Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara mengunci microsoft word agar tidak bisa di edit

Mengunci dokumen microsoft word agar tidak bisa di edit bisa membantu teman-teman untuk menghindari perilaku plagiarisme. Apalagi jika teman-teman telah membuat suatu pekerjaan dengan baik, kemudian hasil pekerjaan teman-teman di copy, digunakan, dan diakui sebagai karya orang lain. Hal ini tentu akan menjengkelkan.

Sebenarnya banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghindari plagiarisme. Namun cara yang saya jelaskan berikut ini memiliki fungsi agar dokumen atau hasil kerja teman-teman masih bisa dibaca orang lain, namun mereka tidak bisa meng-copy kontennya dan juga tidak bisa mengedit isi dari dokumen yang teman-teman buat.

Berikut adalah langkah-langkah mudah untuk mengunci dokumen microsoft word agar tidak bisa di copy.


Siapkan dokumen microsoft word


Langkah pertama yang harus teman-teman lakukan adalah dengan menyediakan dokumen microsoft word yang akan teman-teman kunci. Jika belum memiliki dokumen yang akan diproses, maka teman-teman bisa menyiapkan dulu dokumennya.


Buka Menu File

Jika teman-teman telah memiliki dokumen yang akan di kunci agar tidak bisa di copy, maka langkah berikutnya yaitu buka menu file hingga muncul sub-menu file seperti yang ada pada gambar dibawah ini.

Buka Sub Menu Info, Kemudian Klik fitur protect document

Kemudian, pada sub-menu file teman-teman bisa memilih opsi "info". 

Klik "Restrict Editing" 

Pada sub-menu info tersebut nantinya akan muncul opsi restrict editing.

Restrict editing ini berfungsi melindungi dokumen microsoft word mulai dari tidak bisa dibuka, tidak bisa edit, hingga tidak dapat di-copy.


Lakukan pengaturan fitur restrict edition


Untuk melindungi dokumen microsoft word agar tidak bisa di-copy teksnya, teman-teman bisa memilih "Restrict Editing".

Setelah Restrict Editing dipilih, maka akan muncul kotak dialog seperti yang ada pada gambar. 

a. Formating Restriction

Teman-teman bisa melihat pada kotak dialog pertama yaitu formatting restriction. 

Disitu ada kotak putih, dan teman-teman bisa klik hingga muncul simbol centang, pada limit formatting to a selection of styles.


b. Editing Restriction

Kemudian di opsi kedua yaitu editing restriction, disitu teman-teman bisa klik hingga muncul tombol centang pada "allow only this type of editing in the document".

Kemudian teman-teman bisa tekan kotak dibawahnya, hingga muncul beberapa opsi. Disitu teman-teman pilih "filling in form" agar isi dokumen microsoft word tidak bisa di edit atau juga diubah isinya.


c. Start Enforcing Protection

Kemudian jika semua proses sudah dilakukan, maka teman-teman bisa klik start enforcing protection.

Ini berfungsi untuk memproses semua langkah diatas, agar dokumen microsoft word benar-benar terkunci.


Masukan password 


Berikutnya akan muncul kotak dialog untuk mengisikan password. Teman-teman bisa mengisikan password pada kotak dialog tersebut, dan ulangi sekali lagi. Kemudian tekan OK.

Usahakan untuk menggunakan password yang mudah diingat dan tidak diketahui oleh orang lain.


Simpan dan tutup dokumen

Untuk memastikan semua proses telah dilakukan, jangan lupa untuk menyimpan dokumen microsoft word. 

Kemudian jika sudah disimpan, teman-teman tutup dokumen tersebut.


Buka dokumen yang sudah di kunci


Untuk memastikan bahwa proses mengunci dokumen microsoft word berjalan dengan baik, teman-teman bisa membuka dokumen microsoft word.

Jika dokumen microsoft word yang sudah dikunci sudah terbuka dengan baik. Maka berikutnya teman-teman bisa mencoba untuk meng-copy isi dari dokumen tersebut. Jika tidak bisa dicopy, maka langkah yang teman-teman lakukan sudah benar.

Demikian informasi tentang cara mengunci atau melindungi dokumen microsoft word agar tidak bisa di edit yang bisa saya bagikan melalui artikel ini. Jika teman-teman memiliki informasi yang lebih lengkap terkait cara ini, bisa disampaikan dikolom komentar dibawah ini.

Semoga artikel mengunci dokumen microsoft word agar tidak bisa diedit ini bisa memberikan manfaat bagi teman-teman yang membacanya hingga tuntas.

Posting Komentar untuk "Cara mengunci microsoft word agar tidak bisa di edit"