Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Cara Mengupas Buah Nanas Agar Tidak Gatal Di Mulut

Buah nanas adalah buah yang memiliki rasa manis dan sensasi menyegarkan. Banyak orang menyukai buah nanas ini baik dikonsumsi langsung atau digunakan sebagai bahan utama pembuatan es, kue, dan sebagainya. 

nanas, nanas gatal, nanas manis, buah nanas,

Namun tak sedikit orang lebih suka makan buah nanas secara langsung. Perlu diketahui bahwa makan buah nanas langsung biasanya memberikan efek gatal di lidah atau di daerah bibir. Ini karena adanya getah yang masih ada pada buah nanas yang dimakan.

Efek gatal yang ada pada buah nanas diakibatkan oleh kandungan asam oksalat yang ada di buah nanas. Oleh karena itu pada prinsipnya teman-teman harus mengurangi atau menghilangkan kadar asam oksalat pada mana sini agar tidak gatal.

Tidak perlu khawatir karena getah pada buah nanas ini bisa diatasi dengan cara mengupas yang tepat. Berikut adalah tips mengupas buah nanas agar tidak gatal di lidah dan bibir saat memakannya seara  langsung

1. Cuci bersih buah nanas yang belum dikupas

Tahap pertama yang harus dilakukan sebelum memotong buah nanas. Yaitu cuci bersih dahulu buah nanas yang akan dikonsumsi. Ini tujuannya untuk menghilangkan kotoran yang terdapat pada bagian luar atau kulit buah nanas.

Biasanya nanas yang baru dipanen pada bagian luarnya masih terdapat debu, tanah, atau kotoran lainnya. Sehingga hal ini harus dibersihkan dengan cara dicuci dengan menggunakan air bersih atau air yang mengalir.

2. Kupas kulit buah nanas

Tahap kedua yang harus teman-teman lakukan adalah mengupas buah nanas seperti biasa yaitu hilangkan semua bagian kulit dari ujung atas hingga ujung bawah pada buah nanas.

Dalam mengupas kulit buah nanas ini teman-teman tidak perlu mengupasnya terlalu dalam agar tidak mengurangi bagian daging buah nanas. Selain itu teman-teman juga tidak perlu mengupas buah nanas terlalu tipis agar kulitnya bisa terbuang dengan sempurna dan tidak meninggalkan rasa gatal artinya.

3. Hilangkan mata buah nanas

Setelah mengupas buah nanas langkah berikutnya yang harus dilakukan yaitu menghilangkan mata pada buah nanas. Menghilangkan mata buah nanas ini bisa dilakukan dengan banyak cara. Cara yang paling umum digunakan adalah dengan memotong menyamping pada mata buah nanas.

Namun pada perkembangan saat ini ada banyak alat yang dijual untuk menghilangkan mata pada buah nanas ini teman-teman bisa mencarinya di internet atau toko online yang menjual alat atau pisau khusus untuk menghilangkan mata pada buah nanas.

4. Potong buah nanas

Setelah buah nanas dikupas dan mata kulitnya sudah bersih, teman-teman bisa memotong buah nanas ini menjadi beberapa bagian sesuai dengan kebutuhan.

Teman-teman bisa memotong buah nanas menjadi empat bagian yaitu melintang dari atas ke bawah. Selain itu juga dapat memotong kecil-kecil semua disesuaikan dengan kebutuhan buah nanas nya mau dijadikan apa.

5. Cuci buah nanas dengan air garam

Setelah dipotong teman-teman siapkan air di wadah kemudian tambahkan garam pada air tersebut. Untuk komposisinya teman-teman bisa menyesuaikan sendiri. Misalnya 1 liter air diberikan garam sekitar 5 sendok makan.

Setelah itu masukkan buah nanas ke air yang sudah dicampur garam kemudian cuci hingga getah pada buah nanas hilang.

6. Bilas buah nanas dengan air bersih

Setelah proses mencuci buah nanas dengan air garam, maka untuk menghilangkan rasa asin teman-teman bisa membilas buah nanas ini dengan air bersih.

Jika tidak maka buah nanas nantinya akan ada ada rasa asin saat dikonsumsi. Oleh karena itu perlu adanya pencucian  buah nanas dengan air bersih ini untuk menghilangkan rasa asin dari proses sebelumnya.

Demikian informasi cara mengupas buah nanas agar tidak gatal yang bisa dibagikan dalam artikel ini. Jika teman-teman memiliki tips yang lainnya tentang cara mengupas buah nanas bisa disampaikan juga di kolom komentar dibawah ini.

Semoga artikel yang saya bagikan tentang cara mengupas buah nanas agar tidak gatal bisa memberikan manfaat bagi siapapun yang membaca artikel ini hingga tuntas.

Posting Komentar untuk "6 Cara Mengupas Buah Nanas Agar Tidak Gatal Di Mulut"