Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Manfaat biji kakao dan coklat murni bagi kesehatan

Biji kakao adalah bahan utama yang digunakan untuk pembuatan coklat. Biasanya semakin sedikit campuran kakao maka coklat yang dihasilkan akan semakin gelap seperti halnya dengan coklat hitam yang di dihasilkan dari pengelolahan dari kakao murni.

kakao, biji kakao, biji coklat,

Ternyata kakao yang merupakan bahan utama dari coklat ini memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan. Diantaranya termasuk meningkatkan kondisi mood agar tetap bahagia, menstabilkan tekanan darah, hingga mengurangi resiko terjadinya sakit jantung.

Pernahkah teman-teman mengkonsumsi coklat, namun rasanya pahit? 

Rasa pahit yang ada dalam tomat memang adalah rasa bawaan dari bahan utama dari coklat yaitu kakao.  Biasanya rasa pahit yang ada dalam coklat akan semakin terasa jika coklat diolah dengan menggunakan kakao murni, dengan sedikit atau tanpa bahan tambahan yang selainnya. Termasuk juga pengolahan bubuk coklat hitam yang dibuat dari kakao murni sehingga warnanya menjadi hitam dan juga rasanya pahit.

Selain coklat yang dibuat dengan menggunakan bahan kakao murni, kakao biasanya juga diproses untuk dijadikan coklat dengan menambahkan beberapa bahan yang lainnya. Bahan tambahan yang digunakan seperti gula, butter, susu, dan bahan yang selainnya untuk menghasilkan coklat yang lebih nikmat dan mengurangi rasa pahit dari kakao.

Namun semakin banyak bahan tambahan yang terdapat dalam coklat, akan mempengaruhi berkurangnya kandungan gizi pada kakao.

Perlu teman-teman ketahui bahwa kakao memiliki berbagai kandungan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Diantaranya yaitu itu kandungan protein, kandungan karbohidrat, kalsium, magnesium, kalium, zat besi, flavonoid, polifenol, dan beberapa kandungan gizi yang selainnya.

Dalam artikel ini akan fokus membahas pada kandungan gizi yang ada di dalam kakao murni. Dimana kakao murni dapat memberikan pengaruh positif terhadap kesehatan manusia diantaranya adalah sebagai berikut.

Menjaga tekanan darah agar tetap stabil.

Kondisi tekanan darah yang tinggi akan mempengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Bahkan ada beberapa dampak serius yang diakibatkan dari kondisi tekanan darah yang tinggi ini. Kondisi serius tersebut termasuk terjadinya stroke, serta beberapa masalah yang lainnya yang merupakan kombinasi antara tekanan darah tinggi dan juga kolesterol yang tinggi.

Perlu teman-teman ketahui bahwa dengan mengkonsumsi bubuk kakao atau coklat hitam murni secara rutin dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

Proses penurunan tekanan darah ini disebabkan oleh adanya zat-zat nitric oxide, yang bekerja membuat pembuluh darah menjadi lebih lebar dan elastis. Hal ini akan mengurangi resiko terjadinya tekanan darah tinggi. Sehingga dengan mengkonsumsi coklat hitam atau kakao murni ini akan sangat bermanfaat bagi siapa pun yang menderita tekanan darah tinggi.

Mencegah penyakit jantung.

Mengkonsumsi coklat murni juga dapat menurunkan terjadinya penyakit jantung. Hari ini karena coklat kaya akan kandungan antioksidan, flavonol, serta zat nitric oxide, yang mampu membuat pembuluh darah lebih lebar dan juga lebih elastis. Sehingga aliran darah menjuku ke jantung dan keluar jantung dapat berjalan dengan lancar. Dengan demikian dengan proses lancarnya aliran darah menuju dan keluar dari jantung ini akan mengurangi resiko terjadinya penyakit jantung.

Dengan rutin mengkonsumsi coklat atau kakao murni, teman-teman bisa menjaga kesehatan jantung secara keseluruhan. Sehingga dapat mengurangi berbagai resiko yang diakibatkan oleh gangguan atau masalah organ jantung.

Memberikan tambahan energi.

Dengan mengkonsumsi si coklat murni juga dapat meningkatkan energi di dalam tubuh. Hal ini karena coklat atau kakao juga mengandung kalori yang cukup tinggi. Selain itu juga adanya kafein serta magnesium di dalam kakao dapat membantu peningkatan energi di dalam tubuh.

Oleh karena itu tak heran jika banyak orang yang mengkonsumsi coklat, untuk menambah energi setelah melakukan aktivitas yang cukup berat. Hal ini tidak lepas dari kandungan yang ada di dalam coklat yang mampu meningkatkan energi seseorang dalam waktu yang yang singkat.

