Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Efek samping kafein kopi pada kesehatan

Teman-teman harus memahami efek samping kafein kopi jika teman-teman seorang peminum kopi. Tidak hanya kopi tetapi juga coklat mengandung kafein yang juga bisa berbahaya jika teman-teman kecanduan. 

kafein, kopi, ngopi, minum kopi,

Banyak orang tidak menyadari hal ini, karena minum kopi dianggap sebagai budaya tanpa mengkhawatirkan efek dari konsumsi berlebihan. Lanjutkan membaca artikel ini untuk mengetahui seberapa berbahaya kecanduan kafein bagi kesehatan.

Penggunaan kafein dari kopi

Kafein memiliki kemampuan untuk membuat teman-teman tetap terjaga atau tidak mengantuk. Kopi menjadi alasan untuk pertemuan sosial. Ini membantu Teman-teman bersosialisasi yang memungkinkan bertemu orang lain di berbagai kafe yang berbeda.

Kopi dianggap sebagai salah satu teman karena membantu begadang dan menyelesaikan tugas atau pekerjaan yang melelahkan. Dengan segala kegunaannya, banyak juga yang mengetahui bahwa kopi mengandung kafein yang tidak baik untuk kesehatan.

Efek penggunaan kafein dalam kopi

Menggunakan kopi memang bisa membuat tidak mengantuk, namun setelahnya harus khawatir dengan efek negatifnya bagi kesehatan. 

Kopi adalah stimulan yang luar biasa untuk sistem saraf pusat, merangsang hormon dalam aliran darah dan membuat tetap terjaga dan tidak tertidur setiap kali meminumnya.

Minum kopi adalah cara yang tidak wajar untuk menjaga tubuh tetap terjaga, tetapi itu memiliki efek pada tubuh. Kopi bisa merusak fungsi tubuh karena konsumsi kopi atau produk lain yang mengandung kafein dalam jumlah besar.

Kecanduan kafein

Kafein yang masuk ke sistem kita bisa membuat kecanduan. Setelah mengetahui efek buruk kafein, jika tiba-tiba berhenti minum kopi, maka akan menghadapi gejala seperti sakit kepala, lekas marah, kelelahan, sembelit, kehilangan nafsu makan, kurang konsentrasi, bahkan pelupa.

Kopi bisa sangat berbahaya dan menyebabkan mulas karena kopi bersifat asam. Kelebihan asam ini memasuki aliran darah dan menyebabkan hilangnya kalsium dalam urin. 

Kafein yang banyak digunakan di sebagian besar minuman, telah menyebabkan anak-anak menjadi kecanduan. Kandungan gula yang tinggi membuatnya sangat digemari oleh anak-anak yang bisa menyebabkan kelebihan berat badan (obesitas).

Kopi juga merupakan penyebab detak jantung yang cepat, lambat, atau tidak teratur. Kopi juga dikenal untuk meningkatkan tekanan darah, menyebabkan stres dan tekanan darah tinggi. Ada peningkatan risiko penyakit jantung, kanker pankreas dan kandung kemih, yang kita semua tahu bahwa hal ini bisa mematikan.

Cara mengurangi konsumsi kafein

Alasan untuk berhenti mengonsumsi kafein pasti sangat kuat. Prosesnya harus lambat dan bertahap. 

Hindari produk berkafein lain yang memperburuk situasi. Jika kebetulan minum 6 cangkir kopi sehari. Cobalah untuk minum 2 cangkir teh hijau dan 4 cangkir kopi di sampingnya. Teman-teman benar-benar akan berhenti sampai menyingkirkan kafein dari hidup.

Demikian informasi tentang efek samping minum kafein dalam kopi yang bisa dibagikan dalam artikel ini. Jika teman-teman memiliki informasi lain yang lebih akurat, bisa disampaikan juga di kolom komentar dibawah ini.

Semoga artikel tentang kafein kopi ini bisa memberikan manfaat bagi teman-teman yang membacanya hingga tuntas. 

Posting Komentar untuk "Efek samping kafein kopi pada kesehatan"