Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Cara memasak nasi goreng agar tidak lengket di wajan

Membuat nasi goreng bukan pekerjaan yang mudah untuk dilakukan, namun juga bukan suatu kegiatan yang tidak bisa dilakukan juga. Meskipun seseorang yang sudah terbiasa memasak nasi goreng, bisa jadi mereka  tidak selalu berhasil memasak nasi goreng yang enak. Bahkan ada beberapa kasus di mana nasi goreng yang dimasak menjadi lengket dan menggumpal saat di goreng.

nasi goreng, masak nasi goreng, agar nasi goreng tidak lengket,

Bagi teman-teman yang belajar memasak nasi goreng dan ingin menghasilkan nasi goreng yang enak, tanpa lengket, dan tidak menggumpal. Berikut telah diulas beberapa tips yang bisa teman-teman gunakan untuk memasak nasi goreng.

Gunakan nasi yang padat.

Salah satu masalah yang sering dihadapi ketika memasak nasi goreng dan hasilnya lengket atau menggumpal, bisa jadi karena bahan dasar nasi yang digunakan adalah nasi yang lembek atau tidak padat. Hal ini membuat nasi goreng yang dihasilkan juga menjadi lebih lengket serta menggumpal ketika digoreng.

Biasanya nasi yang lengket ini merupakan nasi yang baru saja matang. Sehingga masih terdapat banyak uap air di dalamnya, yang ketika digoreng mengakibatkan lengket dan menggumpal.

Oleh karena itu usahakan untuk membiarkan nasi beberapa menit setelah dimasak, sebelum dilakukan proses penggorengan. Ini bertujuan agar uap yang ada di dalam nasi bisa berkurang dan nasi bisa menjadi lebih perah.

Jangan gunakan minyak terlalu banyak.

Selain nasi yang lembek masalah berikutnya yang sering dihadapi ketika memasak nasi goreng yaitu penggunaan minyak yang terlalu banyak. Dimana penggunaan minyak yang terlalu banyak ini membuat nasi yang dihasilkan menjadi lebih lembek.

Usahakan untuk memulai memasak nasi goreng dengan sedikit minyak. Hal ini agar nasi goreng yang dihasilkan tidak terlalu lembek dan terkesan basah.

Panasi wajan terlebih dahulu.

Salah satu penyebab masalah terjadinya nasi goreng yang lembek dan lengket, yaitu karena penggorengan yang digunakan belum panas. Hal ini akan membuat nasi goreng dan juga bahan-bahan yang selainnya akan lengket dan menempel pada wajan atau penggorengan tersebut.

Usahakan untuk selalu menggunakan penggorengan dalam kondisi yang panas, sebelum digunakan untuk menggoreng nasi. 

Kemudian teman-teman bisa memanaskan bumbu-bumbunya terlebih dahulu, sebelum memasukkan nasi. Sehingga nasi ketika dimasukkan kondisi wajan atau penggorengan sudah dalam kondisi yang benar-benar panas.

Jangan gunakan api kecil.

Salah satu yang membuat nasi goreng menjadi lengket juga bisa disebabkan karena penggunaan api yang kecil ketika memasak nasi goreng. Ketika teman-teman menggunakan api dalam kondisi yang lebih besar, maka peluang terjadinya nasi lengket pada penggorengan ini akan lebih sedikit.

Namun yang perlu menjadi catatan yaitu jangan terus-menerus menggunakan api besar. Karena nasi goreng yang nantinya akan bisa menjadi gosong.

Oleh karena itu teman-teman harus memainkan bola besar kecilnya api ketika memasak nasi goreng.

Demikian informasi tentang cara memasak nasi goreng agar tidak lengket dan menggumpal di wajan yang bisa saya bagikan melalui artikel ini. Jika teman-teman memiliki informasi cara menggoreng nasi goreng agar tidak lengket bisa disampaikan juga di kolom komentar dibawah ini.

Semoga artikel tentang memasak nasi goreng ini bisa memberikan manfaat bagi teman-teman yang membacanya hingga tuntas.

Posting Komentar untuk "4 Cara memasak nasi goreng agar tidak lengket di wajan"