Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara praktis mengatasi burung cucak ijo stres, tanpa ribet

Teman-teman memiliki burung cucak ijo di rumah? Cucak ijo merupakan burung yang memang membutuhkan perlakuan khusus. Terutama berkaitan bagaimana cara merawatnya ketika stres. Sama dengan manusia, burung juga bisa mengalami stres yang mana kondisi ini bisa berdampak pada performa burung tersebut. 

cucak ijo, cucak rowo, burung, cucak ijo stres,

Penyebab Cucak Ijo Stres

Ada beberapa hal yang menyebabkan burung cucak ijo mengalami stres. Beberapa penyebabnya antara lain:

  • Kegemukan: sebenarnya melihat burung yang gemuk akan menyenangkan karena terkesan burung tersebut sehat. Namun berbeda dengan cucak ijo yang mengalami kondisi kegemukan alias obesitas. Kondisi ini malah membuatnya bisa stres.
  • Pergantian bulu: setiap cucak ijo yang mengalami masa pergantian bulu biasanya akan membuatnya pendiam. Kondisi ini yang bisa menjadi indikasi cucak ijo mengalami stres. Adapun pergantian bulu yang dialami burung dinamakan molting atau mabung.
  • Peningkatan birahi: jika burung tiba-tiba agresif dan galak, kemungkinan birahinya sedang meningkat.
  • Sakit: burung cucak ijo yang sakit juga bisa membuatnya stres. Di sini Teman-teman perlu tahu penyakit apa yang sedang diderita burung sebelum melakukan perawatan.

Solusi Mengatasi Cucak Ijo Stres

Jika Teman-teman memiliki cucak ijo yang stres, Teman-teman bisa mengatasinya dengan beberapa cara seperti yang akan Saya jelaskan di bawah ini:

1. Memberikan Ulat Bulu

Cara pertama yang bisa Teman-teman lakukan adalah dengan memberinya makan ulat bulu. Dengan pemberian ulat bulu, membantu cucak ijo agar cepat tenang. Teman-teman bisa rutin memberinya makan ulat bulu tersebut kurang lebih selama 2 minggu. Kemudian kondisi cucak ijo akan berangsur membaik.

2. Melakukan Karantina

Cara lain yang juga efektif untuk mengembalikan kondisi cucak ijo adalah dengan mengkarantinanya.  Cara ini memang terbilang sederhana namun bermanfaat untuk membuat burung cucak ijo tidak stres. Teman-teman tiniggal menunggu burung tersebut sampai kondisinya tenang.

3. Jemur cucak ijo

Untuk solusi yang ketiga ini bisa Teman-teman lakukan ketika cucak ijo mengalami stres yang diakibatkan oleh obesitas. Bagi yang belum tahu ternyata obesitas juga bisa menjadi penyebab burung cucak ijo mengalami stres. Timbunan lemak yang ada pada burung tersebut harus segera Teman-teman atasi. Caranya adalah dengan sering menjemurnya. 

Teman-teman juga bisa mengganti pakan. Pakan yang Saya sarankan untuk Teman-teman gunakan adalah belimbing dan timun. Kedua pakan ini akan membantu menurunkan berat badan cucak ijo. Kemudian dalam beberapa hari, kondisinya badannya berangsur membaik dan burung tidak lagi stres.

4. Air gula

Selain ketiga cara yang sudah Saya jelaskan, masih ada cara lain untuk mengatasi cucak ijo yang stres. Di sini Teman-teman bisa memberinya air gula. Cukup berikan air gula 2 hari sekali. Lakukan ini secara rutin dan penuh kesabaran sambil menunggu kondisi cucak ijo membaik. Untuk membuat air gula pada cucak ijo sama dengan ketika Teman-teman ingin membuat air gula untuk burung kolibri.

5. Mendengarkan MP3 Air Mengalir

Suara dari air yang mengalir ternyata ampuh untuk mengatasi cucak ijo yang stres. Tentunya Teman-teman tidak perlu membawa burung ke pemandian atau ke tempat lainnya hanya untuk mendengarkan air mengalir. Teman-teman hanya perlu mengunduh audio air mengalir. 

Selanjutnya, putar audio tersebut dan perdengarkan ke cucak ijo. Pastikan burung mendengarnya. Terapi yang sederhana ini efektif untuk mengembalikan kondisi burung cucak ijo yang stres.

Demikian informasi yang bisa Saya sampaikan mengenai bagaimana cara mengatasi cucak ijo stres terbukti berhasil yang bisa saya bagikan dalam artikel ini. Teman-teman bisa mencoba beberapa cara di atas dan buatlah burung kembali sehat dan bersemangat seperti sebelumnya.

Semoga artikel tentang mengatasi burung cucak hijau stres ini bisa memberikan manfaat bagi teman-teman yang membacanya hingga tuntas. 

Posting Komentar untuk "5 Cara praktis mengatasi burung cucak ijo stres, tanpa ribet"