Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

11 Jenis Ikan hias air tawar tercantik yang mudah dipelihara

Menjadikan ikan hias air tawar sebagai binatang peliharaan memiliki beberapa keuntungan. Diantara keuntungan memelihara ikan hias air tawar yaitu teman-teman dapat mudah dalam perawatannya, jika dibandingkan dengan memelihara binatang yang lainnya seperti kucing, anjing, atau juga burung. Selain itu dengan memelihara ikan hias air tawar di dalam akuarium dapat memberikan keindahan dalam rumah, sehingga teman-teman dapat lebih nyaman ketika tinggal di dalam rumah.

ikan, ikan hias, ikan hias air tawar,

Secara umum ikan hias dibagi menjadi dua jenis, dimana kedua jenis ikan hias air tawar ini dapat teman-teman pelihara di dalam akuarium.  Kedua jenis ikan hias yang bisa teman-teman pelihara yaitu jenis ikan hias air tawar dan juga jenis ikan hias air laut. Namun secara umum ikan hias air tawar lebih banyak dipilih untuk dipelihara jika dibandingkan dengan ikan hias air laut.

Ada beberapa alasan mengapa ikan hias air tawar lebih dipilih jika dibandingkan dengan ikan hias air laut. Diantaranya karena jenisnya sangat banyak, selain itu makanan ikan hias air tawar mudah didapatkan, dan yang terpenting karena ikan hias air tawar lebih mudah ketika dirawat.

Perlu teman-teman ketahui bahwa di indonesia sendiri terdapat sangat banyak jenis ikan hias air tawar yang totalnya hampir sekitar 363 jenis. Di mana ikan hias air tawar di indonesia ini juga diekspor ke luar negeri.

Jika teman-teman ingin membuat hobi baru dengan memelihara ikan hias air tawar. Mungkin beberapa ulasan jenis ikan air tawar berikut ini bisa membantu teman-teman. Di sini saya telah mengulas beberapa jenis ikan hias air tawar yang dapat teman-teman rawat di rumah.

Jenis-jenis ikan air tawar yang ada di bawah ini merupakan jenis ikan air tawar yang banyak dipilih sebagai ikan hias untuk dirawat di dalam akuarium. Sehingga secara umum ketika terjadi permasalahan tertentu teman-teman tidak perlu bingung. Ini karena telah banyak orang yang merawat ikan hias air tawar di bawah ini. Sehingga solusinya banyak tersedia baik secara online atau pada komunitas tertentu.

Ikan guppy

Salah satu jenis ikan hias air tawar yang paling banyak dicari orang indonesia yaitu ikan guppy. Dimana ikan guppy merupakan salah satu ikan air tawar yang tidak sulit dalam perawatannya. Selain itu ikan guppy juga mudah berkembang biak. 

Bagi teman-teman yang ingin belajar memelihara ikan guppy ini, teman-teman tidak memerlukan berbagai kemampuan khusus untuk memeliharanya. Ini karena ikan guppy tidak memerlukan perawatan khusus seperti itu. Cukup dengan memberinya makan dan merawat sederhana, teman-teman dapat memelihara ikan guppy ini dan juga mengembangbiakannya.

Selain itu ikan guppy suka memiliki harga yang cukup murah dan juga mudah didapatkan. Jadi jika teman-teman ingin memiliki ikan guppy ini, tidak perlu bingung untuk mendapatkannya. Karena rata-rata penjual ikan hias menjual jenis ikan guppy dan juga beserta perlengkapan untuk merawatnya.

Salah satunya membuat ikan guppy ini menjadi ikan hias air tawar yang unik yaitu memiliki berbagai warna-warna yang cerah. Ikan guppy ini akan membuat akuarium menjadi lebih indah dan dapat menjadikan ruangan di dalam rumah menjadi lebih nyaman.

Sehingga bagi teman-teman yang memelihara ikan guppy di dalam akuarium. Teman-teman bisa menjadikannya sebagai salah satu sarana untuk menyegarkan pikiran, di tengah pekerjaan yang menumpuk.

Selain itu ikan guppy ini juga dapat hidup berdampingan dengan berbagai jenis ikan hias air tawar yang lainnya. Karena ikan guppy ini bukan sebagai ikan predator yang saling memangsa dengan ikan yang lainnya. Oleh karena itu jika teman-teman ingin menambah koleksi ikan hias air tawar, teman-teman bisa memadukannya dengan ikan guppy di dalam akuarium.

Manifish

Selain ikan guppy, teman-teman juga bisa memelihara ikan manifish sebagai salah satu koleksi di dalam akuarium air tawar. Ikan manifsih ini merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar yang sangat mudah dalam perawatannya.

 elain itu ikan manfish juga memiliki harga yang cukup murah. Sehingga teman-teman tidak perlu mengeluarkan uang yang terlalu banyak untuk membeli ikan manifes sebagai salah satu koleksi di dalam akuarium air tawar di rumah.

