Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips membuat halaman website yang ramah mesin pencari

Halaman website yang ramah pencari memiliki banyak keuntungan. Keuntungan yang utama tentunya dapat meningkat pengunjung website tersebut sehingga bisa memberikan banyak peluang untuk bisnis dan juga peluang yang selainnya. 

web page, web design, website, search engine, google, seo

Tidak ada gunanya membangun website kalau tidak ada pengunjung yang datang ke website tersebut. Sumber utama lalu lintas sebagian besar website di Internet adalah mesin pencari seperti Google, Yahoo, bing, dan sebagainya. Oleh karena itu dengan merancang website yang ramah mesin pencari, akan dapat dengan mudah memberi peringkat di mesin pencari dan mendapatkan lebih banyak pengunjung.

Mesin pencari utama menggunakan program yang disebut crawler atau robot untuk mengindeks website untuk dimasukan di halaman hasil pencarian. Mesin pencari ini akan mengindeks link ke halaman website, membaca konten halaman, dan mencatatnya dalam database mereka. Kemudian mengeluarkannya jika ada orang yang mencari konten tersebut.

Hindari frame website

Jika ingin membuat situs mudah diindeks, maka harus menghindari penggunaan frame di situs Anda. Frame pada website ini hanya akan membingungkan robot mesin pencari dan mereka bahkan mungkin meninggalkan situs karena masalah ini. Selain itu, frame mempersulit pengguna untuk menandai halaman tertentu di situs Anda tanpa menggunakan skrip yang panjang dan rumit.

Hindari menggunakan flash

Jangan menyajikan informasi penting dalam film Flash atau dalam gambar. Robot mesin pencari hanya dapat membaca teks pada konten, jadi jika Anda menyajikan kata-kata penting dalam bentuk film dan gambar flash daripada dalam bentuk teks, peringkat mesin pencari akan terpengaruh dan bisa menurun.

Gunakan meta tag

Gunakan meta tag yang sesuai pada setiap halaman situs sehingga robot mesin pencari tahu sekilas tentang apa halaman tersebut dan apakah akan mengindeksnya atau tidak. Dengan menggunakan meta tag, bisa membuat pekerjaan robot mesin pencari lebih mudah sehingga mereka akan lebih sering merayapi dan mengindeks konten website.

Kurangi penggunaan tag html

Berhenti menggunakan tag HTML yang salah seperti <font> untuk mengatur gaya halaman Anda. Gunakan CSS (Cascading Style Sheets) karena lebih efektif dan efisien. Dengan menggunakan CSS, dapat menghilangkan tag HTML yang berlebihan dan membuat halaman lebih ringan dan lebih cepat untuk dimuat.

Demikian informasi tentang halaman website yang ramah mesin pencari. Jika teman-teman pembaca memiliki info tambahan tentang optimasi mesin pencari, bisa disampaikan dikolom komentar dibawah ini. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi yang membacanya hingga tuntas. 

Posting Komentar untuk " Tips membuat halaman website yang ramah mesin pencari"