Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara optimasi website agar ramah pengguna dan mesin pencari

Optimasi website sangat diperlukan agar website bisa benar-benar berfungsi dengan baik dan bisa digunakan sesuai dengan tujuan website tersebut dibuat.

website, optimai website, seo, loading website, font, sitemap,

Memiliki website dengan desain yang bagus tidak akan ada gunanya, jika pengguna internet sulit untuk menjangkau konten website, maka website seperti tidak ada gunanya dibuat. Berikut adalah beberapa tip untuk meningkatkan kegunaan website untuk memastikan bahwa website tersebut berfungsi secara optimal.

Penggunaan teks

Metode pertama adalah memastikan tipografi konten sesuai. Jika memiliki blok teks yang besar, pastikan untuk menggunakan CSS untuk memberi jarak pada baris yang sesuai. Semakin panjang satu baris teks, semakin tinggi setiap baris. 

Selain itu, pastikan ukuran font teks cukup besar untuk dibaca dengan mudah. Beberapa situs memiliki teks setinggi 10 piksel seperti font Verdana. Mungkin ini terlihat rapi, tapi pembaca akan mengalami kesulitan membaca karena ukuran teks yang kecil.

Gunakan peta situs / sitemap

Permudah pengunjung untuk menemukan konten yang mereka inginkan di website. Jika Anda memiliki ribuan artikel di website dan pengunjung tertentu ingin menemukan satu artikel diantaranya, maka harus menyediakan cara yang layak agar pengunjung dapat melakukannya tanpa kesulitan. 

Salah satu yang dapat membantu pengunjung untuk mendapatkan konten yang seusia dengan yang mereka inginkan adalah dengan menyediakan sitemap atau peta situs sesuai dengan tema-tema yang disediakan. 

Dengan sitemap atau navigasi yang jelas ini tidak akan mempermudah pengunjung website untuk mengakses konten didlamnya, tapi juga memudahkan robot perayap mesin pencari untuk menyajikan konten yang sesuai dengan permintaan pengguanya.

Kecepatan loading

Pastikan website bisa melakukan loading dengan cepat, karena jika tidak demikian maka pengunjung akan menutup kembali website dan beralih ke website lain. Sebagian besar pengguna internet akan meninggalkan situs web jika tidak memuat sepenuhnya dalam 15 detik, jadi pastikan halaman website yang dikirimkan kepada pengunjung sesegera dapat mereka akses.

Pastikan tidak ada link yang rusak

Link yang rusak atau tidak dapat dibuka ini tidak hanya membuat pengunjung yang mengkliknya kecewa. Ini juga akan membuat mesin pencari bingung dan akan berakibat pada penurunan peringkat website.

Demikian informasi tentang optimasi website yang bisa dibagikan dalam artikel ini. Jika teman-teman memiliki pertanyaan terkait, bisa disampaikan dikolom komentar dibawah ini. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat bagi yang membacanya hingga tuntas. 

Posting Komentar untuk " Cara optimasi website agar ramah pengguna dan mesin pencari"