Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian nama domain dalam suatu website

Domain adalah nama yang mengidentifikasi alamat IP di internet. Nama domain seperti andik.my.id mewakili banyak alamat IP. Nama domain digunakan untuk mengidentifikasi halaman web. Misalnya di URL https://www.andik.my.id/p/about.html, nama domainnya adalah andik.my.id

domain, nama domain, hosting, registrar, .com

Teman-teman dapat menyewa nama domain dengan mendaftar penyedia layanan domain dan hosting. Industri nama domain diatur dan diawasi oleh ICANN, yang merupakan organisasi yang bertanggung jawab untuk menyediakan standar dan prosedur untuk mensertifikasi perusahaan sebagai pendaftar nama domain.

Pendaftaran nama domain telah berkembang selama bertahun-tahun. Layanan ini sudah ada lebih dari beberapa dekade yang lalu, tetapi saat ini ada banyak pendaftar nama domain yang terakreditasi yang bisa teman-teman gunakan layanannya.

Hanya pendaftar nama domain yang diizinkan untuk mengakses dan mengubah domain database master yang ada di server InterNIC. Biaya nama domain ini ditentukan oleh registrar, biasanya untuk mendapatkan nama domain bisa memilih paket khusus yang disediakan oleh masing-masing registrar.


Mengapa nama domain penting?

Tema-teman dapat menggunakan nama domain untuk membuat identitas di World Wide Web (www) dan nama domain juga dapat digunakan untuk tujuan branding, seperti bisnis atau personal branding.

Dalam memilih nama domain, judulnya tidak boleh melenceng jauh dari bisnis yang dijalankan. Ini akan memungkinkan untuk memasarkan bisnis di internet. Dengan ini nama domain bisa di print di kartu nama agar lebih profesional dan menarik.

Setelah memilih nama domain, teman-teman harus mendaftarkannya ke pencatat nama domain. Ini adalah tugas yang bisa dilakukan dengan mudah. Banyak penyedia domain menawarkan paket lengkap yang mencakup pendaftaran nama domain dan hosting.

Biaya yang harus dibayarkan mencakup biaya penyiapan satu kali untuk semua pekerjaan teknis backend yang perlu diselesaikan. Kemudian bayar biaya bulanan, setengah tahunan, atau tahunan ke penyedia layanan hosting situs web.

Banyak layanan pencatatan domain menyediakan alat online yang kompeten untuk membantu menyiapkan dan menjalankan nama domain dan situs hosting.

Ini adalah informasi tentang nama domain yang dapat dibagikan di artikel ini. Jika teman-teman memiliki informasi tambahan tentang nama domain, silahkan tulis di kolom komentar di bawah.

Semoga artikel tentang nama domain ini dapat membantu dan bermanfaat bagi yang membacanya dengan seksama.

Posting Komentar untuk "Pengertian nama domain dalam suatu website"