Ikan manifsih ini cara bentuk cukup menarik, yaitu memiliki sirip yang memanjang dengan badan yang berbentuk pipih. Selain itu salah satu hal yang membuat ikan manifish ini menjadi salah satu ikan yang banyak diminati, karena corak warnanya yang menarik. Sehingga jika teman-teman memelihara ikan manfish ini di rumah, maka teman-teman dapat terhibur dengan penampilan corak warna ikan manifsih ini.

Tak hanya itu ikan manifish ini juga dapat dipelihara bersamaan dengan ikan hias air tawar yang lainnya. Sehingga teman-teman dapat memiliki akuarium dengan lebih dari satu jenis ikan hias air tawar di dalamnya. Karena ikan manifish ini tidak saling memangsa dengan ikan yang lainnya.

Jadi jika teman-teman ingin membuat ruangan di dalam rumah menjadi lebih menarik, teman-teman bisa menambahkan aquarium di ruangan rumah. Ini termasuk juga menambahkan ikan manfish di dalam akuarium tersebut.

Ikan molly.

Berikutnya teman-teman juga bisa memelihara ikan molly sebagai salah satu ikan hias air tawar yang sangat menarik untuk dipelihara. Hal ini karena ikan molly memiliki bentuk yang sangat menarik yaitu tubuhnya yang cenderung gemuk dan juga memiliki sifat yang pemalu. 

Ketika ikan molly melihat ikan lain maka ikan ini biasanya cenderung bersembunyi atau menghindar. Karena hal ini ikan molly banyak yang menyebut sebagai ikan yang pemalu.

Yang menjadi keunikan lainnya dari ikan molly yaitu gerakannya cukup gesit dan sangat cepat meskipun kondisi tubuhnya yang gemuk. Ikan molly ini memiliki ukuran yang kecil, biasanya ikan molly ini hidup bergerombol dengan beberapa ikan molly lainnya.

Perlu teman-teman ketahui untuk memelihara ikan molly ini tidak sulit untuk dilakukan. Bukan berarti teman-teman dapat membiarkan ikan molly begitu saja. Yang perlu teman-teman lakukan yaitu harus menyediakan makanan ikan molly dengan jumlah yang cukup dan diberi makan dalam jam jangka waktu tertentu. Usahakan untuk selalu menyediakan makanan ikan molly ini jangan sampai kehabisan stok makanan.

Karena cukup dengan memberi ikan molly makan yang cukup, maka teman-teman dapat memelihara ikan molly secara terus-menerus tanpa memerlukan perawatan khusus yang lainnya.

Ikan oscar.

Ikan oscar juga termasuk salah satu jenis ikan yang direkomendasikan untuk dipelihara sebagai ikan hias air tawar. Perlu teman-teman ketahui bahwa ikan oscar ini sebenarnya ikan air tawar yang bukan berasal dari indonesia. 

Asal dari ikan oskar sendiri yaitu dari perairan air tawar yang ada di daerah amazon. Di mana dalam perkembangbiakannya, ikan oscar ini sudah banyak dibudidayakan di seluruh dunia termasuk salah satunya juga di indonesia. Hal ini karena ikan oscar sangat mudah dipelihara dan tidak memerlukan perawatan khusus ketika memeliharanya.

Beberapa sumber tidak merekomendasikan ikan oscar ini untuk dijadikan satu dengan jenis ikan hias air tawar yang lainnya. Karena ikan oscar memiliki sifat seperti ikan dari amazon yang lainnya, yaitu itu sifat yang agresif yang dapat membahayakan ikan yang lainnya. 

Untuk perawatan ikan oscar sendiri, teman-teman cukup memberinya makan dan juga membersihkan habitatnya dari berbagai kotoran. Sehingga ikan oskar ini dapat terpenuhi nutrisinya dan terhindar dari berbagai jenis penyakit.

Teman-teman bisa menyediakan akuarium khusus untuk memelihara ikan oskar ini, dan tidak mencampurkan dengan jenis ikan hias air tawar yang lainnya. Teman-teman bisa menjadikan akuarium yang berisi ikan oscar sebagai hiasan di dalam rumah, sehingga ruangan di dalam rumah lebih nyaman ketika digunakan.

Ikan lemon.

Jika teman-teman ingin memelihara ikan hias air tawar dengan warna yang cerah dan menarik, mungkin teman-teman bisa menggunakan ikan lemon sebagai salah satu alternatif pilihannya. Hal ini karena ikan lemon merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang hampir seluruh warna kulitnya berwarna kuning seperti lemon.

