Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian akar tumbuhan, fungsi, dan jenisnya

Akar adalah bagian dari tumbuhan yang memiliki fungsi untuk melakukan penyerapan air dan juga mineral dari dalam tanah. Meski ada tumbuhan yang memiliki akar yang tidak berada di dalam tanah, namun mayoritas akar tumbuhan berada di dalam tanah. 

pengertian akar, akar adalah, akar tunggang, akar serabut, gambar akar, foto akar, akar tumbuhan

Perlu teman-teman ketahui bahwa tumbuhan juga perlu asupan makanan, air serta udara sama halnya seperti hewan. Jika teman-teman mengamati tanaman, pernahkah terpikir bagaimana tumbuhan tersebut makan? Nah disini adalah fungsi akar yang menyerap nutrisi tanaman dari dalam tanah. 


Batas akar dan batang

Batang dan akar mungkin akan sulit dibedakan. Untuk membedakan batas antara batang dan juga akar, bisa diketahui saat tanaman masih dalam masa berkecambah. Disitu akan terlihat jelas perbedaan batang dan akar.

Teman-teman bisa melihat bahwa bagian yang tumbuh ke bawah dan masuk ke dalam tanah adalah bagian akar. Sedangkan bagian yang tumbuh keatas adalah bagian batang. Jadi dengan mengetahui proses tumbuhan dalam masa perkecambahan, teman-teman bisa mengetahui perbedaan batang dan akar, serta batasan antara kedua bagian ini.


Jenis akar

Perlu teman-teman ketahui bahwa pada tanaman tingkat tinggi terdapat dua jenis akar. Jenis yang pertama adalah akar tunggang, kemudian untuk jenis yang kedua adalah akar serabut.

Akar tunggang adalah adalah utama pada tanaman yang akan terus tumbuh besar dan memanjang masuk ke dalam tanah. Pada sistem akar tunggang, ada akar-akar yang ukurannya jauh lebih kecil yang tumbuh pada akar tunggang. Akar kecil ini disebut akar samping, karena biasanya berada disamping akar tunggang.

Akar serabut berbeda dengan akar tunggang, seperti namanya akar serabut berbentuk serabut yang mirip dengan rambut dan tidak memiliki akar utama yang berukuran besar. Akar serabut tumbuh dibawah batang dan jumlahnya sangat banyak. Akar serabut ini akan tumbuh menyebar  di sekitar tanaman, yang memiliki fungsi untuk penyerapan air dalam jumlah yang banyak.


Jenis tumbuhan yang memiliki akar serabut dan akar tunggang

Perlu diketahui bahwa baik akar tunggang atau juga akar serabut ini pada umumnya dimiliki oleh tumbuhan dengan jenis atau karakter yang sama. Akar tunggang pada umumnya terdapat pada tumbuhan yang memiliki batang berkayu yang biasa disebut tumbuhan dikotil seperti pohon mangga, pohon jambu, dan sebagainya. Sedangkan akar serabut umumnya dimiliki oleh jenis tumbuhan rumput-rumputan yang tidak memiliki batang berkayur seperti padi, pisang, jagung, dan sebagainya.

Demikian informasi tentang pengertian akar, jenis akar, dan fungsi akar yang bisa dibagikan dalam artikel ini. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat bagi siapa saja yang membacanya hingga tuntas. 

Posting Komentar untuk " Pengertian akar tumbuhan, fungsi, dan jenisnya"