Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Manfaat Evening Primrose Oil untuk Wanita dan Pria

Evening primrose oil adalah penemuan kesehatan yang paling sensasional setelah vitamin C. Minyak ini mengandung senyawa pereda nyeri fenilalanin dan semakin sering digunakan untuk mengobati sakit kepala kronis. 

evening primrose oil, minyak primorse

Saat ini sedang dipelajari di seluruh dunia sebagai pengobatan untuk masalah penuaan, alkoholisme, jerawat, penyakit jantung, hiperaktif pada anak-anak, gejala menopause, multiple sclerosis, pengendalian berat badan, obesitas, sindrom pramenstruasi, dan skizofrenia. 

Minyak ini memiliki begitu banyak manfaat untuk pencegahan dan terapeutik yang telah menjadi rekomendasi standar dari banyak ahli herbal untuk menjaga agar awet muda dan mencegah penyakit.

Manfaat kesehatan dari minyak evening primrose

Minyak evening primrose mengandung konsentrasi tinggi asam lemak yang disebut GLA dan asam  lemak. Kandungan inilah yang bertanggung jawab atas sifat penyembuhan tanaman yang luar biasa. 

Faktanya, evening primrose mengandung salah satu konsentrasi tertinggi yang diketahui dari zat penting ini, dan hanya sedikit tanaman lain yang memilikinya. Ini menjadikannya ramuan kesehatan yang penting. 

Asam gamma-linolenat, asam linoleat, dan nutrisi lain dalam minyak ini penting untuk struktur sel dan meningkatkan elastisitas kulit. Asam lemak ini juga membantu mengatur hormon dan meningkatkan fungsi saraf, membantu masalah mulai dari PMS hingga migrain. 

Membantu masalah PMS

Dengan mengganggu produksi prostaglandin inflamasi yang dilepaskan selama menstruasi, GLA dalam minyak evening primrose dapat membantu mengurangi kram menstruasi. Ini juga dapat meminimalkan nyeri payudara saat pramenstruasi, lendir usus, dan membantu mengendalikan peradangan yang terkait dengan endometriosis.

Banyak penderita PMS memiliki tingkat GLA yang sangat rendah dalam sistem tubuh mereka, itulah sebabnya suplemen minyak evening primrose dapat sangat membantu. 

Pada wanita dengan payudara fibrokistik, asam lemak esensial dalam minyak evening primrose dapat meminimalkan pembengkakan payudara dan meningkatkan penyerapan yodium. Selama menopause, minyak evening primrose secara luas dilaporkan dapat mengurangi hot flashes.

Meredakan nyeri sendi dan peradangan 

Minyak evening primrose dan sumber GLA lainnya telah terbukti mengurangi nyeri sendi dan peradangan akibat penyakit yang melumpuhkan ini. 

Sebuah studi selama enam bulan melaporkan lebih sedikit tanda-tanda peradangan pada orang dengan rheumatoid arthritis yang menggunakan kapsul yang mengandung GLA daripada mereka yang menggunakan plasebo. 

Dalam percobaan lain, jumlah sendi yang nyeri dan bengkak berkurang secara signifikan dengan GLA tetapi tidak dengan plasebo.

Mencegah kerusakan saraf akibat diabetes

Penelitian menunjukkan bahwa GLA dalam minyak evening primrose dapat membantu mencegah, dan dalam beberapa kasus bahkan membalikkan, kerusakan saraf (neuropati) yang sering terlihat pada diabetes. 

Dalam studi satu tahun, gejala seperti mati rasa, kesemutan, dan kehilangan sensasi pada peserta dengan neuropati diabetes ringan kurang terlihat pada mereka yang menggunakan minyak evening primrose dibandingkan pada mereka yang menggunakan plasebo.

Mengurangi gejala eksim

Dalam beberapa kasus, eksim berkembang ketika tubuh mengalami kesulitan mengubah lemak makanan menjadi GLA. Mendapatkan GLA tambahan dari minyak evening primrose dapat membantu. 

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minyak ini dapat mengungguli plasebo dalam mengurangi peradangan terkait eksim, serta gatal, keluarnya cairan, dan kerak yang terkait dengan kondisi ini. 

Membantu menganti jerawat 

Dengan bekerja untuk mencairkan sebum, zat berminyak tebal yang berlebihan pada beberapa orang dengan jerawat, asam lemak esensial dalam minyak evening primrose dapat mengurangi risiko pori-pori menjadi tersumbat dan lesi berkembang. 

Minyak EFA membantu mengobati rosacea dengan mengurangi peradangan, mengendalikan penggunaan nutrisi seluler, dan memproduksi prostaglandin, yang merangsang kontraksi pembuluh darah.

Melawan kerusakan multiple sclerosis

Pasokan asam lemak esensial yang melimpah dari minyak evening primrose mungkin bermanfaat dalam meminimalkan peradangan yang terkait dengan gangguan neurologis progresif ini. 

Asam lemak juga dapat berkontribusi pada perkembangan neurologis yang sehat ketika dikonsumsi dari waktu ke waktu.

Mengatasi impotensi dan kemandulan wanita

Minyak ini sering diambil dengan vitamin C dan ginkgo biloba untuk tujuan ini. Selain itu, ketika minyak digunakan dalam jangka panjang, GLA dapat membantu mencegah penyempitan pembuluh darah, seringkali akibat penumpukan plak akibat kolesterol tinggi. Dengan meningkatkan fungsi rahim, GLA juga dapat membantu mereka yang tidak dapat hamil.

Kesehatan kuku, kulit kepala dan rambut

Sebagai penyedia asam lemak esensial, minyak evening primrose tidak hanya mencegah kuku pecah-pecah, tetapi juga membantu menjaganya tetap sehat. 

Selain itu, asam lemak esensial menyehatkan kulit kepala, membuat suplemen ini berpotensi bermanfaat untuk mengobati berbagai masalah rambut.

Demikian informasi tentang manfaat minyak evening primrose yang bisa dibagikan dalam artikel ini. Jika teman-teman pembaca memiliki informasi tambahan tentang minyak evening primrose ini bisa ditambahkan di kolom komentar dibawah ini.

Semoga artikel tentang minyak evening primrose ini bisa memberikan manfaat bagi yang membacanya hingga tuntas. 

Posting Komentar untuk "8 Manfaat Evening Primrose Oil untuk Wanita dan Pria"