Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

9 Manfaat makan buah tomat mulai jantung hingga hipertensi

Manfaat tomat untuk kesehatan termasuk meningkatkan penglihatan, kesehatan pencernaan, dan menurunkan tekanan darah, serta membantu diabetes, masalah kulit, infeksi saluran kemih, dan masih banyak lagi yang selainnya.

tomat, buah tomat, manfaat tomat, khasiat tomat, gizi tomat,


Tomat terdiri dari antioksidan dalam jumlah tinggi yang telah terbukti dapat melawan berbagai bentuk kanker. Tomat adalah buah sumber vitamin dan mineral dan memberikan efek perlindungan terhadap penyakit kardiovaskular.

Kandungan gizi buah tomat


Manfaat kesehatan dari tomat dapat dikaitkan dengan jumlah nutrisi dan vitamin yang dikandungnya, termasuk vitamin A, C, dan K, serta jumlah tiamin, folat, dan vitamin B6 yang tinggi. 

Tomat juga merupakan sumber potasium, mangan, magnesium, fosfor, dan tembaga yang baik. Tomat juga mengandung serat dan protein, serta sejumlah senyawa organik seperti likopen yang juga berkontribusi terhadap kesehatan.

Tomat sumber antioksidan


Tomat mengandung lycopene dalam jumlah tinggi, yaitu antioksidan yang sangat efektif dalam menangkal radikal bebas yang menyebabkan kanker. Manfaat ini bahkan dapat diperoleh dari tomat panas yang diolah menjadi produk seperti saus tomat. 

Likopen dalam tomat melawan kanker dan telah terbukti sangat efektif dalam memerangi kanker prostat, kanker serviks, kanker lambung dan dubur serta kanker faring dan kerongkongan. 

Kandungan ini juga melindungi terhadap kanker mulut, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Harvard School of Public Health.

Tomat sumber vitamin dan mineral


Dalam buah tomat dapat menyediakan sekitar 40% dari kebutuhan harian vitamin C. Vitamin C adalah antioksidan alami yang mencegah radikal bebas karsinogenik dari merusak sistem tubuh. 

Tomat juga mengandung banyak vitamin A dan kalium, serta zat besi. Kalium memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan saraf, sedangkan zat besi sangat penting dalam menjaga kesehatan darah normal. Untuk vitamin K, penting dalam mengendalikan perdarahan dan pembekuan darah.

Menurunkan kolesterol dan melindungi jantung


Likopen dalam tomat mencegah oksidasi lipid serum, sehingga memberikan efek perlindungan terhadap penyakit kardiovaskular. Konsumsi tomat secara teratur telah terbukti menurunkan kolesterol LDL dan kadar trigliserida dalam darah. 

Lipid ini adalah penyebab utama penyakit kardiovaskular dan menyebabkan timbunan lemak di pembuluh darah.

Mengurangi efek asap rokok


Dua komponen utama tomat, yaitu asam coumaric dan asam klorogenik, mampu melawan nitrosamin yang diproduksi dalam tubuh dan karsinogen utama yang ada dalam rokok. 

Buah tomat memiliki jumlah vitamin A yang tinggi dan terbukti mengurangi efek karsinogen serta dapat melindungi dari kanker paru-paru.

Meningkatkan penglihatan


Vitamin A yang ditemukan dalam tomat dapat membantu meningkatkan penglihatan dan mencegah degenerasi makula dan ayam rabun. Vitamin A adalah antioksidan kuat yang dapat dibentuk dari kelebihan beta-karoten dalam tubuh. 

Banyak masalah penglihatan muncul karena efek negatif radikal bebas dan vitamin A merupakan antioksidan kuat dalam masalah ini.

Kesehatan pencernaan


Tomat dapat menjaga sistem pencernaan agar tetap sehat dengan mencegah sembelit dan diare. Tomat ini juga mencegah penyakit kuning dan secara efektif menghilangkan racun dari tubuh. 

Selain itu, tomat mengandung serat dalam jumlah tinggi, yang dapat mengurangi gejala sembelit. Serat dalam tomat membantu merangsang gerak peristaltik di otot usus dan juga mengurangi asam lambung. 

Tomat dapat mengatur pergerakan usus, sehingga meningkatkan kesehatan pencernaan secara keseluruhan dan membantu menghindari kondisi seperti kanker kolorektal.

Menurunkan hipertensi

 
Makan buah tomat setiap hari menurunkan risiko terkena hipertensi, yang juga dikenal sebagai tekanan darah tinggi. 

Ini karena tingginya kandungan kalium tomat. Kalium adalah vasodilator, yang berarti dapat mengurangi ketegangan di pembuluh darah dan arteri, sehingga meningkatkan sirkulasi dan mengurangi stres pada jantung.

Kesehatan kulit


Tomat membantu menjaga kesehatan gigi, tulang, rambut, dan kulit. Tomat bahkan dikenal untuk mengobati sengatan matahari. Konsumsi tomat setiap hari dapat melindungi kulit terhadap eritema yang disebabkan oleh sinar ultraviolet. Tomat memiliki peringkat tinggi dalam hal anti-penuaan.

Mencegah infeksi saluran kemih


Mengkonsumsi tomat juga mengurangi infeksi saluran kemih, serta kanker kandung kemih. Ini karena tomat memiliki kandungan air yang tinggi, yang dapat merangsang buang air kecil. Ini membantu membuang racun keluar dari tubuh serta kelebihan air, garam, asam urat, dan sedikit lemak.

Demikian informasi tentang manfaat buah tomat untuk kesehatan yang bisa dibagikan dalam artikel ini. Jika teman-teman memiliki informasi tambahan atau yang ingin ditanyakan, bisa disampaikan dikolom komentar dibawah ini. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi teman-teman yang membacanya hingga tuntas. 

Post a Comment for "9 Manfaat makan buah tomat mulai jantung hingga hipertensi"