Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara mudah mengatasi karbu rx king sering banjir, tak perlu ke bengkel

Karburator banjir pada motor RX King bisa menjadi masalah serius jika tidak segera diatasi dengan baik.  Tidak bisa dipungkiri bahwa motor ini termasuk salah satu motor yang populer di masanya. tampilannya yang gagah dan performanya yang tangguh membuat banyak orang ingin memilikinya. Bahkan sampai sekarang pun masih ada orang yang mengendarai RX King dan memang motor ini sudah mulai langka. 

rx king, yamaha,

Mereka yang masih mengendarai RX King adalah orang-orang yang memang suka mengendarai motor yang memiliki performa tangguh. Motor ini memang bisa melahap semua medan jalan dan tarikannya pun tidak perlu diragukan lagi.

Masalah Karburator pada RX King

Meskipun Sekarang motor keluaran terbaru sudah memanfaatkan teknologi injeksi, namun masih ada orang-orang yang memiliki motor dengan sistem karburator. Fungsi dari sistem karbu adalah untuk mengabutkan bahan bakar dan dalam hal ini yaitu bensin ke silinder. Ketika usia penggunaannya sudah lama, akan terjadi permasalahan pada karburator. Masalah tersebut tentunya bermacam-macam. Salah satunya adalah karburator banjir atau meluap.

Lalu apa yang menyebabkan karburator banjir atau bensin meluap? Dan bagaimana cara mengatasinya? Untuk mendapatkan semua jawaban tersebut, Teman-teman perlu menyimak informasi yang akan Saya sajikan di bawah ini.

Penyebab Karburator RX King Banjir

Dalam kasus ini, penyebab utama yang mengakibarkan karbu RX King banjir karena needle valve yang tidak menutup sempurna.  Jika Teman-teman perhatikan, pada bagian bawah karbu maka Teman-teman akan menemukan ruang penampung. Ruang penampung inilah yang digunakan sebagai tempat menampung bensin sementara. 

Di dalamnya juga terdapat sebuah pelambung yang tersambung ke needle valve. Needle valve berfungsi sebagai katup untuk membuka maupun menutup aliran bensin yang berasal dari tangki menuju ke karburator. Ketika bensin yang ada di ruang pelampung menjadi berkurang, maka needle valve menjadi terbuka dan membuat bensin bisa mengalir.

Sementara itu, ketika ruang penampung sudah terisi bensin secara penuh, needle valve secara otomatis akan menutup saluran tersebut. Jadi, ketika ruang penyimpanan penuh dan needle valve tidak menutup dengan sempurna, kondisi inilah yang selanjutnya mengakibatkan bensin meluap atau yang lebih dikenal dengan istilah karburator banjir.

Solusi Mengatasi Karburator RX King Banjir

Lalu bagaimana solusi untuk mengatasi karburator RX King yang banjir? Sebenarnya yang harus Teman-teman lakukan tidak sulit. 

1. Lepar karburator

Langkah pertama adalah Teman-teman harus melepaskan karbu terlebih dahulu. Di sini Teman-teman harus melepas klem yang digunakan untuk mengikat karbu. Setelah itu lanjutkan dengan melepas tali gas.

2. Lepas baut karburator

Setelah karburator berhasil Teman-teman lepas, sekarang Teman-teman perlu membongkarnya. Lepaskan keempat baut pada karbu. Setelah Teman-teman berhasil membuka ruang pelampung, Teman-teman akan menemukan sebuah pelambung berbahan dasar plastik. Untuk melepaskan pelampung, Teman-teman harus menarik sindiknya sampai keluar dan pelampung akan terlepas bersamaan dengan needle valve. Langkah selanjtunya adalah proses penyetelan. 

3. Proses penyetelan

Teman-teman harus membengkokkan logam (cukup sedikit saja) yang digunakan sebagai dudukan needle valve. Setelah selesai, Teman-teman bisa memasang Kembali pelampung dan juga needle valve. Sekarang Teman-teman perlu mengecek dengan meniup lubang masuk yang berkaitan dengan selang bensin. 

Lalu Teman-teman gerakkan pelampung ke atas dan ke bawah, needle valve akan terbuka sepenuhnya. Pada saat posisi dari lampung sejajar maka needle valve akan menutup secara penuh.  Jika dirasa masih belum pas, Teman-teman bisa melakukan penyetelan ulang.

Demikian informasi yang bisa Saya berikan mengenai bagaimana cara yang harus Teman-teman lakukan untuk mengatasi karburator RX King banjir. Jika teman-teman memiliki informasi terkait karburator rx king yang banjir, bisa juga disampaikan di kolom komentar dibawah ini.

Semoga artikel tentang karburator rx king yang banjir ini bisa memberikan manfaat bagi teman-teman yang membacanya hingga tuntas. 

Posting Komentar untuk "Cara mudah mengatasi karbu rx king sering banjir, tak perlu ke bengkel"