuk lovers. Jika ada pengalaman yang sama seputar kerupuk, bisa kamu bagikan juga di kolom komentar dibawah ini. Terimakasih :)

Posting Komentar untuk " Tips Menggoreng Kerupuk Agar Mekar Dan Gurih"