Menjaga daya ingat untuk kesehatan otak.

Fungsi otak dan menurunnya daya ingat biasanya terjadi pada ada seseorang pada usia lanjut. Jadi semakin tua usia seseorang maka fungsi otak serta daya ingatnya akan mengalami penurunan secara bertahap. Namun hal ini bisa dibantu dengan mengkonsumsi alkohol murni atau makan coklat.

Ini karena coklat mengandung flavanol, yang dapat membantu daya ingat agar tetap kuat. Flavanol yang terdapat dalam kakao bekerja dengan memperlambat proses penurunan daya ingat seseorang yang diakibatkan oleh faktor usia yang semakin tua.

Proses menjaga daya ingat seseorang ini dikarenakan oleh kakao atau coklat dapat membantu melancarkan aliran darah ke otak. Sehingga otak dapat bekerja secara maksimal, termasuk menjaga daya ingat. 

Selain itu kandungan antioksidan yang tinggi yang terdapat di dalam kakao juga dapat membantu menjaga kesehatan sel-sel yang ada di dalam otak dari kerusakan akibat adanya radikal bebas.

Meningkatkan mood seseorang.

Mungkin teman-teman sudah pernah mendengarkan bahwa dengan mengkonsumsi coklat dapat membuat seseorang merasa lebih bahagia. Selaini itu juga dapat meningkatkan serta memperbaiki suasana hati pada seseorang. Hal ini karena coklat memiliki kandungan senyawa yang dapat mempengaruhi suasana hati agar menjadi lebih bahagia.

Kandungan yang terdapat di dalam coklat ini diantaranya adalah kafein, theobromine, serta endorfin. Salah satu yang menjadi aset penting dalam meningkatkan suasana hati yaitu adanya senyawa endorfin yang terdapat di dalam coklat atau kakao. Karena dengan adanya senyawa endorfin ini dapat membantu dalam proses mengatasi stres dan membuat seseorang menjadi lebih bahagia serta bergairah.

Oleh karena itu itu jika teman-teman mengalami suasana hati yang buruk, maka bisa mengkonsumsi coklat untuk meningkatkan suasana hati. Sehingga bisa melanjutkan aktivitas dengan lebih semangat dalam menjalankan aktifitas.

Kakao dapat mengatasi gejala penuaan dini.

Perlu teman-teman ketahui bahwa dengan mengkonsumsi coklat dan kakao ini dapat memberikan efek positif terhadap kesehatan kulit. Karena kakao atau coklat memiliki senyawa seperti antioksidan serta anti radang. 

Dimana senyawa ini dapat membantu memperlancar aliran darah pada organ kulit manusia. Dengan aliran darah yang lancar pada kulit ini dapat membantu jaringan kulit ketika mengalami kerusakan yang diakibatkan oleh paparan sinar matahari serta radikal bebas.

Mengkonsumsi coklat atau kakao secara rutin ini dapat membantu kulit agar tetap sehat serta mengurangi berbagai tanda-tanda penuaan yang ada.

Mengurangi resiko terjadinya kanker.

Teman-teman ketahui bahwa terjadinya kanker disebabkan oleh paparan radikal bebas yang ada di dalam tubuh manusia. Sehingga mengakibatkan pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh dan dapat membahayakan kesehatan seseorang.

Untuk mencegah dan juga melawan sel kanker yang ada di dalam tubuh ini memerlukan antioksidan yang kuat. Untuk mendapatkan asupan antioksidan yang kuat ini diperlukan mengkonsumsi makan makanan yang sehat, diantaranya adalah dengan mengkonsumsi coklat atau kakao. 

Dalam coklat atau kakao ini mengandung antioksidan yang tinggi. Dimana antioksidan yang terdapat di dalam kakao atau coklat dapat mencegah dan juga melawan sel kanker yang ada di dalam tubuh manusia.

Meskipun kakao atau coklat ini memiliki berbagai manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Namun jika teman-teman memiliki berbagai masalah kesehatan, teman-teman harus berkonsultasi dengan dokter untuk menyelesaikan masalah kesehatan yang teman-teman hadapi tersebut.

Demikian informasi tentang khasiat kakao bagi kesehatan yang bisa dibagikan melalui artikel ini. Jika teman-teman memiliki informasi tentang khasiat kakao yang lebih lengkap bisa disampaikan di kotak komentar dibawah ini.

Semoga artikel tentang khasiat kakao ini bisa memberikan manfaat bagi teman-teman yang membacanya hingga tuntas.

Posting Komentar untuk "7 Manfaat biji kakao dan coklat murni bagi kesehatan"