Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara mengatasi baterai tanam HP drop, tidak perlu servis

Memiliki masalah hp dengan baterai tanam yang mudah drop? Baterai merupakan sumber tenaga yang membuat smartphone tetap menyala. Durasi dan daya tahan baterai menentukan seberapa lama ponsel dapat bertahan. Jadi, ketika baterai bermasalah maka akan berpengaruh terhadap performa hpmu.

baterai tanam, baterai smartphone, smartphone, baterai HP, ganti baterai,

Apalagi ketika baterai cepat habis, Teman-teman tidak bisa mengoperasikan hp dengan tenang. Teman-teman akan sering memerlukan charget atau power bank untuk tetap bisa menggunakan hpmu. Akan tetapi, tentu ini bukan menjadi solusi karena tidak mungkin Teman-teman terus-terusan memerlukan power bank maupun terus mencolokkan hp ke colokan lisrik.

Begini Solusi Mengatasi Baterai  Tanam yang Drop

Bagi Teman-teman yang mengalami masalah baterai tanam yang cepat habis, Teman-teman bisa memperbaikinya melalui beberapa solusi yang Saya berikan di bawah ini. 

1. Menghapus Aplikasi yang Banyak Mengonsumsi Baterai

Cara pertama untuk mengatasi baterai yang cepat habis adalah dengan menghapus aplikasi yang banyak mengonsumsi baterai. Kita tahu bahwa saat ini ada banyak aplikasi yang beredar baik di Play Store maupun App Store. Ternyata ada beberapa aplikasi yang memang memerlukan daya baterai yang cukup besar sehingga tidak heran ketika Teman-teman menjalankan aplikasi tersebut, kapasitas baterai malah cepat berkurang.

Untuk mengecek apakah ada aplikasi yang menguras baterai, Teman-teman bisa mengeceknya melalui Settings – Battery. Di sini Teman-teman bisa melihat mana saja aplikasi yang memerlukan daya baterai besar. Kemudian Teman-teman tinggal menghapus aplikasi tersebut.

2. Charger Bermasalah

Masalah yang kedua bisa berasal dari charger hp yang rusak. Kondisi charger yang rusak bukan malah mengisi baterai melainkan membuat baterai di hp berkurang. Maka dari itu Teman-teman perlu mengecek chargernya. Cobalah untuk mengisi baterai dengan charger yang lain. Selain itu, pastikan Teman-teman menggunakan charger ori dan jangan sembarang menggunakan charger hp lain. 

3. Bersihkan Cache pada Google Play Service

Cara yang ketiga untuk mengatasi baterai tanam yang drop adalah dengan membersihkan cache yang ada di Google Play Service. Kemungkinan masalah yang Teman-teman alami saat ini adalah karena Google Play Service yang memakan banyak baterai di  smartphonemu. Solusinya adalah harus masuk ke Settings – Application – All – Google Play Service. Selanjutnya Teman-teman pilih tap Clear Cache yang nantinya akan memperbarui aplikasi ini serta meminimalkan penggunaan baterai.

4. Pastikan Tidak Ada Aplikasi yang Berjalan di Latar Belakang

Jika cara ketiga masih belum memberikan hasil, sekarang Teman-teman coba solusi yang lainnya. Di sini yang harus Teman-teman lakukan adalah memastikan tidak ada aplikasi yang berjalan di latar belakang. Terkadang ada aplikasi yang tidak kita ketahui masih berjalan meskipun kita tidak menggunakan aplikasi tersebut.

Aplikasi yang berjalan sudah tentu akan mengonsumsi kapasitas RAM dan juga baterai. Tanpa Teman-teman sadari baterai pada hp tiba-tiba berkurang. Maka dari itu, Teman-teman harus mengecek aplikasi tersebut dan langsung memaksanya berhenti atau Force Stop.

5. Atur Kecerahan Layar

Cara kelima dan termasuk cara yang paling mudah adalah dengan mengatur tingkat kecerahan layar. Masalah baterai yang cepat habis bisa karena layar pada hp yang terlalu cerah. Ini juga bisa menyebabkan baterai cepat habis. Maka dari itu, Teman-teman perlu mengatur tingkat kecerahan layar dan menyesuaikan dengan kondisi ruanganmu. Bisa juga dengan mengaktifkan opsi Layar Otomatis. Dengan begitu, tingkat kecerahan layar pada hp akan menyesuaikan dengan ruangan secara otomatis.

Demikian informasi mengenai beberapa solusi mengatasi baterai tanam yang drop yang bisa Saya bagikan dalam artikel ini. Jika teman-teman memiliki informasi tambahan tentang mengatasi baterai tanam yang mudah drop, silakan disampaikan di kolom komentar dibawah ini.

Semoga artikel tentang baterai tanam yang drop ini bisa memberikan manfaat bagi teman-teman yang membacanya hingga tuntas. 


Posting Komentar untuk "5 Cara mengatasi baterai tanam HP drop, tidak perlu servis"