Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara menjual barang dropship di shopee bagi pemula

Dropship di shopee merupakan salah satu trend bisnis yang sedang berkembang saat ini, karena dengan melakukan dropship produk di shopee ini teman-teman tanpa harus mengeluarkan modal untuk melakukan bisnis.

Perlu teman-teman ketahui bahwa bisnis dropshipping adalah bisnis di mana teman-teman hanya fokus untuk menjual produk, tanpa harus memiliki stok produk yang teman-teman jual.

Jadi ketika ada orang yang membeli produk melalui teman-teman, maka bisa dipesankan melalui supplier yang teman-teman pilih. Kemudian supplier akan mengirimkan produk tersebut ke  customer teman-teman.

Salah satu marketplace yang banyak digunakan oleh dropshipper yaitu shopee. Ini karena shopee memiliki peluang yang sangat bagus untuk dijadikan sebagai lahan bisnis online dengan sistem dropship.

Alasan menggunakan shopee

Shopee bukan hal baru bagi seorang dropshipper namun shopee bukan juga satu-satunya marketplace yang bisa digunakan untuk dropshipping.

Namun menurut banyak orang bahwa shopee memiliki banyak program gratis ongkir, dimana hal ini akan sangat membantu dropshipper dan pembeli untuk berjualan produk tanpa harus mengeluarkan banyak biaya pengirimannya.

Hal inilah yang menjadi daya tarik shopee untuk dijadikan sebagai pilihan marketplace dalam bisnis dropship yang bisa teman-teman terapkan.

Cara menjual barang dropship di shopee bagi pemula

Yang pertama adalah jenis produk

Jadi hal ini penting bagi teman-teman untuk menentukan jenis produk yang akan dijual sebelum memulai bisnis online dengan sistem dropship. Di marketplace shopee terdapat sangat banyak produk yang bisa teman-teman pilih untuk dijadikan referensi jualan. Sehingga teman-teman harus memilih diantara banyak produk itu mana yang bisa laku untuk dijual.

Untuk memilih jenis produk ini teman-teman harus memperhatikan beberapa aspek. Diantaranya teman-teman harus benar-benar memahami produk tersebut. Selain itu juga perlu diperhatikan seberapa besar persaingan untuk menjual produk tersebut.

Memilih penyuplai produk

Setelah teman-teman mencari jenis produk yang akan dijua.l langkah berikutnya yang harus kalian lakukan yaitu mencari penyuplai produk yang akan dijual.

Hal yang perlu diperhatikan ketika teman-teman mencari penyuplai atau supplier produk ini. Teman-teman bisa cari mereka yang memberikan harga paling rendah. 

Dimana dengan harga yang rendah ini teman-teman bisa mengambil margin keuntungan yang lebih besar.

Selain itu teman-teman juga bisa memberikan harga jual yang tidak terlalu tinggi. Jadi teman-teman bisa bersaing dengan penjual penjual yang lainnya.

Biasanya dalam sistem dropship alamat yang dicantumkan yaitu berdasarkan identitas toko teman-teman.

Hal ini tentunya akan mempengaruhi biaya kirim dan teman-teman keluarkan. Misalnya teman-teman berada di wilayah surabaya kemudian supliernya berada di daerah jogjakarta. Maka biaya kirim yang harus teman-teman keluarkan yaitu dari yogyakarta ke lokasi pembelinya

Sehingga untuk menghemat biaya kirim,  usahakan teman-teman jika membuat toko online buatlah alamat sesuai dengan alamat supplier produk.

Selain itu, untuk menghemat biaya kirim teman-teman juga bisa mencari supplier yang terdekat dengan lokasi teman-teman.  Paling tidak masih dalam satu wilayah atau 1 kota. Sehingga biaya kirim akan sama meskipun dikirim dari alamat yang berbeda karena masih dalam satu wilayah kota.

