Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara meningkatkan penjualan toko retail saat pandemi covid19

Toko retail merupakan salah satu pelaku bisnis yang bisa terancam dengan hadirnya bisnis online. Karena toko ritel ini mengharuskan pembeli untuk datang ke toko untuk mendapatkan barang yang diinginkan. Selain itu, toko ritel juga harus membeli atau menyewa tempat untuk berjualan. Sehingga pengeluaran yang harus dikeluarkan jauh lebih besar dibandingkan toko online.

penjualan, bisnis, toko retail, toko online,

Sebenarnya dengan hadirnya media online bukan menjadi di suatu ancaman bagi toko ritel. Bahkan toko ritel bisa jauh lebih survive dibandingkan toko online, karena dapat melayani penjualan dengan dua cara yaitu secara offline dan juga online .

Apalagi saat pandemi covid 19 seperti ini, baik toko online atau juga toko offline pasti mengalami penurunan penjualan secara signifikan. Sehingga hal ini harus menjadi tantangan tersendiri bagi toko ritel untuk meningkatkan penjualan. Salah satunya dengan memperbaiki kondisi toko offline dan juga masuk ke penjualan online.

Berikut adalah beberapa cara yang telah diulas untuk meningkatkan penjualan toko retail. Di mana hal ini bisa digunakan secara offline dan juga mengkombinasikannya dengan media online.

Pengaturan toko offline.

Pencahayaan.

Untuk meningkatkan penjualan di toko fisik sebagai ritel harusnya memberikan pencahayaan yang terang di tokonya. Ini dilakukan agar semua produk yang ditampilkan di tubuh akan terlihat lebih jelas ketika pembeli datang untuk berbelanja.

Dengan meningkatkan pencahayaan pada toko fisik ini maka area toko tidak akan terlihat remang-remang atau gelap. Dimana hal ini bisa menjadi perhatian khusus bagi seorang pembeli dalam berbelanja.

Penataan produk.

Selain pencahayaan yang terang penataan produk juga perlu diperhatikan. Saat memiliki toko ritel dengan penataan produk sejenis, ini bisa mempengaruhi keputusan pembelian tapi seseorang. Selain itu dengan penataan produk yang rapi dan juga sejenis dapat memudahkan pembeli dalam berbelanja. Dengan demikian ketika pembeli ini merasa nyaman saat membeli di toko tersebut, maka mereka akan datang kembali untuk berbelanja.

Cctv

Hal terpenting lainnya yang bisa mempengaruhi kenyamanan berbelanja seseorang yaitu dengan menghadirkan cctv di toko. Dengan memiliki cctv di toko ini semua aktivitas toko akan terekam dengan baik. Sehingga hal ini dapat menurunkan tingkat kejahatan di tombol termasuk terjadinya pencurian.

Selain dapat digunakan pemilik toko untuk memantau aktivitas toko, cctv juga dapat memberikan kenyamanan bagi seseorang yang akan berbelanja di toko. Pelanggan merasa aman jika ada kamera cctv, hal ini karena secara umum cctv dianggap dapat menurunkan tingkat kejahatan. Sehingga mereka pun dapat berbelanja dengan aman dan nyaman ketika diawasi menggunakan kamera cctv.

Pengaturan dengan media online

Jual online di marketplace

Toko online juga bisa mengkombinasikan kan penjualannya secara online. Misalnya dengan menjual produk produknya di marketplace seperti shopee, tokopedia, bukalapak, blibli, lazada, dan lain sebagainya. Dimana dengan menjual produk secara online, ini dapat membantu meningkatkan penjualan secara keseluruhan, dan dapat mengirimkan produk-produknya tidak terbatas dalam wilayah tertentu.

Apalagi saat ini banyak ekspedisi pengiriman barang yang telah masuk ke seluruh pelosok di indonesia. Dimana dengan hadirnya ekspedisi pengiriman ini, dapat membantu toko offline dalam mengirimkan produk jualannya dengan cepat dan aman.

Marketing online (lokal)

Toko offline juga bisa menjual dan mempromosikan produk secara online dengan pasar lokal, misalnya dengan mempromosikan di grup facebook tertentu. Dimana grup facebook ini biasanya berisi hanya orang-orang lokal dalam suatu kota atau kecamatan tertentu.

Bahkan saat ini marketplace juga bisa mendukung pemasaran lokal. Dimana produk-produk yang dijual ini bisa dikirimkan melalui kurir seperti ojek online, yang dapat mengirimkan barang di hari itu juga dalam waktu kurang dari 3 jam.

Selain itu dengan menggunakan google my business juga dapat membantu melakukan promosi online secara lokal. Karena dengan google map bisnis ini akan menampilkan produk dan juga bisnis dalam pencarian google tingkat lokal. Misalnya suatu kecamatan atau kota, bahkan dalam radius jarak tertentu.

Ketika orang-orang terdekat di sekitar toko tersebut ketika mencari suatu barang, maka yang direkomendasikan adalah barang atau toko yang ada di sekitar mereka.

Sistem cash on delivery (cod)

Sistem cash on delivery atau cod merupakan salah satu sistem yang dapat mendukung meningkatkan penjualan toko offline yaitu dengan mengombinasikan produk-produk yang dijual secara online. 

Dengan menggunakan media online, maka pembeli lokal dapat memesan barang secara online. Kemudian barang akan dikirim oleh pemilik toko ke rumah mereka atau janjian di lokasi tertentu.

Hal ini tentu akan memudahkan bagi pembeli untuk mendapatkan barang yang dibutuhkan. Karena mereka tidak perlu datang ke toko tersebut untuk membeli. Mereka cukup di rumah dan memesan barang yang diinginkan secara online, lalu pemilik toko akan mengantarkan ke rumah dan transaksi dilakukan di rumah pembeli.

Demikian informasi tentang cara peningkatan penjualan toko offline dan juga online yang bisa dibagikan melalui artikel ini. Jika teman-teman memiliki informasi cara penjualan yang lebih efektif bisa disampaikan juga di kolom komentar dibawah ini.

Semoga artikel tentang peningkatan penjualan toko offline dan online ini dapat memberikan manfaat bagi teman-teman yang membacanya hingga tuntas.

Posting Komentar untuk "Cara meningkatkan penjualan toko retail saat pandemi covid19"