Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Manfaat buah pir untuk kesehatan ibu hamil dan bayi

Buah pir adalah salah satu buah yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat indonesia. Bahkan di seluruh dunia juga mengenal buah pir sebagai salah satu buah yang segar dan juga menyehatkan. Buah pir memiliki rasa yang manis dan juga memiliki sensasi segar dengan tekstur kasar seperti berpasir.

buah pir, jus buah pir, manfaat buah pir, ibu hamil, kehamilan,

Biasanya buah pir dikonsumsi secara langsung atau digunakan sebagai jus. Bahkan beberapa orang menggunakan buah pir sebagai salah satu minuman segar yang dicampur dengan berbagai jenis buah-buahan yang selainnya.

Selain bisa digunakan sebagai makanan dan juga minuman yang segar, buah piri juga memiliki berbagai kandungan gizi mineral dan kadar air yang tinggi. Dimana kandungan yang terdapat di dalam buah pir ini sangat membantu dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Salah satu manfaat buah pir yaitu dapat menjaga kesehatan ibu hamil dan juga janin yang ada didalam kandungan.

Perlu diketahui bahwa buah pir yang memiliki ukuran sedang mengandung jumlah air dan juga kalori yang tinggi yaitu sekitar 120 ml air, selain itu juga mengandung 85 hingga 100 kalori. 

Selain mengandung kalori dan juga air, buah pir juga mengandung berbagai jenis nutrisi lain yang dibutuhkan oleh kesehatan ibu hamil. Diantaranya yaitu karbohidrat serat protein vitamin c kalium dan juga vitamin k.

Selain kandungan gizi yang telah disebutkan di atas, buah pir juga mengandung beberapa nutrisi yang lainnya. Namun jumlahnya tidak terlalu banyak seperti kandungan kalsium, tembaga, magnesium, fosfor, vitamin a, vitamin b, serta folat.

Namun yang menjadi titik poin penting dalam kandungan gizi yang terdapat di dalam buah pir ini yaitu adanya kandungan antioksidan tinggi. Kandungan antioksidan ini dapat membantu menangkal radikal bebas yang ada di dalam tubuh manusia.

Berbagai kandungan gizi yang ada di dalam buah pir ini sangat membantu menjaga kesehatan ibu hamil dan juga janin yang ada di dalam kandungan. Dilansir dari alodokter.com, berikut adalah beberapa khasiat buah pir untuk ibu hamil yang lebih spesifik.

Membantu masalah pencernaan.

Perlu teman-teman ketahui bahwa salah satu masalah yang paling banyak dihadapi oleh ibu hamil dari awal kehamilan hingga akhir kehamilan yaitu masalah pencernaan. Masalah pencernaan ini seperti sembelit yang terjadi pada ibu hamil. Masalah ini disebabkan oleh salah satunya perubahan hormon pada ibu hamil, ukuran rahim, konsumsi serat yang kurang, serta minum air putih yang sedikit. 

Salah satu cara yang bisa ditempuh oleh ibu hamil untuk mengatasi masalah sembelit yaitu dengan meningkatkan konsumsi makanan yang mengandung serat dalam jumlah tinggi, seperti buah-buahan dan sayur. 

Salah satu jenis buah yang memiliki kandungan serat tinggi adalah buah pir. Sehingga buah pir ini cocok dan tepat untuk dikonsumsi oleh ibu hamil agar dapat melancarkan saluran pencernaan. Sehingga ibu hamil tidak mengalami masalah sulit buang air besar atau sembelit.

Mengurangi dampak morning sickness.

Mengkonsumsi buah pir secara rutin dapat membantu ibu hamil untuk menghilangkan rasa mual, atau juga masalah yang terjadi selama masa kehamilan seperti morning sickness. Ini karena rasa serta tekstur buah pir ketika dikonsumsi dapat menghilangkan beberapa penyebab terjadinya rasa mual pada ibu hamil.

Oleh karena konsumsi buah pir disarankan pada ibu hamil untuk mengurangi beberapa masalah mual dan morning sickness ini.

Membantu perkembangan otak dan saraf bayi.

Buah pir juga penting untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Hal ini karena buah pir dapat membantu perkembangan fungsi otak serta sistem saraf pada bayi selama masa kehamilan.

Efektivitas buah pir dalam membantu perkembangan fungsi otak dan syaraf bayi ini karena buah pir memiliki kandungan vitamin b6. Vitamin b6 pada buah pir ini bekerja dengan membantu dalam menjaga kesehatan bayi, khususnya membantu perkembangan sistem saraf, serta fungsi otak pada bayi yang ada di dalam kandungan.

Mengurangi terjadinya kram saat hamil.

