Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Sup Ikan Dori Untuk MPASI untuk bayi 1 tahun

Hai moms, kali ini saya akan membagikan resep salah satunya untuk MPASI yakni makanan pendamping ASI yang cocok untuk si kecil yang lagi GTM nih, resep sup ikan Dori ini sangat mudah untuk membuatnya jadi langsung saja yuk simak cara membuatnya berikut ini.

Yang pasti bahan utama yang akan digunakan adalah ikan Dori segar yaa moms, tapi kalau saya pribadi karena gampang gampang susah untuk mencari ikan dori yang segar jadinya saya beli ikan dori frozen atau beku yang ada di supermarket. Ada juga pilihan ya dari ikan dori ini, ada yang seri fillet ada yang utuh daging slice atau potong tapo sudah tanpa duri.


Jenis seperti ikan dori, ikan kembung, ikan tuna, ikan lele dan banyak ikan lokal lainnya yang bagus dikonsumsi untuk si kecil ya moms, kandungan gizinya tidak kalah seperti ikan salmon juga loh. Jadi sekarang pinter pinter nya moms nih yang memasak untuk si kecil.

Oke jadi bahan selanjutnya selain ikan dori adalah 1 buah tomat, 1 siung bawang merah dan 1 siung bawang putih, 1 tangkai seledri dan 1 tangkai daun bawang jika daun bawangnya terlalu besar bisa gunakan separuh saja yaa. Juga siapkan margarin atau butter dan sedikit garam juga gula. Ohya satu buah jeruk nipis yaa untuk meminimalisir bau ikan.

Kemudian iris kecil-kecil buah tomat memanjang dan menjadi kotak-kotak kecil, geprek bawang putih dan cincang halus kemudian iris tipis bawang merah. Iris tipis dan kecil untuk daun bawang dan seledri.

Langkah-langkah memasak yang pertama untuk mengolah ikan dori adalah bersihkan ikan dori terlebih dahulu, lalu taruh dalam wadah yang sudah bersihkan perasan air dari jeruk nipis. Rendam selama kurang lebih 5 menit dan biarkan. Kemudian jika menggunakan teori slicice atau iris utuh boleh untuk memotongnya sesuai selera terlebih dahulu yaa.

Kemudian panaskan teflon atau wajan masukkan butter sampai meleleh kemudian masukkan bawang merah sampai harum kemudian masukkan rajangan bawang putih tunggu hingga sedikit kecoklatan atau harum.

Kemudian masukkan potongan tomat kecil-kecil biarkan sebentar lalu masukkan daun bawang aduk sebentar dan masukkan air hingga mendidih. Untuk takaran air ini bisa satu gelas belimbing yaa antara 250ml-300ml. Bisa dikira kira karena memasak sup ikan dori untuk porsi 3 kali makan si kecil yaa.

Jika air sudah mendidih maka masukkan ikan dori dan tunggu sampai 5 sampai 10 menit atau sampai ikan menjadi empuk, kemudian masukkan potongan daun seledri dan tunggu hingga ikan matang sempurna.

Terakhir jangan lupa tambahkan sejumput garam dan sedikit gula yaa dan rasakan dahulu apakah rasanya sudah pas atau belum untuk mengkoreksi rasa yang pas untuk si kecil.


Nah jika sudah matang sup ikan dori siap disajikan untuk si kecil nih moms, bisa memesan bahkan dengan nasi tim atau jika si kecil sudah berusia 1 tahun keatas bisa dengan nasi utuh yang biasa orang dewasa makan.

Selamat mencoba ya semoga artikel ini bisa bermanfaat, apabila ada pertanyaan seputar resep MPASI bisa tinggalkan komentar di bawah ini ya, terima kasih.

Posting Komentar untuk " Resep Sup Ikan Dori Untuk MPASI untuk bayi 1 tahun"