Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Masalah Kesehatan Kucing Yang Sering Terjadi

Jika baru mengenal kucing, teman-teman akan kaget saat mengetahui bahwa masalah kesehatan adalah faktor yang umum terjadi. 

kesehatan kucing, masalag kucing, hairball, leukemia kucing

Terlepas dari jenis kucing apa yang dimiliki, masalah kesehatan ini tetap harus diprediksi. Beberapa masalah terjadi mungkin turun-temurun, sementara masalah lain dapat dengan mudah dihindari.


Cacing

Terlepas dari apa jenis kucingnya, cacing adalah masalah yang sangat umum terjadi pada kucing. Cacing pita, cacing gelang, dan cacing tambang adalah yang paling umum menginfeksi kucing. 

Kucing yang kesulitan menambah berat badan, bermasalah dengan cacing, atau jika menemukan bintik-bintik putih di kotorannya, maka harus konsultasi pada dokter hewan dan memeriksanya untuk masalah cacing ini. Meskipun dapat dilakukan pananganan, cacing terbukti berbahaya jika tidak ditangani.


Bola bulu atau hairball

Bola bulu adalah masalah kesehatan paling umum terjadi pada kucing. Semua kucing merawat dirinya sendiri setiap hari, biasanya menelan bulu yang lepas dari kulitnya. 

Seringkali, bulu ini akan berkumpul menjadi bola dan berakhir di saluran pencernaan, bukannya keluar dengan kotoran kucing. 

Ketika kucing mulai batuk-batuk, dia biasanya batuk karena bola bulu. Meskipun pada akhirnya mungkin agak menjijikkan, sebagian besar kucing dapat melepaskan hairball atau bola bulu tanpa masalah.

Dalam kasus yang jarang terjadi, bola bulu dapat melewati usus kucing, kemudian membuat penyumbatan. Penyumbatan adalah masalah yang sangat ekstrim dan dapat mengancam nyawa jika tidak ditangani. 

Jika kucing menjadi sembelit, tidak makan dengan baik, atau memiliki bulu yang benar-benar kusam, ia pasti mengalami penyumbatan pencernaan. Jika melihat salah satu dari gejala ini, maka harus membawanya ke dokter hewan secepatnya. 

Untuk mencegah bola bulu yang mengakibatkan penyumbatan pencernaan, dapat dilakukan dengan menyikat kucing dua hingga tiga kali seminggu untuk menghilangkan bulu yang lepas. Selainitu juga bisa memberinya makanan yang dirancang untuk mengontrol bola bulu.


Infeksi saluran kemih

Penyakit saluran kemih juga merupakan masalah kesehatan umum pada kucing. Infeksi saluran kemih lebih sering terjadi pada kucing jantan yang belum dikebiri, meskipun kucing betina juga dapat menderita masalah ini. 

Gejala kucing jarang pergi ke kotak kotorannya, bisa jadi masalah kesehatan ini menjadi penyebabnya. Gejala lainnya adalah saat urine kucing mulai berbau menyengat. 

Jika mencurigai kucing mengalami infeksi saluran kemih, maka harus segera membawanya ke dokter hewan. Dokter hewan dapat menangani masalah ini, dan membuat rekomendasi untuk membantu agar masalah ini tidak terjadi.


Leukemia kucing

Leukemia kucing adalah penyebab berakhirnya nyawa pada kucing. Saat ini sudah tersedia vaksin yang dapat mengatasi penyakit tersebut. 

Untuk mengatasi gangguan ini, kucing harus menerima suntikan vaksin. Meskipun gejala ini tidak langsung muncul, kucing yang ditemukan mengalami leukemia biasanya tidak memiliki umur yang panjang. 

Jika mengetahui bahwa kucing menderita leukemia, maka tidak boleh membiarkannya berinteraksi dengan kucing lain di sekitarnya, karena virus ini sangat mudah menular.

Untuk menjaga kesehatan kucing , harus selalu memastikan untuk membawanya ke dokter hewan untuk pemeriksaan. Kucing harus diberikan vaksinasi,  agar ia bisa menjalani hidup yang sehat. 

Meski beberapa masalah kesehatan tidak dapat dihindari, namun sebagian besar dapat dicegah. Jika kucing adalah kucing yang dipelihara di luar ruangan, maka lakukan kunjungan rutin ke dokter hewan akan membuatnya tetap sehat. 

Selama membawa kucing ke dokter hewan dan menjaganya agar tetap sehat, maka kucing bisa menjadi teman baik untuk tahun-tahun mendatang.

Demikian informasi tentang masalah kesehatan yang umum terjadi pada kucing. Jika teman-teman memiliki informasi tambahan bisa disampaikan dikolom komentar dibawah ini. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat bagi yang membacanya dengan seksama. 

Posting Komentar untuk "4 Masalah Kesehatan Kucing Yang Sering Terjadi "