Di mana warna yang ada pada ikan lemon dapat mempercantik akuarium yang teman-teman miliki. Sehingga hal ini juga membuat ruangan menjadi lebih nyaman. Teman-teman bisa menjadikan akuarium yang berisi ikan lemon ini sebagai salah satu sarana untuk menyegarkan pikiran, ketika teman-teman merasa jenuh.

Perlu teman-teman ketahui bahwa ikan lemon ini sebenarnya bukan ikan hias air tawar yang berasal dari indonesia, melainkan berasal dari benua afrika. 

Salah satu ciri khas dari ikan lemon yaitu memiliki garis hitam yang terdapat di bagian sirip pada punggungnya. Selain itu yang menjadi karakteristik dari ikan lemon ini yaitu memiliki sifat teritorial. Di mana ikan ini harus memiliki wilayah kekuasaan sendiri dan dapat menyerang ikan lain yang memasuki daerah kekuasaannya.

Ikan neon tetra.

Salah satu jenis ikan hias air tawar yang memiliki warna yang sangat menarik yaitu ikan neon tetra. Dimana ikan neon tetra ini memiliki kulit dengan warna yang seperti bisa menyala kebiruan seperti lampu. Oleh karena itu jenis ikan ini dinamakan dengan ikan neon tetra, di mana neon adalah salah satu jenis lampu.

Ikan neon tetra ini dapat memiliki warna yang bisa menyala karena ada sisiknya terkandung zat bioluminesen. Dimana kandungan ini dapat memberikan efek cahaya pada kulit atau sisik ikan neon tetra.

Teman-teman bisa menjadikan ikan neon tetra ini sebagai salah satu ikan hias air tawar yang bisa dipelihara di akuarium untuk mempercantik ruangan yang ada di dalam rumah. 

Ikan louhan.

Ikan louhan sebenarnya bukan jenis ikan hias air tawar yang asing untuk dipelihara. Karena ikan ini pernah menjadi salah satu jenis ikan yang paling mahal dan banyak dicari di indonesia pada beberapa tahun yang lalu. 

Salah satu ciri dari ikan louhan yang paling banyak dikenali yaitu pada bagian kepalanya yang berbentuk menonjol ke depan hal ini merupakan salah satu daya tarik yang terdapat pada ikan louhan

Tak hanya bentuk dari ikan louhan yang menarik, namun warna pada ikan louhan ini juga dapat menjadi daya tarik tersendiri. Bahkan warna yang indah pada ikan louhan ini banyak yang menyebutnya bisa memberikan keberuntungan.

Hingga saat ini harga ikan louhan tergolong masih sangat tinggi. Karena ikan louhan banyak dicari oleh kolektor ikan hias, dan menjadi salah satu jenis ikan hias air tawar yang memiliki keistimewaan tersendiri bagi para kolektor ikan hias.

Ikan mas koki.

Salah satu jenis ikan hias air tawar yang bisa teman-teman pelihara di rumah yaitu ikan mas koki. Perlu teman-teman ketahui bahwa ikan mas koki ini bukan termasuk ikan hias air tawar yang baru dikenal. Karena ikan mas koki ini sudah sangat familiar bagi masyarakat indonesia, terutama bagi seseorang yang memiliki hobi mengoleksi ikan hias. 

Warna ikan maskoki cukup menarik yaitu memiliki perpaduan warna orange keemasan dan juga warna putih. Perpaduan warna pada ikan mas koki ini menjadikan ikan mas koki sebagai salah satu ikan hias air tawar yang banyak dikoleksi oleh orang indonesia.

Tak hanya dari aspek warna saja yang membuat ikan mas koki ini menjadi salah satu ikan hias air tawar yang paling banyak diminati. Secara bentuk ikan mas koki juga sangat menarik yaitu memiliki bentuk pada bagian perutnya membuncit, kemudian matanya yang lebar dan besar, serta ekor yang berumbai. Dimana ciri khas dari bentuk ikan mas koki ini membuat para kolektor ikan tertarik untuk memiliki ikan mas koki dan membudidayakannya.

Ikan botia

Jika teman-teman ingin memelihara ikan hias air tawar, mungkin ikan botia bisa menjadi salah satu alternatif pilihan ikan hias air tawar yang bisa teman-teman pelihara di akuarium yang teman-teman miliki. Perlu diketahui bahwa ikan botia merupakan salah satu jenis ikan yang memiliki banyak peminat, tidak hanya di indonesia melainkan juga diminati oleh berbagai kalangan di seluruh dunia.

Ikan botia sendiri memiliki beberapa varietas diantaranya adalah ikan botia india, ikan botia badut, ikan botia melati, dan juga ikan botia macan. Berbagai varietas cari ikan botia ini memiliki ciri dan juga karakter yang berbeda. Dimana keseluruhannya bisa menjadi ikan akuarium teman-teman lebih menarik dan memiliki estetika yang tinggi.

