Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghitung VOLUME BALOK dan Contoh Soal | RUMUS VOLUME BALOK

Cara menghitung volume balok berikut ini akan membantu teman-teman yang ingin mempelajari bagaimana mengetahui berapa volume suatu balok. Sebelum membahas lebih lanjut, teman-teman bisa memahami apa dan bagaimana itu balok.

Balok adalah salah satu bentuk bangun ruang yang merupakan bentuk tiga dimensi dari bangun persegi panjang. Untuk menghitung volume balok, teman-teman harus memahami rusuk dari balok ini untuk mengetahui panjang, lebar, dan tinggi balok.

balok, rumus volume balok, volume balok, menghitung volume balok,

Balok memiliki 12 rusuk, dimana diantara 12 rusuk ini terdiri dari 3 jenis rusuk yang ukurannya sama yang disebut dengan panjang (p), lebar (l), dan tinggi (t).

Selain memiliki rusuk, balok memiliki 6 sisi yaitu  sisi depan – sisi belakang, sisi kanan – sisi kiri, kemudian sisi atas dan sisi bawah.

Untuk menghitung volume balok, teman-teman harus memahami rumus volume balok itu sendiri. Jadi rumus volume balok adalah sebagai berikut 

balok, rumus volume balok, volume balok, menghitung volume balok,


Volume balok      = panjang x lebar x tinggi 

= p x l x t

Teman-teman bisa melihat gambar yang telah saya buat untuk mengetahui mana letak atau posisi panjang, lebar, dan tinggi balik. Jadi sebelum menghitung volume balok, ketahui dulu ukuran panjang masing-masing rusuk tersebut. 

Selain itu, jika rusuk balok biasanya menggunakan satuan  panjang seperti centi meter, meter, dan sebagainya. Nah sebelum menghitung volume balok, pastikan bahwa semua rusuk telah memiliki satuan panjang yang sama. 

Jika ada rusuk balok yang memiliki satuan panjang yang berbeda, maka usahakan untuk menyamakan dulu. Misalnya jika panjang dan lebar menggunakan satuan centi meter, namun tingginya menggunakan meter. Maka samakan dulu satuannya agar menjadi centi meter semua atau juga meter semua. 

Contoh soal :

balok, rumus volume balok, volume balok, menghitung volume balok,

Diketahui ukuran pada bangun ruang balok seperti digambar. Maka tentukan berapa volume balok yang ada pada gambar?

Diketahui :

 Panjang (p) = 75 cm

 Lebar (l)   = 50 cm

 Tinggi (t)  = 50 cm

Jawab :

Volume balok = p x l  x t

           = 75 cm x 50 cm x 50 cm

                           =187.500 cm3  

                           = 187,5 dm3 

                           = 187,5 liter

Perlu diketahu bahwa satuan volume adalah kubik. Seperti pada soal diatas, maka luas balok adalah 187.500 cm 3, satuan cm3 dibaca dengan centi meter kubik.

Agar lebih sederhana, saya akan menggunakan ukuran liter atau dm3. Bahwa 1000 cm3 sama dengan 1 dm3, sehingga jika 187.500 cm3 maka artinya sama dengan 187,5 dm3.

Perlu diketahui lagi, bahwa ukuran dm3 itu ukurannya sama dengan liter. Sehingga jika 187,5 dm3 itu artinya sama denan 187,5 liter. 

Demikian informasi tentang cara menghitung volume balok. Jika teman-teman ada yang ingin ditanyakan, bisa disampaikan dikolom komentar dibawah ini. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi siapapun yang membacanya hingga tuntas. Selamat mencoba teman-teman!

Posting Komentar untuk "Cara Menghitung VOLUME BALOK dan Contoh Soal | RUMUS VOLUME BALOK"