Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Khasiat umbi porang untuk kesehatan tubuh manusia

Manfaat tanaman porang masih diketahui oleh sedikit orang saja. Padahal tanaman prang memiliki harga mahal dikarenakan manfaatnya yang luar biasa. 

Karena manfaat dan harganya yang tinggi ini membuat tanaman porang menjadi komiditas ekstor Indonesia. Hal ini membuat banyak petani yang menanam porang mampu mengubah kondisi ekonomi mereka menjadi lebih baik.

porang, umbi porang, harga porang, manfaat porang

Jika teman-teman ingin mengenal tanaman porang lebih lanjut, berikut telah diulas tentang tanaman porang dan juga manfaatnya. 

Perlu teman-teman ketahui bahwa tanaman porang merupakan jenis tanaman umbi-umbian. Dimana tanaman ini bisa tumbuh dengan sumbur di tanah Indonesia. Sehingga hal ini menjadi peluang bagi petani Indonesia untuk menanam dan menjual tanaman porang untuk di ekspor keluar negeri.

Bagi masyarakat Indonesia, tanaman porang juga dikenal sebagai tanaman iles-iles, dimana tanaman ini memiliki nama ilmiah Amorphophallus muelleri. Sebelum dikenal sebagai tanaman yang memiliki nilai yang sangat tinggi, tanaman ini sebelumnya banyak ditemukan tumbuh di are pekarangan rumah dan dianggap sebagai tanaman liar.

Penanaman porang

Tanaman porang mampu tumbuh subur dan umbinya berukuran besar. Namun besar dan kecilnya tanaman porang ini tergantung dari jenis dan juga kesuburan tanah dimana tempatnya tumbuh. 

Untuk menanam porang ini tidak perlu perawatan khusus. Bahkan banyak orang yang menanam tanaman porang ini berdampingan dengan tanaman yang selainnya. Seperti tanaman porang yang ditanaman bersamaan dengan pohon jati hingga tanaman yang selainnya.

Untuk menanam porang ini menggunakan bibit dari umbi porang yang di potong tepat di titik yang akan tumbuh tunas. Bahkan umbi porang yang berukuran kecil bisa langsung ditanam.

Banyak negara yang menjadi tujuan ekspor umbi porang ini seperti misalnya Australia, China, Jepang, hingga Vietnam. Bahkan banyak negara-negara lain yang melirik tanaman ini untuk dikembangkan untuk berbagai keperluan.

Teman-teman penasaran apa saja yang membuat tanaman porang ini menjadi sangat bernilai dan memiliki harga yang mahal? Salah satunya yaitu karena manfaatnya. Jika penasaran, silakan simak beberapa manfaat porang berikut ini.

Membantu detoks

Salah satu penggunaan tanaman porang yaitu untuk proses mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Dimana porang sebagai detoksifikasi ini sebenarnya telah lama digunakan secara tradisional di China. Penggunaan porang untuk dikonsumsi sehari-hari ini dianggap efektif untuk membantu proses pengeluaran racun dari dalam tubuh melalui keringan serta kotoran.

Merawat kulit

Bagi teman-teman yang memiliki kulit yang sehat, porang ternyata memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan kulit juga. Masalah kulit yang bisa diatasi menggunakan porang diantaranya adalah menjaga agar kulit tetap cerah dan juga membantu proses menghilangkan jerawat di wajah.

Perlu diketahui bahwa di dalam porang memiliki zat glucomannan. Kandungan ini yang membuat tanaman porang memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan kulit.

Mencegah kanker

Tak hanya itu, tanaman porang juga sangat membantu dalam melawan penyakit kanker pada umumnya, dan kanker usus khususnya. Dimana tanaman porang ini mampu menjaga saluran pencernaan agar tetap sehat.

Kandungan antioksidan dalam tanaman porang ini juga mampu melakukan pencegahan terhadap tumbuhnya sel kanker usus dan juga menjaga agar saluran pencernaan tetap sehat.

Menurunkan resiko stroke dan jantung

Salah satu penyakit berat yang mendapat dukungan dari tanaman porang adalah stroke dan jantung. Dimana porang dapat menjadi salah satu makanan yang dapat menurunkan resiko terjadinya penyakit jantung dan stroke.

Ini karena tanaman porang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Perlu diketahui bahwa kolesterol merupakan salah satu faktor utama penyebab terjadinya stroke dan serangan jantung.

Menjaga kadar kolesterol

Teman-teman pernah mendengar istilah kolesterol jahat? Ini karena kolesterol ada yang jahat dan yang baik.

Nah, kolesterol jahat ini merupakan salah satu penyebab serangkaian penyakit berbahaya bagi tubuh. Bagi yang suka mengkonsumsi makanan berminyak, kolesterol jahat rawan sekali bersarang di pembuluh darah. 

Perlu diketahui bahwa dengan mengkonsumsi porang, dianggap mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Dengan demikian akan mengurangi resko terjadinya pernyakit berbahaya yang disebabkan oleh kolesterol jahat (LDL).

Mengatasi diabetes

Mungkin banyak opini yang menyebutkan bahwa umbi porang merupakan makanan yang baik bagi penderita diabetes. Hal ini karena porang dapat bekerja untuk membantu kadar gula dalam darah agar tetap stabil.

Tak hanya itu, dengan mengkonsumsi porang dapat membantu mengontol untuk makan berlebihan. Dimana jika terjadi makan berlebihan ini dapat meningkatkan resiko kenaikan kadar gula dalam darah.

Menghindari peradangan

Umbi porang memiliki sifat anti-inflamasi, dimana hal ini sesuai dengan penelitan tentang umbi porang yang dilakukan di International Journal of Biological Macromolecules.

Ini karena adanya kandungan glucomannan dalam umbi porang yang bekerja untuk mengatasi masalah peradangan dalam tubuh.

Membantu perawatan luka

Kandungan glucomannan dalam umbi porang memegang peranan yang penting. Dimana kandungan ini selain bekerja sebagai anti-inflamasi, juga bekerja untuk membantu penyembuhan luka.

Ini karena glucomannan bekerja dengan meningkatkan sistem imun tubuh, dengan demikian proses penyembuhan luka bisa dilakukan lebih cepat.

Bagus untuk diet

Bukan hal baru lagi, jika umbi porang mampu membantu proses diet untuk menurunkan berat badan berlebihan. Ini karena jika mengkonsumsi porang dapat membuat kenyang lebih lama, sehingga akan menurunkan nafsu makan seseorang yang ingin diet.

Tak hanya itu, kandungan glucomannan dalam umbi porang juga dapat membantu menurunkan kalori dalam tubuh. Sehingga ini sangat efektif untuk menurunkan berat badan berlebih.

Mengatasi susah buang air besar

Kandungan serat dalam umbi porang juga sangat tinggi. Hal ini akan sangat membantu seseorang yang kesulitan buang air besar.

Ini karena serat dalam umbi porang saat dikonsumsi akan membantu mendorong untuk mengeluarkan kotoran dalam umbi porang itu sendiri.

Demikian informasi tentang khasiat tanaman porang yang bisa saya bagikan melalui artikel ini. Jika teman-teman ingin menambahkan informasi tentang manfaat porang ini, bisa disampaikan di kolom komentar dibawah ini.

Semoga artikel tentang tanaman porang ini bisa memberikan manfaat bagi teman-teman yang membacanya hingga tuntas.

Posting Komentar untuk "10 Khasiat umbi porang untuk kesehatan tubuh manusia"