Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

11 Cara mengatasi HP basah terkena air hujan

HP terkana air hujan memang menjadi salah satu penyebab kerusakan HP jika tidak segera diatasi dengan langkah yang tepat.  Kerusakan ini tidak hanya menyebabkan kerugian secara finansial karena harga HP yang mahal. 

hp basah, air hujan, hp rusak,

Diluar hal tersebut terdapat berbagai nomor atau kontak HP yang jauh lebih bernilai jika dibandingkan dengan harga HP. Selain itu berbagai data penting yang tersimpan di dalam HP juga termasuk salah satu bagian yang sangat bernilai.

Namun teman-teman tidak perlu panik ketika HP yang dimiliki terkena air hujan, karena dalam artikel ini telah saya tulis beberapa solusi praktis atau pertolongan pertama untuk mengatasi HP yang terkena air hujan.


Segera ambil HP dan taruh di tempat yang kering

Jika teman-teman kehujanan dan HP juga terkena air hujan, langkah pertama yang harus teman-teman lakukan adalah segera menyelamatkan HP tersebut. Teman-teman bisa menaruh HP di wadah atau tempat yang kering.

Teman-teman bisa menggunakan berbagai wadah kering untuk menaruh HP yang terkena air hujan seperti wadah plastik, piring, dan sebagainya yang kedap air. 


Non-aktifkan HP

Kemudian jika HP terkena air hujan, pastikan bahwa HP tersebut dalam kondisi non-aktif atau tidak menyala. Perlu diketahui, jika HP dalam kondisi aktif bisa menyebabkan terjadinya kosleting listrik di dalam HP.

Ini karena air termasuk penghantar listik yang baik. Sehingga jika HP terkena air hujan dan airnya masuk ke dalam HP, maka potensinya sangar besar aliran listrik di dalam HP mengalmi korsleting. Sehingga bisa menyebabkan kerusakan yang parah pada komponen yang ada di dalam HP. 

Jadi meskipun HP masih bisa menyala meski kemasukan air hujan, namun usahakan untuk menonaktifkan HP untuk sementara waktu untuk menghindari kerusakan yang parah.


Bongkar dan Lepaskan komponen HP

Setalah HP non-aktif, teman-teman bisa membongkar komponen HP. Komponen ini misalnya baterai, SIM Card, memory card, dan sebagainya.

Namun bagaimana jika baterai HP termasuk baterai tanam yang tidak bisa dilepas? 

Untuk HP dengan baterai tanam, tetap dibiarkan. Cukup lepaskan komponen yang bisa dilepas saja. Jika kondisi HP non-aktif maka baterai pun bisa dipastikan tidak aktif, jadi tidak masalah baterai tanam tetap dibiarkan. 

Justru jika dibongkar tanpa memiliki kemampuan teknis, bisa membuat kerusakan pada HP nantinya.


Keringkan HP dengan kipas angin

Setelah komponen HP telah di lepas, langkah berikutnya adalah lakukan tahap pengeringan HP yang terkena air hujan.

Cara yang paling umum dan sangat disarankan yaitu dengan menggunakan kipas angin. Jadi arahkan kipas angin ke bagian HP ini dalam beberapa waktu. Misalnya tiga hingga lima jam terkena angin dari kipas.

Usahakan secara berkala mengecek komponen HP yang di angin-anginkan ini. Kemudian bolak balik bagian HP yang terkena angin dari kipas.

Dengan menggunakan kipas angin ini diharapkan air yang masuk ke dalam HP bisa mengering dan menguap secara perlahan.


Taruh HP ke dalam beras

Selain kipas, cara lain yang bisa digunakan untuk mengeringkan HP yaitu dengan merendam HP ke dalam beras selama beberapa waktu, biasanya cukup 1 x 24 jam. 

Perlu teman-teman ketahui bahwa beras ini mampu menyerap air. Sehingga dengan merendam HP yang terkena air hujan ke dalam beras diharapkan air yang ada di HP bisa terserap ke dalam beras.

Namun ada beberapa resiko ketika merendam HP ke dalam beras. Misalnya lubang pada HP kemasukan beras yang ukuran kecil seperti beras yang pecah hingga tepung dari beras itu sendiri. Hal ini bisa menyebabkan HP kotor dan bisa jadi juga berdampak pada performa HP nantinya.


Gunakan Silica gel

Silica gel juga termasuk yang bisa digunakan untuk menyerap air yang ada di HP yang terkena air hujan.

Silica gel bekerja menyerap air baik itu berupa air utuh atau juga mengikat air di udara. Biasanya silica gel ini digunakan untuk beberapa produk, untuk menghindari kelembabab pada produk tersebut. Karena kondisi lembab bisa menyebabkan jamur dan merusak produk.

Beberapa produk yang menggunakan silica gel seperti sepatu, jam tangan, dan sebagainya.

Termasuk jika jika HP basah terkana air hujan, maka silica gel bisa digunakan untuk menyerap air dalam HP yang terkena hujan.

Jika teman-teman kesulitan membeli silica gel, maka bisa membeli secara online karena banyak online shop yang menjual silica gel dengan harga murah.


Hindari Penggunaan hair dryer

Hair dryer tidak disarankan untuk mengeringkan HP yang terkena air hujan. Ini karena hair dryer tidak hanya mengeluarkan angin, tapi juga suhu panas. Panas dari hair dryer ini dikhawatirkan akan menyebabkan kerusakan pada komponen HP.


Menjemur HP

Menjemur HP yang terkena air hujan juga bisa dilakukan agar air yang ada di dalam HP bisa menguap dan HP cepat kering.

Namun usahakan untuk tidak menjemur HP dibawah terik matahari langsung. Karena jika kondisi panas matahari sangat tinggi, dikhawatirkan juga bisa merusak komponen HP.

Jadi jemur HP yang terkena air hujan ini dibawah sinar matahari dengan panas yang sedang. Jika panasnya terlalu tinggi, bisa menggunakan pelindung seperti mika atau plastik bening dengan ukuran yang tebal.


Rangkai dan aktifkan kembali HP

Jika HP sudah kering, coba untuk rangkai HP kembali. Kemudian coba untuk nyalahkan HP, jika masalahnya hanya terkena air hujan dan sudah melalui serangkaian proses diatas maka HP biasanya bisa menyala.


Lakukan back up data

Jika HP menyala, usahakan untuk melakukan back up data yang ada di HP untuk menyelamatkan file, kontak, dan juga data penting lainnya.

Langkah ini sebenarnya bisa dilakukan secara berkala dan tidak harus menunggu HP terkena air hujan dulu baru melakukan back up data.


Bawa ke tempat servis

Jika HP tetap tidak mau menyala, bawa ke tempat servis. Kemungkinan ada komponen yang rusak saat HP yang menyala. Karena jika penyebabnya hanya air, maka saat airnya sudah hilang atau HP sudah kering maka harusnya bisa menyala.

Namun jika HP sudah kering tapi HP tidak mau menyala, bisa jadi terjadi kerusakan komponen dalam HP tersebut.

Demikian informasi tentang cara mengatasi HP yang terkena air hujan yang bisa saya sampaikan melalui artikel ini. Jika teman-teman memiliki informasi yang lebih ampuh untuk mengatasi HP yang terkena air hujan, bisa juga disampaikan di kolom komentar dibawah ini.

Semoga artikel yang saya tulis tentang mengatasi HP yang terkena air hujan ini bisa memberikan manfaat bagi teman-teman yang membacanya hingga tuntas. 

Posting Komentar untuk " 11 Cara mengatasi HP basah terkena air hujan"