Secara umum ikan botia memiliki warna yang cerah dengan didominasi warna kuning, dengan kombinasi garis-garis berwarna hitam. 

Perlu teman-teman ketahui bahwa ikan botia adalah salah satu jenis ikan air tawar yang hidupnya di perairan yang jernih. Hal ini menunjukkan bahwa habitat ikan botia merupakan daerah yang masih alami. Karena air jernih biasanya hanya ada di daerah hulu sungai yang belum tercemar atau di perairan yang belum tercemar.

Selain itu sebagai tambahan informasi bahwa ikan botia juga termasuk salah satu jenis ikan hias air tawar yang hidup di malam hari, untuk mencari makan. Sehingga dia bisa dikatakan sebagai salah satu jenis ikan nokturnal.

Ada varietas ikan putih yang berasal asli dari indonesia, yaitu jenis ikan botia badut dan ikan botia macan. Dimana kedua jenis ikan botia ini termasuk salah satu ikan hias air tawar yang menjadi komoditi ekspor indonesia ke luar negeri. Terlebih lagi ikan botia badut yang menjadi ikan hias air tawar yang banyak diminati oleh orang indonesia.

Ikan black phantom.

Ikan black phantom merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar yang banyak dikoleksi oleh penggemar ikan hias. Dimana ikan black phantom ini memiliki warna dominan hitam yang cukup seram, sehingga jenis ikan hias ini diberikan nama black phantom yang berarti hantu hitam. Perlu teman-teman ketahui bahwa ikan black phantom ini berasal dari sungai air tawar di amazon benua amerika.

Namun tidak semua bagian ikan phantom ini berwarna hitam. Pada bagian ekor ikan black phantom memiliki garis yang berwarna putih. Hal ini menjadikan ikan black phantom memiliki daya tarik tersendiri. Sedangkan pada bagian sirip ikan black phantom ini terdapat gelambir, yang jika dilihat saat berenang akan menyerupai hantu yang terbang.

Dibalik nama yang menyeramkan ini, ikan black phantom juga disebut sebagai ikan penari balet. Hal ini karena gerakan ikan black phantom yang maju mundur dianggap oleh orang-orang mirip seperti gerakan menari.

Untuk memelihara ikan black phantom teman-teman tidak perlu mengeluarkan usaha yang terlalu tinggi, karena ikan black phantom ini sangat mudah untuk dirawat. Makanan ikan black phantom ini bisa berupa pelet. Selain itu ikan black phantom juga bisa mengkonsumsi pakan alami yang berasal dari cacing kering dan jentik nyamuk.

Ikan discus.

Ulasan yang terakhir tentang jenis ikan hias tawar dalam artikel ini yaitu ikan discus. Ikan discus bisa menjadi salah satu alternatif pilihan ikan hias air tawar yang bisa teman-teman pelihara di akuarium yang teman-teman miliki. Di mana ikan discus ini memiliki warna yang cukup menarik, sehingga dapat membuat siapapun yang melihatnya terpesona.

Ikan discus juga termasuk salah satu ikan hias air tawar yang berasal dari daerah amazon.  Ikan discus jika dilihat dari bagian depan akan memiliki bentuk yang pipih, sedangkan jika dilihat dari bagian samping ikan ini terlihat lebih bundar. Dengan memiliki bentuk yang khas seperti ini seseorang dapat mengenali jenis ikan discus dengan mudah.

Ikan discus memiliki bentuk sirip yang memanjang dan juga besar, sementara itu ikan ini juga memiliki warna mata yang merah. Rata-rata ikan discus memiliki panjang hingga mencapai 25 cm ketika usia dewasa.

Perlu teman-teman ketahui banyak penggemar ikan hias yang memberikan informasi bahwa ikan discus membutuhkan perawatan khusus. Perawatan ini berbeda dengan jenis ikan hias air tawar yang selainnya, yang mungkin bisa bertahan dengan diberi makan saja. Namun untuk ikan discus ini berbeda, sehingga hal ini bisa menjadi tantangan tersendiri bagi teman-teman yang ingin memelihara ikan discus.

Demikian informasi tentang jenis-jenis ikan hias air tawar yang bisa saya bagikan melalui artikel ini. Jika teman-teman memiliki informasi yang lengkap tentang berbagai jenis ikan hias air tawar bisa juga disampaikan di kolom komentar dibawah ini.

Semoga artikel tentang ikan hias air tawar yang saya bagikan melalui artikel ini bisa memberikan manfaat bagi teman-teman yang membacanya hingga tuntas.

Posting Komentar untuk "11 Jenis Ikan hias air tawar tercantik yang mudah dipelihara"