Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Cabai Bubuk Untuk Konsumsi Sendiri dan Dijual

Cara membuat bubuk cabai berikut akan membantu menghasilkan bubuk cabai yang pedas dan nikmat untuk dijadikan stok bumbu masakan didapur bahkan bisa dijual.

cabai bubuk, bubuk cabai, chili powder, bon cabe,

Perlu teman-teman ketahui bahwa makanan pedas menjadi tren makanan saat ini, karena orang indonesia jika tidak makan pedas terasa kurang lengkap. Ada banyak cara agar makanan menjadi pedas seperti menggunakan sambal dan juga memberikan bubuk cabai pada masakan atau juga makanan.

Bagi teman-teman yang ingin membuat bubuk cabai sendiri, berikut adalah cara yang bisa teman-teman gunakan. Caranya cukup mudah dengan bahan-bahan yang yang tidak terlalu banyak. Simak penjelasannya lebih lengkap di bawah ini.


Siapkan cabai

Langkah pertama yang harus teman-teman lakukan adalah menyiapkan cabai yang akan digunakan sebagai bubuk cabai. Teman-teman bisa menggunakan cabai dalam jumlah banyak jika untuk kebutuhan banyak  seperti dijual, dan juga dalam jumlah kecil jika untuk dikonsumsi sendiri.

Ada beberapa trik untuk menyiapkan bubuk cabai ini. Teman-teman bisa membelinya di pasar, atau jika teman-teman hobi berkebun bisa menanam cabai di kebun sendiri. Jika menanam cabai sendiri maka teman-teman tidak perlu membeli cabai lagi. Meskipun harganya mahal teman-teman bisa membuat bubuk cabai untuk dikonsumsi sendiri atau juga untuk dijual.


Belah cabai lalu buang isinya

Setelah cabai telah disiapkan teman-teman bisa mengiris cabai menjadi dua.  Proses mengiris cabai ini dilakukan dengan melintang dari atas ke bawah, tujuannya agar cabai bisa dibelah dan dikeluarkan isinya.

Tujuan dari mengeluarkan isi cabai ini adalah agar bubuk cabai yang dihasilkan tidak terasa pahit. Karena biji cabai ini jika dicampur nanti akan memberikan rasa pahit pada bubuk cabai yang dihasilkan.

Oleh karena itu penting untuk dicatat untuk selalu membuang atau menyisihkan biji cabai sebelum proses dilanjutkan. Hal ini agar bubuk yang dihasilkan memiliki rasa yang pedas sempurna tanpa ada rasa pahit.


Kukus cabai

Setelah cabai dipisahkan antara kulit dan isinya teman-teman bisa mengukus cabai ini selama 15 menit. Tujuan proses pengukusan cabai ini adalah untuk mematikan bakteri yang ada di dalam cabai agar tidak membusuk jika nantinya dikeringkan atau dijemur dibawah sinar matahari yang membutuhkan waktu yang jauh lebih lama. 

Selain itu pengukusan ini berfungsi agar cabai ketika dikeringkan bisa benar-benar kering dan memiliki tekstur yang bagus.


Keringkan cabai dengan oven atau sinar matahari

Setelah proses mengukus cabai maka proses berikutnya adalah mengeringkan cabai. Proses mengeringkan cabai ini bisa dengan menggunakan cara manual yaitu dengan menggunakan sinar matahari. 

Jadi teman-teman tinggal menjemur cabai di bawah sinar matahari hingga cabai benar-benar kering. Jika cuaca panas mungkin hanya dibutuhkan satu hari untuk membuat cabai ini bisa benar-benar kering. Namun jika cuaca mendung bisa dua hingga tiga hari agar cabai benar-benar kering dijemur dibawah sinar matahari.

Selain dengan menggunakan bantuan sinar matahari teman-teman juga bisa menggunakan oven untuk mengeringkan cabai yang akan dibuat menjadi bubuk. Untuk mengeringkan dengan oven ini temen-temen tinggal menaruh cape pada loyang dan memanaskan cabai ini sekitar 10 menit, atau hingga cabai benar-benar kering penggunaan oven ini ini akan bisa mempersingkat waktu untuk mengeringkan cabai.


Sangrai cabai dengan bumbu lain

Setelah proses pengeringan cabai baik menggunakan oven atau bantuan sinar matahari maka proses berikutnya adalah mencampur cabai dengan bumbu lain.Proses yang harus dilakukan adalah menggoreng tanpa minyak atau sangrai cabai dengan bumbu-bumbu lain yang dibutuhkan seperti penggunaan jintan dan juga bahan-bahan lain untuk membuat bubuk cabai agar lebih sedap.

Proses sangrai ini tidak perlu dilakukan dengan waktu yang lama karena kondisi cabai benar-benar kering.  Proses angreini bertujuan untuk mempersatukan cabai dengan bahan-bahan yang lainnya.

Setelah cabai disangrai teman-teman bisa  mendinginkan cabai sebelum proses berikutnya dilakukan.


Haluskan cabai dengan blender

Setelah cabai dan juga bumbu-bumbu lain siap digunakan teman-teman harus menghaluskan cabai dan bumbu-bumbu ini agar menjadi bubuk cabai yang pedas dan juga nikmat.

Proses penghalusan cabai dengan bumbu-bumbu lain ini teman-teman bisa menggunakan blender yang ada di rumah.  Saat menggunakan blender teman-teman harus memperhatikan kan hingga cabai yang diblender benar-benar lembut dan halus.

Namun jika  cabai yang diblender ini jumlahnya sangat banyak dan digunakan untuk industri atau dijual teman-teman bisa menggiling cabai ini dengan menggunakan mesin giling khusus. Karena jika menggunakan blender teman-teman akan membutuhkan waktu yang sangat lama dan blender yang digunakan bisa berpotensi rusak.


Kemas atau simpan cabai bubuk

Setelah proses penghalusan bubuk cabai teman-teman bisa menyimpan bubuk cabai ini untuk digunakan  sebagai stok bahan makanan bumbu masak yang untuk digunakan di dapur. Untuk menyimpan cabai ini teman-teman menggunakan wadah yang kering dan kedap air agar  bubuk cabai bisa bertahan lebih lama.

Jika teman-teman membuat bubuk cabai dalam jumlah banyak dan untuk dijual teman-teman bisa mengemasnya  dengan kemasan khusus  yang kering dan juga kedap udara.

Demikian informasi tentang cara membuat bubuk cabai sendiri di rumah yang bisa dibagikan melalui artikel ini. Jika teman-teman memiliki informasi tentang cara pembuatan bubuk cabai yang lebih baik bisa juga disampaikan di kolom komentar dibawah ini. 

Semoga artikel tentang cara membuat bubuk cabai ini bisa membantu dan memberikan manfaat bagi teman-teman yang membacanya hingga tuntas. 

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Cabai Bubuk Untuk Konsumsi Sendiri dan Dijual"