Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Cara gampang mengatasi karburator soak untuk semua motor

Kaburator motor soak bisa menjadi masalah serius jika tidak segera diperbaiki. Beberapa pemilik motor mengeluh karena motornya tiba-tiba bermasalah. Padahal sebelumnya motor tersebut masih dikendarai dan tidak menunjukkan tanda-tanda akan mengalami masalah seperti itu. 

karburator, motor, kaburator banjur, karburator soak,

Beberapa keluhan tersebut mengarah pada karburator. Ada yang mengatakan bahwa masalah motornya terjadi karena putaran mesin per menit atau RPM-nya tidak stabil.

Selain itu, terkadang ketika motor tersebut dikendarai terdengar suara seperti tersendat-sendat. Ada juga yang mengeluh bahwa tarikan motornya lambat dan seolah-olah tidak bertenaga. Lalu apa saja permasalahan pada karburator dan bagaimana cara mengatasinya? Untuk itulah Teman-teman perlu menyimak informasi di bawah ini.

1. Mesin Tersendat Ketika Stasioner

Perlu Teman-teman tahu bahwa masalah ini terjadi karena adanya campuran bahan bakar di lubang karburator atau venture dengan udara yang tidak cukup atau tidak imbang. Akibatnya, proses pembakaran pun menjadi tidak sempurna. Ketika pembakaran tidak sempurna, maka menyebabkan hentakan tenaga yang nantinya mendorong piston juga tidak maksimal.

Inilah yang membuat mesin tersebut tersendat. Untuk mengatasi permasalahan seperti ini tidak sulit. Teman-teman perlu memutar setelan sekrup udara ke arah jarum jam atau ke arah menutup. Ini bertujuan untuk semakin memperbanyak campuran bahan bakar dengan udara. Kedua, Teman-teman perlu memindah posisi pilot jet pada tingkat yang lebih besar.

Ketiga, Teman-teman bisa mengganti jarum throttle atau skep dengan jarum yang memiliki diameter kecil. Ini bertujuan agar nanti campuran bakar bakar dengan udara di venture yang disemburkan menjadi lebih besar.

2. Tarikan Lemah

Untuk masalah yang kedua ini terjadi karena campuran udara dan bahan bakar yang tidak sempurna. Cara mengatasinya sangat mudah di mana Teman-teman cukup mengganti main jet. Ganti main jet tersebut dengan ukuran yang lebih besar. 

3. Motor yang Terlalu Banyak Menghasilkan Asap

Secara umum, permasalahan seperti ini disebut dengan karburator terlalu basah. Maksudnya, asupan bahan bakar yang ada di venture terlalu besar dibandingkan tekanan yang seharusnya diberikan. Di sisi lain udara yang masuk malah lebih sedikit. Untuk mengatasi permasalahan seperti ini bisa dengan beberapa langkah.

Di sini Teman-teman perlu memutar sekrup pengaturan udara keluar atau seperti ingin melepas. Hal ini Teman-teman lakukan agar semakin banyak udara yang masuk ke venture. Langkah kedua, Teman-teman perlu mengganti pilot jet pada nomor yang lebih kecil. Langkah ketiga, silakan Teman-teman ganti throttle atau skep dengan jarum yang ukurannya lebih besar.

4. Putaran Mesin Lemah atau Mesin Mengambang

Di awal Saya sudah menjelaskan bahwa salah satu masalah yang terjadi pada karburator adalah putaran mesin atau RPM lemah. Masalah ini dialami ketika pengendara motor menarik gas seperempat dan bahkan hampir setengah, namun ternyata putaran mesin masih belum kunjung naik. Ini membuat motor seolah-olah sulit untuk dijalankan.

Untuk mengatasi masalah ini, terdapat dua cara yang bisa Teman-teman lakukan, yaitu

  • Pertama, Teman-teman bisa menggunakan throttle atau jarum skep yang memiliki ukuran lebih kecil. Tujuannya agar campuran udara dan bahan bakar menjadi lebih banyak. 
  • Kedua, silakan putar skep setelan ke arah mengencangkan atau searah jarum jam. Dengan begitu, udara yang nantinya masuk ke venture akan ditekan lebih kuat menuju ruang bahan bakar.

Demikian beberapa permasalahan yang umum terjadi pada karburator yang bisa saya bagikan dalam artikel ini. Jika Teman-teman tidak bisa mengatasi permasalahan tersebut sendiri, segera bawa motor ke bengkel.

Semoga artikel tentang karburator soak ini bisa memberikan manfaat bagi teman-teman yang membacanya hingga tuntas. 

Posting Komentar untuk "4 Cara gampang mengatasi karburator soak untuk semua motor"