Salah satu masalah yang sering dihadapi oleh ibu hamil termasuk suka kram pada kaki. Terjadinya kram pada kaki selama masa kehamilan disebabkan oleh kekurangan mineral pada ibu hamil. Mineral yang dimaksud termasuk kekurangan kalium serta magnesium. 

Oleh karena itu untuk mencegah terjadinya kram kaki pada ibu hamil, disarankan untuk makan-makanan seperti sayuran hijau dan buah segar. Salah satu buah segar yang disarankan untuk dikonsumsi di antaranya adalah buah pir. Karena buah pir memiliki kandungan kalium dan magnesium yang cukup tinggi,  yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil selama masa kehamilan untuk mengurangi terjadinya kram.

Perlu diketahui bahwa kalium yang ada di dalam buah pir ini dapat membantu menjaga keseimbangan cairan dan juga kadar elektrolit yang ada di dalam tubuh.ketika kondisi cairan dan cuka elektrolit yang ada di dalam tubuh ini dalam kondisi seimbang, maka fungsi organ tubuh dapat berjalan dengan normal. 

Kandungan magnesium yang bisa didapatkan dari buah pir ini juga memiliki peran yang cukup penting. Karena dapat membuat otot-otot pada ibu hamil menjadi lebih rileks sehingga akan mengurangi potensi terjadinya kram kaki pada ibu hamil.

Meningkatkan sistem imun ibu hamil.

Ibu hamil harus menjaga kesehatan tubuh agar terhindar dari berbagai macam penyakit. Oleh karena itu ibu hamil harus meningkatkan daya tahan tubuh agar tubuh tidak mudah terserang oleh penyakit. Salah satu yang dibutuhkan oleh ibu hamil agar memiliki imunitas yang kuat yaitu konsumsi berbagai jenis makanan yang memiliki kandungan vitamin c yang tinggi.

Untuk mendapatkan asupan vitamin c yang tinggi ini salah satu makanan yang bisa dikonsumsi oleh ibu hamil yaitu buah pir. Karena buah pir memiliki kandungan vitamin c yang cukup tinggi yang baik untuk dikonsumsi selama masa kehamilan.

Perlu diketahui bahwa vitamin c yang terdapat di dalam buah pir ini bekerja sebagai antioksidan. Dimana antioksidan dapat melawan berbagai penyakit akibat paparan radikal bebas dan juga mempercepat proses penyembuhan jika dalam kondisi sakit.

Tak hanya itu, vitamin c yang terdapat di dalam buah pir ini juga memiliki berbagai manfaat yang selainnya. Diantaranya yaitu menjaga kesehatan kulit, memperkuat tulang, dan juga otot baik itu ada ibu hamil dan juga janin yang ada di dalam kandungan.

Mencegah terjadinya cacat lahir.

Buah pir juga baik dikonsumsi oleh ibu hamil, karena buah pir memiliki kandungan asam folat. Asam folat dalam buah pir dapat membantu dalam memproduksi sel darah merah, serta mendukung perkembangan saraf otak dan sumsum tulang belakang pada janin di dalam kandungan.

Asam folat yang membantu dalam perkembangan janin di dalam kandungan. Ini akan mengurangi atau menurunkan resiko terjadinya cacat tabung saraf dan juga masalah kehamilan yang selainnya.

Buah pir mengatasi dehidrasi.

Tak jarang ibu hamil juga mengalami masalah dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh. Sehingga salah satu yang disarankan untuk ibu hamil untuk mengatasi masalah ini yaitu dengan minum air putih dalam jumlah banyak. Selain itu ibu hamil juga disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan air yang tinggi. Salah satu makanan yang memiliki kandungan air yang tinggi yaitu buah pir yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil.

Buah pir termasuk buah yang memiliki kandungan air yang cukup tinggi. Sehingga dengan mengkonsumsi buah pir ini dapat mengurangi terjadinya dehidrasi pada seseorang termasuk juga pada ibu yang sedang hamil.

Meskipun buah ini memiliki kandungan yang baik untuk ibu hamil, namun jika teman-teman adalah ibu hamil disarankan datang ke dokter spesialis kandungan jika terjadi berbagai masalah tertentu.

Demikian informasi tentang manfaat kuatir pasti ibu hamil yang bisa dibandingkan melalui artikel ini. Jika teman-teman memiliki informasi tentang manfaat buah pir untuk ibu hamil yang lebih lengkap bisa disampaikan di kolom komentar dibawah ini.

Semoga artikel tentang manfaat keluarga bagi kesehatan ini dapat membantu dan juga memberikan manfaat bagi teman-teman yang membacanya hingga tuntas.

Posting Komentar untuk "7 Manfaat buah pir untuk kesehatan ibu hamil dan bayi"