Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat buah sawo mulai flu hingga perawatan kulit

Manfaat kesehatan dari sawo termasuk memerangi demam dan flu, membantu sistem pencernaan, kesehatan tulang, perawatan kulit, dan kesehatan rambut.

sawo, buah sawo, gizi sawo, manfaat sawo, khasiat sawo


Buah sawo mengandung berbagai vitamin dan mineral yang sehat dan penting serta suplemen makanan dan serat. Seperti yang diharapkan dari buah-buahan lain, sawo kaya akan vitamin C dan juga mengandung vitamin A, niasin, dan folat.

Selain itu sawo mengandung mineral penting. Makan buah sawo akan memberi kalsium, magnesium, zat besi, kalium, dan fosfor.

Kegunaan biji sawo 


Tidak hanya buah sawo saja yang penuh nutrisi, tetapi bijinya juga bisa digunakan. Biji sawo mengandung saponin dan quercetin yang dapat digunakan untuk mengobati berbagai penyakit. Pasta yang dibuat dari biji sawo dapat digunakan secara topikal yang dapat dioleskan pada gigitan serangga.

Secara tradisional, biji sawo telah digunakan untuk memperbaiki infeksi batu ginjal dan kandung kemih.

Kegunaan daun sawo


Daun sawo secara tradisional digunakan untuk membantu mengatasi masalah pernapasan seperti pilek dan batuk, serta untuk kondisi pencernaan seperti kembung dan diare, dan untuk mengurangi tekanan darah.

Sawo tidak hanya enak tetapi juga sangat sehat. Buah sawo kaya akan serat makanan dan dikemas dengan nutrisi sehat yang dapat membantu menjaga kesehatan secara keseluruhan dan mengatasi penyakit tertentu. 

Buah sawo mengandung antioksidan dan juga memiliki sifat anti-inflamasi, antibakteri dan antivirus. Berikut beberapa masalah kesehatan yang bisa diatasi dengan buah sawo.

Mencegah demam dan flu


Seperti kebanyakan buah yang lain, sawo juga kaya vitamin C, yang membuatnya dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh untuk membantu menyembuhkan penyakit dengan cepat. 

Vitamin C dalam jumlah yang banyak dari buah-buahan seperti sawo sangat membantu dalam mencegah penyakit yang disebabkan oleh virus seperti flu. Ada juga banyak bukti yang menunjukkan bahwa vitamin C menurunkan risiko infeksi dari virus, seperti pneumonia.

Sistem pencernaan


Buah sawo mengandung banyak serat yang baik untuk pencernaan. Faktanya, serat makanan sangat baik untuk kesehatan. Intinya adalah, sebagian besar orang gagal mendapatkan jumlah serat yang cukup dari makanan.

Serat makanan membantu sistem pencernaan. Ini dapat berkontribusi untuk kesehatan pencernaan secara keseluruhan dan membantu meringankan banyak gejala pencernaan umum, seperti sembelit, diare, dan gangguan pencernaan.

Kesehatan tulang


Buah sawo mengandung berbagai mineral penting seperti kalsium, seng dan mangan yang diketahui memiliki efek positif pada kesehatan tulang dan otot. 

Kekurangan kalsium meningkatkan risiko tulang menjadi lemah dan mengembangkan kondisi umum seperti osteoporosis.

Kesehatan kulit


Buah sawo mengandung beragam nutrisi dan senyawa antioksidan, sehingga sangat cocok untuk menjaga kesehatan dan awet muda kulit.

Vitamin E yang ditemukan dalam buah-buahan membantu melembabkan kulit sehingga sehat. Sementara itu, senyawa antioksidan dapat melindungi banyak tanda penuaan. Biji sawo juga digunakan untuk membuat minyak esensial yang digunakan untuk membantu mengatasi berbagai penyakit kulit.

Efek samping dari buah sawo


Makan buah sawo jika tidak matang dapat menyebabkan iritasi tenggorokan, bahkan iritasi mulut.

Meskipun buah sawo dianggap buah yang sehat, namun terlalu banyak buah sawo mungkin tidak begitu baik bagi yang sedang menurunkan berat badan karena kalorinya relatif tinggi.

Demikian informasi tentang manfaat buah sawo untuk kesehatan. Jika teman-teman memiliki informasi tambahan bisa disampaikan di kolom komentar dibawah ini. Akhir kata, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi yang membaca hingga tuntas. 

Post a Comment for "Manfaat buah sawo mulai flu hingga perawatan kulit"