Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara memilih kartu kredit bagi pemula

Saat ini kartu kredit menjadi suatu hal yang penting untuk seseorang dalam melakukan transaksi. Sudah tidak heran lagi jika satu orang memiliki kartu kredit. Bahkan karena kartu kredit ini dianggap sangat penting, maka harus ada ada di dalam dompet. 

kartu kredit, bca, bri, bni, mandiri

Dengan menggunakan kartu kredit banyak keuntungan yang bisa didapatkan. Apalagi di zaman digital seperti ini semua dapat dilakukan dengan praktis, salah satunya dengan menggunakan kartu kredit.

Tak hanya itu, faktor keamanan kemudahan dan kenyamanan dalam bertransaksi menjadi alasan utama orang yang menggunakan kartu kredit.

Cara memilih kartu kredit

Bagi teman-teman yang ingin mengajukan kartu kredit berikut ada beberapa tips yang saya bagikan untuk teman-teman sekalian.

1. Pahami biaya penggunaan kartu kredit

Sebelum menggunakan kartu kredit, teman-teman harus mempertimbangkan tentang biaya yang harus dikeluarkan. Seperti biaya bunga, biaya administrasi, hingga biaya tahunan yang harus dibayarkan ketika teman-teman menggunakan kartu kredit.

Bagi teman-teman sering melakukan dalam bertransaksi, bisa menggunakan kartu kredit dengan suku bunga yang tinggi. Hal ini bisa membantu teman-teman dalam berbelanja tanpa menggunakan uang cash. Namun yang perlu diperhatikan yaitu teman-teman harus membayar tagihannya setiap bulan karena harus tepat waktu.

Yang perlu teman-teman ketahui bahwa ada kartu kredit yaitu memiliki suku bunga yang tinggi. Namun tingginya suku bunga ini juga diimbangi dengan berbagai nilai tambah yang ditawarkan oleh penyedia kartu kredit. Penawaran menarik ini seperti adanya diskon, cashback, reward, dan mungkin juga biaya tahunan yang digratiskan.

Selain itu ada juga kartu kredit yang memiliki suku bunga rendah. Dimana jenis kartu kredit ini cocok bagi teman-teman yang biasa melakukan pembayaran atau transaksi dengan jumlah yang kecil dan intensitasnya rendah. Biasanya jenis kartu kredit yang memiliki suku bunga rendah. Selaini itu tidak banyak memiliki diskon atau juga ke spek dan juga akan memberikan biaya tahunan.

2. Diskon pada kartu kredit

Hal yang membuat seseorang tergiur untuk menggunakan kartu kredit yaitu banyaknya diskon atau potongan harga yang ditawarkan oleh penyedia kartu kredit tersebut. Jadi bagi teman-teman yang hobi belanja menggunakan kartu kredit, ini bisa menjadi salah satu alternatif untuk mendapatkan potongan harga yang tinggi. Hal ini karena biasanya pihak bank penyedia kartu kredit sudah melakukan kerjasama dengan toko apa yang menjual barang-barang yang teman-teman butuhkan.

Biasanya penyedia kartu kredit ini memberikan daftar brand atau toko mana aja yang bekerjasama dengan mereka. Sehingga teman-teman bisa memilih tuku atau brand ini sebagai pilihan untuk berbelanja dan mendapatkan diskon yang jumlahnya cukup besar. 

3. Riwayat bank penyedia kartu kredit

Pada umumnya kartu kredit dikeluarkan oleh pihak bank. Dan hal ini menjadi salah satu faktor yang perlu teman-teman pertimbangkan ketika akan menggunakan kartu kredit.

Jadi sebelum teman-teman menggunakan kartu kredit, pastikan bank yang mengeluarkan kartu kredit tersebut memiliki reputasi atau kredibilitas yang baik. Dengan demikian teman-teman bisa merasa aman dan nyaman ketika melakukan transaksi menggunakan kartu kredit dari bank tersebut.

4. Faktor keamanan serta kenyamanan

Salah satu pertimbangan telah melakukan transaksi dengan menggunakan kartu kredit yaitu faktor keamanan dan kenyamanan.

Jadi sebelum teman-teman memilih menggunakan kartu kredit tertentu, pastikan bahwa teman-teman tidak memiliki resiko tertentu ketika menggunakannya.

Pastikan juga teman-teman membaca aturan dari kartu kredit yang akan teman-teman gunakan. Dari situ teman-teman bisa melihat bagaimana aturannya. Sehingga bisa mendapatkan keamanan dan kenyamanan dalam melakukan transaksi menggunakan kartu kredit.

5. Dapat digunakan dimana saja

Biasanya bank penerbit kartu kredit memiliki jaringan tidak hanya di dalam negeri, tapi juga di luar negeri. Hal ini juga bisa menjadi pertimbangan bagi teman-teman yang ingin menggunakan kartu kredit tertentu.

Jangan sampai teman-teman memilih kartu kredit, namun hanya bisa digunakan di wilayah tertentu saja, karena bank yang menyediakan kartu kredit tersebut tidak memiliki jaringan yang luas. Sehingga hal tersebut akan membatasi teman-teman dalam melakukan transaksi baik di dalam negeri atau juga di luar negeri.

6. Fasilitas yang didapatkan

Biasanya untuk menarik minat seseorang agar mau menggunakan kartu kredit, maka diberikan fitur tambahan atau fasilitas lain.

Misalnya bagi pengguna kartu kredit baru saat melakukan transaksi mereka akan mendapatkan hadiah atau reward dari penyedia kartu kredit yang digunakannya. Banyak bentuk fasilitas yang diberikan kepada pengguna kartu kredit seperti diskon, point, atau juga berubah barang saat melakukan transaksi dengan jumlah tertentu.

Fasilitas tambahan lainnya dalam menggunakan kartu kredit diantaranya bisa diakses , dimanapun baik di dalam negeri atau di luar negeri, dapat digunakan untuk asuransi perjalanan dan banyak lagi yang lainnya.

Demikian informasi tentang cara memilih kartu kredit yang bisa saya bagikan dalam artikel ini. Jika teman-teman memiliki informasi tambahan tentang memilih kartu kredit bisa disampaikan di kolom komentar dibawah ini.

Semoga artikel tentang cara memilih kartu kredit ini bisa memberikan manfaat bagi teman-teman yang membacanya hingga tuntas.

Posting Komentar untuk "5 Cara memilih kartu kredit bagi pemula"