Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Format file video dan audio yang mendukung streaming online

Format file video dan audio terpopuler tersedia untuk media yang saat ini dapat dibaca secara online tanpa harus menunggu untuk mendownload file besar. Ada banyak format media streaming online yang dapat dipilih di berbagai situs web. 

video, audio, mpeg, mwa, mwv, mp3, mp4, quicktime, realtime

Ini termasuk format media streaming online untuk file audio dan video yang dapat dilihat secara online. Semua format ini akan lebih baik untuk jenis komputer dan koneksi tertentu.

Windows Media (wmv dan wma)

Jenis pertama dari format media streaming online adalah format Windows Media. Didirikan oleh Microsoft, format ini umumnya dapat dibaca oleh program Microsoft Media Player. 

Windows Media Audio adalah format teratas yang digunakan untuk program audio, sedangkan Windows Media Video dapat digunakan untuk format video streaming.

QuickTime

Format QuickTime Apple adalah salah satu format media streaming online teratas. File yang dapat dibaca di QuickTime dapat dengan mudah di-streaming secara online. Ini termasuk file video dan audio. 

Kontrol ActiveX akan diperlukan untuk situs web atau layanan online lainnya agar dapat memutar file untuk streaming. Diperlukan sedikit waktu untuk memuat file di bawah format ini, tetapi tidak akan ada interupsi dalam format QuickTime.

MPEG

Format file MPEG, atau format Moving Picture Experts Group, adalah salah satu format media streaming online yang paling terkenal untuk file video. Ada tiga format berbeda dalam sistem MPEG. 

MPEG-1 adalah format kompresi standar untuk file video, sedangkan MPEG-2 dapat digunakan untuk ATSC, ISDB dan transmisi satelit dan kabel digital. MPEG-4 adalah format kualitas terbaik dan digunakan untuk mendukung konten tiga dimensi dan tingkat bitrate rendah.

Perlu dicatat bahwa saat mengunduh media streaming di salah satu format media streaming online di sistem MPEG, akan membutuhkan waktu lebih lama untuk memuat file berdasarkan tingkat kualitas. 

Pengunduhan format MPEG-4 membutuhkan waktu lebih lama. Selain itu, tergantung pada bandwidth kilobyte, ukuran file akan berbeda. 

Real Media

File Real Media juga populer di antara format media streaming online. Ini dapat dengan mudah dibaca melalui Real Media Player. File 64Kb dan 256Kb tersedia dalam format ini dengan format 256Kb yang lebih berkualitas.

MP3

Tentu saja, file MP3 dapat di-streaming secara online. Ini sangat populer di antara situs web yang menggunakan tingkat informasi yang lebih tinggi. Bitrate file akan membuat perbedaan pada kualitas suara dan kecepatan download. Jumlah kilobit per detik biasanya digunakan dalam format streaming MP3.

Kecepatan koneksi online akan berdampak pada format media streaming online yang digunakan pada PC atau smartphone. File MPEG-4 dan file audio 128kbps akan lebih baik untuk koneksi yang lebih cepat. 

Alasan utama untuk ini adalah bahwa file akan memiliki kualitas yang lebih baik karena pengkodean yang lebih kompleks yang digunakan dalam file ini. Tentu saja, dengan pengkodean yang lebih kompleks, lebih banyak data akan dibutuhkan untuk kompresi media streaming.

Demikian sekian banyak format media streaming online. Format ini dapat digunakan untuk file video dan audio. Tentu saja, beberapa di antaranya akan memiliki lebih banyak data untuk diunduh dan memiliki tingkat kualitas yang berbeda.

Demikian informasi tentang format video dan audio yang bisa dibagikan dalam artikel ini. Jika teman-teman memiliki informasi tentang audio dan video yang lebih lengkap bisa disampaikan dikolom komentar dibawah ini. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat bagi yang membaca hingga tuntas. 

Posting Komentar untuk "Format file video dan audio yang mendukung streaming online"