Persiapan modal

Banyak orang yang mengatakan bahwa dengan sistem dropship tidak mengeluarkan modal sama sekali. Sebenarnya hal ini ada benernya juga karena kita memang tidak perlu biaya untuk melakukan produksi barang.

Namun ketika teman-teman melakukan bisnis online dengan sistem dropship,  teman-teman harus tetap memiliki modal atau dana cadangan. Ini karena ketika supplier mengirimkan produk ke pelanggan, maka uang yang ditransferkan pelanggan ke shopee tidak akan dicairkan sebelum produk yang dikirim telah sampai pada tujuan.

Nah pada proses ini teman-teman membutuhkan dana cadangan. Ketika ada pesanan baru maka dana tersebut berfungsi sebagai cadangan, saat barang yang teman-teman kirimkan belum nyampai pada lokasi tujuan.

Cara melakukan dropship di shopee

Yang pertama adalah buat akun shopee

Hal utama yang harus sama teman lakukan untuk melakukan bisnis dropship di shopee yaitu dengan memiliki akun shopee.  Jika teman-teman kita memiliki akun shopee maka teman-teman harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu di shopee.

Caranya cukup mudah, biasanya teman-teman harus menyiapkan email dan juga nomor hp sebagai syarat utama pendaftaran di marketplace shopee.

Teman-teman sudah memiliki akun shopee, sebelumnya maka tahap pertama ini bisa dilewati dan teman-teman bisa langsung ke tahap kedua.

Kemudian manfaatkan layanan bebas biaya kirim

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa salah satu yang membuat shopee menjadi menarik yaitu banyaknya program gratis ongkos kirim.

Oleh karena itu teman-teman harus menggunakan fitur ini, agar pembeli yang berbelanja di toko teman-teman bisa mendapatkan gratis biaya kirim.

Ini karena gratis biaya kirim menjadi salah satu pertimbangan bagi seseorang dalam melakukan pembelian di shopee.

Daftar ke nomor rekening yang digunakan untuk transaksi

Teman-teman harus mencantumkan nomor rekening yang digunakan untuk transaksi. Karena dengan adanya nomor rekening ini, maka dana yang ada di shopee bisa teman-teman cairkan dengan mudah. Namun jika teman-teman belum memiliki nomor rekening bisa mengurus yang terlebih dahulu ke bank.

Masukkan alamat supplier sebagai alamat toko

Ketika teman-teman membuat toko online dengan sistem dropship, maka usahakan untuk mencantumkan alamat supplier sebagai alamat toko teman-teman. Hal ini bertujuan untuk menyamakan biaya ongkir antara buku teman-teman dan juga supplier.

Karena biasanya jika antara alamat supplier dan toko teman-teman berbeda, maka akan terjadi selisih pada biaya ongkir dan hal ini merugikan teman-teman.

Gunakan foto produk yang menarik

Bisnis online pada marketplace shopee dengan sistem dropship memang mudah untuk dilakukan. Namun teman-teman juga harus ada usaha ekstra yaitu dengan menyiapkan foto produk yang menarik. Tujuannya agar bisa mendatangkan customer yang lebih banyak.

Perlu diketahui biasanya orang-orang melakukan belanja di shopee, hal pertama yang dilihat yaitu foto produknya sebelum mereka membaca deskripsi produk yang dijual.

Jadi usahakan untuk menampilkan yang terbaik, agar bisa menarik perhatian pelanggan dan menciptakan penjualan yang lebih banyak.

Demikian informasi tentang cara bisnis dropship di shopee yang bisa saya bagikan melalui artikel ini. Jika teman-teman memiliki informasi tentang bisnis dropship di shopee yang lebih lengkap bisa dibagikan juga di kolom komentar dibawah ini.

1 komentar untuk "Cara menjual barang dropship di shopee bagi pemula"

  1. This blog is very informative the stuff you provide I really enjoyed reading.
    UX design company

    BalasHapus