Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian podcast dan manfaatnya untuk bisnis

Podcasting adalah istilah yang baru diciptakan pada tahun 2004, menggabungkan dua kata yaitu iPod dan penyiaran. Ironisnya, definisi ini agak keliru karena tidak ada komponen yang sepenuhnya akurat. 

podcast, pengetian podcast, publishing,

Saat ini baik podcaster maupun pendengar podcast tidak memerlukan iPod atau pemutar portabel lainnya. Faktanya, podcast dapat didengarkan di perangkat apa pun yang mendukung mp3 termasuk komputer desktop atau smartphone android. Asosiasi nama podcast muncul hanya karena iPod dari Apple Computer adalah pemutar audio digital portabel terlaris ketika podcasting dimulai. 

Bahkan editor New Oxford American Dictionary ikut serta dengan mendeklarasikan kata "podcasting" pada tahun 2005. Istilah podcast didefinisikan sebagai "rekaman digital dari siaran radio atau program serupa, tersedia di Internet untuk diunduh ke pemutar audio pribadi. " Kata tersebut akan ditambahkan ke versi kamus online selama pembaruan berikutnya.

Istilah podcasting diciptakan oleh jurnalis Ben Hammersley, kemudian dipopulerkan oleh mantan VJ MTV dan pengusaha media, Adam Curry. Adam Curry membuat aplikasi Applescript yang mengotomatiskan proses download dan sinkronisasi file audio ke iPod.

Nama lain atau interpretasi alternatif dari istilah podcast itu, "P-O-D" diusulkan, yang paling populer adalah "Personal On Demand". Penulis teknologi, Doc Searls mengemukakan ungkapan ini pada bulan September 2004. Istilah-istilah seperti "audio-blogging", majalah audio "dan" web-casting "juga telah ditawarkan untuk menggambarkan bentuk unik dari distribusi media ini.

Frasa yang berasal dari "pod" lainnya termasuk "podcaster" (mereka yang membuat podcast) dan "podcatchers", agregator RSS khusus yang secara berkala memeriksa dan mendownload konten baru secara otomatis. Perangkat lunak podcatching memungkinkan pengguna menyalin podcast ke pemutar musik dan video portabel.

Popularitas podcasting menyebar karena cepatnya adopsi pemutar MP3 dan keinginan konsumen untuk memiliki konten baru. Podcasting berkembang pesat karena memberi orang lebih banyak kebebasan atas apa yang mereka dengarkan, dan kebebasan untuk menggunakan perangkat ini kemaanpun.

Teknologi blogging telah diadopsi dengan cepat dan luas sebagai podcasting. Pertumbuhan industri yang baru lahir ini diperkirakan akan meningkat dengan cepat karena teknologi ini diterima dengan cepat oleh industri penyiaran radio mulai tahun 2005 dan distribusi iTunes Apple. Meningkatnya popularitas podcast menantang model penyiaran radio konvensional.

Meskipun iTunes berusia kurang dari dua tahun pada tahun 2005, sekitar 4,8 juta orang mengunduh podcast pada tahun tersebut. Peningkatan pengguna ini naik drastis dibandingkan tahun sebelumnya yaitu sekita  800.000 pengguna.

Sebuah studi oleh Bridge Ratings pada November 2005 dengan pendengar radio di sepuluh pasar Amerika menunjukkan bahwa sekitar 20% pengguna yang pernah mengunduh dan mendengarkan podcast. Kelompok ini mengunduh rata-rata enam podcast per minggu dan menghabiskan sekitar empat jam sebulan untuk mendengarkan podcast yang mereka unduh.

Studi ini memproyeksikan pertumbuhan industri penyiaran yang lebih baik di masa depan. Menurut Bridge Ratings, pada 2010, pertumbuhan audiens podcast diharapkan mencapai 45 juta pengguna konservatif yang pernah mendengarkan podcast. Perkiraan agresif menempatkan angka ini mendekati 75 juta pengguna.

Manfaat podcast untuk bisnis

Dengan hadirnya podcast yang meningkat secara eksponensial, podcast menawarkan alat yang sangat kuat untuk mempromosikan produk atau layanan. Hal yang hebat tentang podcast adalah pembuatannya relatif mudah dan murah untuk dibuat. 

Podcasting dapat membantu memastikan hubungan yang lebih dekat dengan target pasar dengan menyediakan update konten yang menarik dan informatif berkaitan dengan bidang bisnis yang dijalankan.

Jika memiliki situs web, maka tidak ada alasan tidak boleh memiliki podcast karena tidak sulit untuk mengaturnya dan dapat meningkatakan visitor website. Jadi singkat kata podcasting harus menjadi komponen penting dari setiap pemasaran online.

Demikian informasi tentang podcast yang bisa dibagikan dalam artikel ini. Jika memiliki informasi tambahan tentang penyiaran podcast bisa disampaikan dikolom komentar dibawah ini. Semoga artikel tentang podcast ini bisa memberikan manfaat bagi yang membacanya hingga tuntas. 

Posting Komentar untuk "Pengertian podcast dan manfaatnya untuk bisnis"