Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Cara menabung untuk membeli rumah dengan gaji kecil pas-pasan

Menabung untuk membeli rumah memang perlu untuk benar-benar dipersiapkan sejak dini. Mengingat rumah atau tempat tinggal adalah salah satu jenis kebutuhan pokok yang harus dipenuhi.

Namun seiring berjalannya waktu, harga rumah terus mengalami kenaikan yang membuat tidak semua orang mampu untuk membeli rumah. Apalagi seseorang yang memiliki penghasilkan atau gaji yang kecil.

investasi, menabung, beli rumah,

Bagi yang memiliki penghasilan atau gaji yang kecil, mungkin cukup untuk memenuhi kebutuhan bulanan keluarganya. Sedangkan untuk menabung membeli rumah akan mengalami kesulitan.

Meski sulit, namun bukan berarti tidak bisa dilakukan. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menabung meski dengan gaji atau penghasilan yang kecil.


1. Memiliki tujuan dan target yang jelas

Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan memiliki tujuan serta target yang jelas. Tujuan yang dimaksud dalam hal ini suatu hal yang umum. Bisa jadi bagi seseorang yang belum memiliki rumah atau tempat tinggal, memiliki tujuan membeli rumah sebagai tempat tinggal yang nyaman untuk keluarganya.

Selain tujuan, target juga perlu ditentukan. Target ini untuk memperjelas tujuan, misalnya rumah seperti apa yang ingin dibeli dengan menabung. Target ini bisa dijelaskan lebih detail mulai dari lokasi rumah, harga rumah, dan bentuk rumah yang seperti apa.

Tentunya dalam menentukan target ini harus disesuaikan juga dengan pendapatan atau gaji. Jika gaji kecil, mungkin harus lebih realistis dalam menentukan target. 


2. Potong gaji di depan untuk menabung

Tak jarang niat menabung untuk membeli rumah hanya menjadi keinginan saja dan tidak terealisasi. Hal ini disebabkan salah satunya karena uang yang rencananya akan digunakan untuk menabung ikut digunakan untuk biaya operasional sehari-hari.

Untuk menghindari hal ini, teman-teman bisa menyisihkan uang dari gaji untuk tabungan. Dengan demikian uang tersebut peluangnya kecil digunakan untuk operasional sehari-hari, kecuali darurat.


3. Jangan campur uang tabungan dengan uang operasional

Banyak orang yang mengalami bahwa uang tabungannya ikut digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Hal ini karena uang tabungan mereka disimpan menjadi satu dengan uang operasional. 

Sehingga kejadian seperti ini harus diantisipasi. Salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu dengan memisahkan uang tabungan dan juga uang untuk operasional. Dengan cara ini diharapkan uang tabungan akan aman tersimpan dan tidak ikut terpakai untuk operasional sehari-hari.


4. Menabung dalam bentuk lain

Menabung tidak harus uang lho teman-teman, bisa juga menabung dalam bentuk investasi saham atau juga reksadana. Jika teman-teman berencana memebli rumah dalam jangka waktu beberapa waktu kedepan, mungkin melalukan investasi ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

Misalnya teman-teman menyisihkan uang untuk membeli saham, maka dalam jangka waktu beberapa tahun kedepan nilai investasi teman-teman bisa meningkat dibandingkan tabungan uang.

 

5. Pekerjaan sampingan

Tak bisa dipungkiri bahwa dengan gaji atau penghasilan yang kecil akan sulit untuk menabung. Banyak orang yang memiliki gaji kecil, kemudian mereka memiliki pekerjaan lain diluar pekerjaan utama yang mereka geluti.

Dengan memiliki pekerjaan sampingan ini bisa menjadi alternatif cara meningkatkan pendapatan seseorang. Dengan pendapatan lebih ini, bisa digunakan sebagai tabungan untuk membeli rumah.


6. Komitmen dan disiplin

Kalau hanya sekedar niat menabung untuk membeli rumah, bisa jadi banyak orang yang memiliki niat demikian. Namun hanya sedikit yang mampu merealisasikan hingga terwujud benar-benar bisa membeli rumah.

Tantangan utama dalam menabung untuk membeli rumah ini yaitu tidak adanya komitmen dan sikap disiplin.

Komitmen dan sikap disiplin ini akan mempengaruhi kesuksesan menabung untuk membeli rumah. Pasalnya karena sikap tidak disiplin, maka tidak menabung secara rutin. Uang tabungan ikut digunakan untuk kebutuhan yang tidak penting, dan sebagainya.


7. Jangan berhutang

Banyak kasus seorang karyawan memiliki banyak cicilan atau hutang. Berhutang ini mayoritas memiliki konsekuensi harus membayarkan bunganya.

Jika tidak terpaksa sama sekali, usahakan untuk tidak melakukan hutang. Karena fokus setiap gajian yaitu untuk membayar angsuran hutang, bukan untuk menabung.


8. Pilih rumah subsidi

Kabar baik, bahwa saat ini ada rumah subsidi yang disediakan oleh Pemerintah Republik Indonesia. Dimana rumah subsidi ini memang dibangun untuk memenuhi kebutuhan tempat tinggal masyarakat Indonesia yang memiliki penghasilan rendah.

Beberapa keuntungan membeli rumah subsidi yaitu harganya lebih terjangkau, jangka waktu pembayarannya lebih panjang, sehingga harga angsuran tiap bulannya lebih rendah. 


9. Manfaat bonus dan THR

Bagi seseorang yang bekerja diperusahaan biasanya berhak menerima THR dan juga bonus tahunan. Umumnya THR dan bonus tahunan ini jumlahnya sebesar satu kali gaji.

Hal ini bisa digunakan sebagai tabungan juga untuk membeli rumah. Karena pada saat menerima THR atau juga tahunan, sudah menerima gaji juga. Sehingga penghasilan lebih dari THR dan bonus ini bisa disimpan untuk membeli rumah nantinya.


10. Lakukan penghematan

Cara klasik namun efektif yaitu dengan melakukan berbagai penghematan. Dengan berhemat ini diharapkan mampu menekan pengeluaran kebutuhan sehari-hari. Dengan prinsip kebutuhan sehari-hari tetap terpenuhi dengan baik, namun dengan biaya yang lebih kecil.

Contoh kecil untuk berhemat adalah dengan memasak makanan di rumah. Dibandingkan dengan setiap makan harus membeli, memasak bisa jauh lebih hemat.

Demikian informasi tentang cara menabung untuk membeli rumah dengan gaji kecil. Jika teman-teman memiliki informasi yang lebih keren tentang cara menabung untuk membeli rumah, bisa disampaikan juga dikolom komentar dibawah ini.

Semoga artikel tentang cara menabung untuk membeli rumah ini bisa memberikan manfaat bagi teman-teman yang membacanya hingga tuntas. 

Posting Komentar untuk " 10 Cara menabung untuk membeli rumah dengan gaji kecil pas-pasan"