Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara mengatasi pipa wastafel yang mampet, efektif & mudah

Masalah wastafel macet atau mampet menjadi salah satu masalah yang umum terjadi di rumah. Ada beberapa hal yang menyebabkan mengapa wastafel di rumah mampet. Penyebab umumnya adalah karena teman-teman kerap membuang sisa makanan seperti sayuran, buah, bahkan lauk yang kemudian membuat saluran wastafel tertutup.

mengatasi wastafel mampet, wastafel, rumah,

Jika sudah seperti apa lantas apa yang harus teman-teman lakukan? Jika ada masalah, tentu ada solusi. Untuk mengatasi wastafel yang mampet bisa teman-teman lakukan dengan beberapa cara. Saya akan membagikan cara-cara tersebut mulai dari cara yang sederhana sampai cara yang agak rumit.

1. Menggunakan Penyedot atau Plunger

Cara pertama untuk membuat wastafel tidak mampet lagi adalah dengan menggunakan penyedot. Caranya pun sangat sederhana. teman-teman cukup mengisi wastafel sampai kira-kira setengah penuh. Kemudian teman-teman bisa langsung menggunakan plunger pada lubang wastafel. Jangan lupa untuk menggerakkan wastafel naik-turun sampai airnya meluap dan kotoran keluar semua.

Teman-teman bisa mengulangi cara ini sampai wastafel benar-benar tidak mampet. Sebuah cara yang sangat sederhana dan teman-teman tinggal mempraktikkan seperti yang sudah Saya jelaskan. Jika belum punya penyedot, teman-teman harus membelinya terlebih dahulu. Ada banyak toko online yang menjualnya.

2. Air Panas dan Sabun Cuci Piring

Cara yang kedua adalah dengan menggunakan sabun cuci piring dan juga air panas. Gabungan dari kedua bahan ini ternyata juga ampuh untuk mengatasi wastafel yang macet. Tentu saja cara ini aman dan tidak memerlukan biaya yang mahal. Wastafel yang macet karena lemak maupun minyak akan mudah diatasi.

Bagaimana cara menggunakannya? teman-teman cukup menuangkan sabun cuci piring secukupnya ke lubang wastafel. Selanjutnya tuangkan air mendidih secara perlahan-lahan. teman-teman perlu mengulanginya beberapa kali sampai saluran wastafel kembali normal. Untuk mencegah masalah ini datang kembali, teman-teman bisa rutin melakukannya minimal sekali dalam seminggu.

3. Soda Kue

Soda kue juga menjadi salah satu cara ampuh untuk membuat wastafel di rumah tidak mampet lagi. Ada banyak toko yang menjual soda kue jadi teman-teman tidak sulit menemukannya. Untuk menggunakannya, langkah awal adalah teman-teman harus menyiramkan air panas ke saluran wastafel. Kemudian teman-teman diamkan selama kurang lebih 20 menit.

Setelah itu, teman-teman bisa mulai menuangkan soda kue lalu diamkan selama semalam. Di sini teman-teman juga bisa menambahkan cairan cuka secukupnya. Keesokan harinya, silakan teman-teman siram kembali dengan air panas. Untuk membuat hasilnya lebih maksimal, teman-teman juga bisa menambahkan perasan jeruk nipis maupun lemon setelah selesai menaburkan soda kue.

4. Cairan Cuka

Cara ini bisa teman-teman pilih setelah selesai memakai penyedot, namun ternyata wastafel masih mampet. Bagaimana cara menggunakan cairan cuka tersebut? Teteskan ke lubang wastafel lalu diamkan selama kurang lebih 25 menit. Kemudian teman-teman bisa mulai menyiramnya dengan air panas. Selanjutnya, teman-teman bisa menggunakan penyedot agar kotoran yang menyumbat wastafel bisa terangkat.

5. Menggunakan Soda Api

Cara lain yang juga bisa teman-teman lakukan adalah dengan memakai soda api. Soda api termasuk zat kimia sehingga teman-teman harus berhati-hati ketika menggunakannya. Untuk caranya tidak jauh berbeda dengan beberapa cara sebelumnya. Di sini teman-teman perlu menuangkan soda api ke saluran wastafel. Setelah itu teman-teman bisa menuangkan air panas. Tuangkan secara hati-hati agar air panas maupun cairan pada soda api tidak terkena tanganmu.

Demikian informasi tentang bagaimana cara mengatasi wastafel yang mampet yang bisa saya bagikan dalam artikel ini. Jika teman-teman memiliki informasi tambahan tentang mengatasi wastafel mampet, bisa disampaikan juga di kolom komentar dibawah ini.

Semoga artikel tentang wastafel mampet ini bisa memberikan manfaat bagi teman-teman yang membacanya hingga tuntas. 

Posting Komentar untuk "5 Cara mengatasi pipa wastafel yang mampet, efektif & mudah"