Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Cara Mengatasi Baterai HP ASUS Cepat Habis

Baterai HP ASUS cepat habis bisa membuat repot apalagi saat HP dibutuhkan untuk urusan penting dan tidak bisa selalu mengisi daya baterainya. Perlu diketahui bahwa ASUS merupakan salah satu merek hp yang terkenal. 

Hp merek ASUS dibanderol dengan harga bersahabat sehingga banyak orang yang ingin membelinya. Merek yang satu ini memang banyak dicari oleh kalangan menengah ke bawah. Akan tetapi, ada juga beberapa hp ASUS yang memang untuk kalangan atas seperti ASUS ROG Phone.

Lalu bagaimana dengan kualitasnya? teman-teman tidak perlu meragukan kualitas hp ASUS. Produk-produk ASUS memang terkenal memiliki kualitas yang bagus. Namun tetap saja teman-teman harus menggunakannya dengan baik. Misalnya menjaga agar baterainya tidak cepat.

Cara yang harus teman-teman lakukan agar baterai smartphone ASUS tidak cepat habis yaitu:

1. Mengurangi Kecerahan Layar

Cara yang sangat sederhana ini tetap harus teman-teman lakukan. Salah satu faktor penyebab baterai cepat habis adalah karena tingkat kecerahan layar pada hp yang terlalu tinggi. teman-teman cukup mengatur tingkat kecerahan layar tersebut ke yang lebih rendah. Apalagi hp Android memiliki fitur auto bright yang membuat layar akan cerah dan redup otomatis.

Teman-teman juga bisa meredupkan tampilan hp ASUS dengan mengaktifkan mode gelap atau dark mode. Cara ini ampuh untuk menghemat baterai.

2. Manfaatkan Saving Mode

Smartphone ASUS telah dilengkapi dengan banyak fitur canggih. Salah satunya adalah saving mode. Fitur ini bisa membantu menghemat konsumsi baterai ASUS. Untuk mengaksesnya, teman-teman tinggal masuk ke Pengaturan – Power Management – Power Saver – dan pilih Mode Baterai. Cara ini juga efektif mengatasi baterai hp ASUS yang cepat habis.

3. Mematikan Auto-Sync

Terkadang tanpa kita sadari smartphone kita melakukan sinkron otomatis. Ini memerlukan waktu yang lama, terlebih jika koneksi internet tidak stabil. Akibatnya, fitur ini akan membuat kapasitas baterai berkurang cukup banyak. Solusinya sangat sederhana di mana teman-teman hanya perlu mematikan fitur ini.

Dengan mematikan fitur auto-sync, maka hp tidak akan melakukan sinkron otomatis. teman-teman juga bisa mengatur sinkronisasi ini hanya ketika ponsel terkoneksi ke Wi-Fi. Dengan begitu, proses sinkronisasi berjalan lebih cepat.

4. Hapus Aplikasi yang Berjalan di Latar Belakang

Terkadang ada beberapa aplikasi yang tetap aktif meskipun kita tidak menggunakannya. Aplikasi ini tanpa teman-teman sadari juga akan menguras baterai jika teman-teman membiarkannya. Maka dari itu, teman-teman perlu mengecek apakah ada aplikasi yang tetap berjalan meskipun tidak teman-teman gunakan. Jika ada, teman-teman tinggal menghapus aplikasi tersebut.

5. Mematikan Fitur GPS

Sama dengan fitur sinkronisasi otomatis, fitur GPS ini juga bisa menguras baterai jika teman-teman terus mengaktifkannya. Padahal teman-teman tidak sedang menggunakan fitur GPS untuk membagikan atau menemukan lokasi tertentu. Jadi, teman-teman harus mematikannya dan hanya aktifkan ketika teman-teman sedang membutuhkannya saja. 

6. Gunakan Fitur Boost

Cara lain yang juga efektif untuk mengatasi baterai ASUS yang cepat habis adalah dengan fitur boost. Manfaat fitur ini adalah mampu memaksimalkan kinerja RAM. Selain itu, boost juga berguna untuk membersihkan task management.

Jika segala cara tidak bisa mengatasi masalah yang teman-teman alami sekarang, kemungkinan masalah yang sebenarnya ada di baterai ponselmu. Coba cek apakah baterainya masih dalam kondisi bagus atau memang bermasalah. Kemungkinan teman-teman perlu mengganti baterai karena memang baterainya yang boros.

Demikian informasi tentang mengatasi baterai cepat habis yang bisa saya bagikan dalam artikel ini. Jika teman-teman memiliki informasi tambahan terkait baterai cepat habis, bisa disampaikan di kolom komentar dibawah ini.

Semoga artikel tentang mengatasi baterai cepat habis ini bisa memberikan manfaat bagi teman-teman yang membacanya hingga tuntas. 

Posting Komentar untuk " 6 Cara Mengatasi Baterai HP ASUS Cepat Habis"