Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Tanda kolesterol tinggi pada kaki, tangan, hingga kepala

Tanda kolesterol tidak dapat terlihat begitu saja, tapi hal ini bisa dirasakan bagi penderitanya. Hal ini karena kolesterol tinggi dapat menunjukkan beberapa tanda, seperti misalnya kelelahan yang jarang diperhatikan. Jika teman-teman memiliki kolesterol tinggi, namun tidak disadari berikut adalah beberapa ciri kolesterol tinggi yang harus teman-teman pahami.

kolesterol, ciri kolesterol, tanda kolesterol,

Perlu teman-teman ketahui bahwa kolesterol merupakan lemak sterol, dimana terdapat pada membran sel dan dialirkan melalui plasma darah. Pada umumnya tubuh manusia memerlukan kolesterol ini untuk membantu pertumbuhan sel.

Semua kolesterol tersebut baik, namun ada jenis kolesterol yang dapat menyebabkan penyakit seperti penyumbatan pembuluh darah hingga penyakit jantung. Hal ini terjadi jika kadar kolesterol ini dalam jumlah yang tinggi. Kolesterol yang tinggi ini dapat berakibat fatal ketika terjadi penumpukan pada pembuluh darah, yang mengakibatkan pembuluh darah alirannya tidak lancar.

Penumpukan kolesterol atau lemak pada pembuluh darah ini dapat mengakibatkan pembuluh darah pecah, dan membentuk suatu gumpalan yang dapat menyebabkan penyakit stroke dan jantung.

Untuk mengetahui kondisi kolesterol tinggi atau rendah, dapat dilakukan dengan melakukan tes kadar kolesterol. Namun selain hal tersebut teman-teman juga dapat mengetahui kolesterol tinggi dengan beberapa tanda tertentu, seperti yang telah diuraikan di bawah ini.

Kelelahan.

Salah satu tanda kolesterol tinggi yaitu merasa kelelahan yang berlebihan pada saat kolesterol dalam kondisi tinggi. Hal ini dapat mengakibatkan munculnya plak pada pembuluh darah. Sehingga pasokan oksigen ke seluruh tubuh akan terhambat.

Ketika pasokan oksigen ke seluruh tubuh terhambat oleh kolesterol pada pembuluh darah tersebut, maka organ dan jaringan tubuh akan bekerja lebih keras hal ini akan membuat tubuh merasa kelelahan yang berlebihan.

Kesemutan dan tidak merasakan apapun.

Selain kelelahan yang berlebihan, salah satu tanda kolesterol juga kesemutan pada bagian tubuh hingga  tidak merasakan apapun pada bagian tubuh tersebut.

Jika teman-teman mengalami tanda-tanda seperti ini, bisa jadi  kondisi kadar kolesterol teman-teman dalam kondisi yang tinggi.

Hal ini terjadi karena pada pembuluh arteri perifer terjadi penumpukan plak yang berasal dari kadar lemak darah atau kolesterol. Ini akan menyebabkan aliran darah ke tangan dan kaki menjadi berkurang dan menyebabkan terjadinya kesemutan hingga tidak merasakan apapun pada bagian tangan dan kaki.

Nyeri pada dada.

Jika teman-teman sering mengalami rasa nyeri pada bagian dada, bisa jadi salah satu penyebabnya juga karena kadar kolesterol tinggi pada tubuh teman-teman. Terasa nyeri pada dada ini terjadi ketika terbentuk pada pembuluh darah, sehingga akan mempengaruhi aliran darah menuju jantung menjadi tidak lancar.

Hipertensi.

Hipertensi atau tekanan darah tinggi juga termasuk salah satu tanda dari kadar kolesterol dalam darah yang tinggi.

Hal ini terjadi ketika  adanya plak pada pembuluh darah, sehingga membuat pembuluh arteri menyempit yang mengakibatkan kinerja jantung dan kalsium bekerja lebih keras untuk memompa darah.

Benjolan pada pembuluh darah.

Munculnya benjolan pada kulit juga termasuk salah satu tanda dari kolesterol tinggi pada tubuh seseorang. Jika teman-teman menjumpai benjolan pada bagian kulit, terutama tepatnya pada titik persendian seperti siku, kaki, tangan, dan bakong, maka teman-teman harus waspada terhadap benjolan ini.

Benjolan tersebut merupakan pelarut pada aliran darah yang menyumbat dan menumpuk. Oleh karena itu teman-teman harus segera memeriksa kondisi ini ke dokter agar tidak terjadi di pembuluh darah yang pecah.

Sering pusing.

Sering merasa pusing atau sakit kepala juga termasuk salah satu tanda kolesterol tinggi pada seseorang. Rasa pusing dan sakit kepala yang diderita oleh penderita kolesterol ini biasanya diakibatkan oleh banyaknya kandungan lemak pada darah, sehingga dapat menghambat aliran darah.

Penumpukan kadar lemak pada pembuluh darah ini dapat menghambat aliran oksigen menuju kepala, sehingga dapat menyebabkan rasa pusing dan sakit kepala.

Demikian informasi tentang tanda-tanda kolesterol yang bisa dibagikan dalam artikel ini. Jika teman-teman memiliki tambahan informasi tentang tanda-tanda kolesterol bisa disampaikan di kolom komentar dibawah ini.

Semoga artikel tentang tanda-tanda kolesterol tinggi ini bisa memberikan manfaat bagi teman-teman yang membacanya hingga tuntas.

Posting Komentar untuk "6 Tanda kolesterol tinggi pada kaki, tangan, hingga kepala"