Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fungsi antioksidan bagi kesehatan tubuh manusia

Fungsi antioksidan bagi tubuh manusia sangat banyak, salah satu diantaranya adalah untuk mencegah dan memperlambat pertumbuhan perkembangan sel kanker dalam tubuh manusia. Secara umum kita bisa sehat dan sembuh dari sakit salah satunya karena adanya antioksidan yang bekerja dalam tubuh.

fungsi antioksidan, antioksidan, kesehatan, radikal bebas,
Image : Shutterstock

Bagaimana antioksidan ini bekerja? Dalam artikel ini telah saya ulas sekilas tentang antioksidan yang bisa menjadi referensi teman-teman pembaca sekalian. 

Apa itu antioksidan?

Teman-teman pernah mendengar istilah antioksidan? Jadi antioksidan ini merupakan molekul yang bisa melakukan interaksi dengan radikal bebas dan menghentikan radikal bebas sebelum merusak bagian tubuh manusia. 

Perlu teman-teman ketahui bahwa radikal bebas ini merupakan senyawa yang dapat merusak sel tubuh manusia. Dimana nantinya dari sini akan menyebabkan berbagai penyakit, termasuk kanker.

Jadi singkat kata, dengan hadirnya antioksidan dalam tubuh ini bisa menangkal radikal bebas yang sifatnya merusak dan menyebabkan penyakit. 

Beberapa zat yang termasuk dalam radikal bebas diantaranya adalah beta karoten, vitamin E, vitamin C, dan juga selenium. 

Tubuh tidak bisa memproduksi zat-zat yang termasuk antioksidan, sehingga membutuhkan asupan dari makanan yang mengandung zat tersebut.

Antioksidan dapat mencegah dan menghambat perkembangan sel kanker

Banyak penelitian yang telah membuktikan bahwa antioksidan bisa membantu mencegah dan juga memperlambat perkembangan sel kanker. 

Salah satu sumber antioksidan diantaranya adalah kacang almond. Perlu diketahui bahwa kacang almon memiliki kandungan flavonoid, yang termasuk dalam antioksidan juga.

Penelitian menyebutkan bahwa dalam satu ons kacang almond,  memiliki kandungan antioksidan setara dengan secangkir teh hitam atau juga teh hijau. 

Tak hanya itu, kacang almond juga memiliki kandungan vitamin E. Dimana vitamin E ini juga termasuk antioksidan yang bermanfaat untuk melawan radikal bebas.

Catatan penting para peneliti bahwa kandungan kacang almond yang cukup mengesankan yaitu catechin, empicatechin, dan juga kaemferol. Dimana senyawa ini sangat bermanfaat untuk melindungi sel tubuh dari radikal bebas. Dengan demikian akan membantu menurunkan resiko terjadinya penyakit.

Selain almond, antioksidan juga bisa didapatkan dari makanan lain seperti buah dan sayur. Jenis kacang dan biji-bijian selain almond juga memiliki kandungan antioksidan kuat. 

Bahan makanan hewani juga memiliki kandungan antioksidan seperti daging sapi, unggas, dan juga ikan. 

Berbagai makanan ini bisa dikonsumsi untuk mendapatkan asupan antioksidan untuk tubuh. Ini karena tubuh manusia tidak bisa memproduksi antioksidan sendiri, sehingga membutuhkan asupan antioksidan dari makanan.

Demikian informasi tentang fungsi antioksidan yang bisa dibagikan melalui artikel ini. Jika teman-teman memiliki informasi yang lebih lengkap tentang fungsi antioksidan, bisa disampaikan di kolom komentar dibawah ini.

Semoga artikel tentang fungsi antioksidan ini bisa memberikan manfaat bagi teman-teman yang membacanya hingga tuntas.

Posting Komentar untuk "Fungsi antioksidan bagi kesehatan tubuh manusia"