Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghitung Luas Permukaan Balok | Rumus Luas Balok

Cara menghitung luas permukaan balok ini akan membantu teman-teman yang kesulitan memahami bagaimana rumus luas balok itu berasal. Jadi dengan membaca artikel ini teman-teman tidak hanya tahu bagaimana rumus luas balok, tapi juga mengetahui bagaimana rumus tersebut muncul. Silakan membaca artikel ini hingga tuntas untuk membelajari lebih lengkapnya.

Perlu teman-teman ketahui bahwa balok adalah sebuah bangun ruang tiga dimensi 3 dimensi. Balok ini merupakan bentuk tiga dimensi dari bangun datar persegi panjang.


Rusuk balok

rumus luas balok, luas permukaan balok,

Pada gambar berikut teman-teman bisa melihat bagaimana bentuk balok yang terdiri dari enam sisi dan 12 rusuk. Dari dua belas rusuk balok, dapat dikelompokan menjadi 3 jenis yaitu rusuk panjang, rusuk lebar, dan rusuk tinggi (p,l, dan t).

Pengelompokan rusuk balok menjadi tiga bagian ini berdasarkan ukurannya yang sama. Jadi dalam bangun ruang balok, masing-masing ada 4 rusuk yang ukurannya sama.


Sisi balok

rumus luas balok, luas permukaan balok,

Pada gambar berikut teman-teman akan mengetahui bagaimana jik a bangun ruang balok di buka semua sisinya.

Jadi balok memiliki 6 sisi yaitu atas-bawah, depan-belakang, dan kanan-kiri yang jika dibuka bentuknya adalah seperti gambar diatas.


Luas permukaan balok

rumus luas balok, luas permukaan balok,

Sebelum teman - teman mengetahui rumus balok, teman-teman perlu mengetahui beberapa hal tentang balok. Balok merupakan bangun ruang yang memiliki 6 sisi yaitu sisi atas-bawah, depan- belakang, dan kanan kiri. 

Nah untuk menghitung luas seluruh permukaan balok, teman-teman harus menghitung luas masing-masing sisi balok kemudian menjumlahkannya. 

Dalam hal ini saya menghitung luas masing-masing sisi mulai dari Luas sisi pertama (L1) hingga Luas sisi ke 6 (L6).

Jadi secara umum luas permukaan balok adalah jumlah luas semua sisinya yaitu :

Luas Balok = L1 + L2 + L3 + L4 + L5 + L6

Seperti pada gambar diatas teman-teman bisa menjabarkan lebih detail lagi bagaimana menghitung luas sisi pertama (L1) hingga luas sisi ke enam (L3). Bentuknya adalah sebagai berikut :

Luas Balok = (p x t) + (p x l) + (p x t) + (p x l) + (l x t) + (l x t)

Jika ingin lebih sederhana lagi, teman-teman bisa melihat bahwa di masing-masing luas sisi tersebut ada yang kesamaan yaitu (p x l) muncul 2 kali, (l x t) muncul 2 kali, dan (p x t) juga muncul dua kali. Sehingga untuk lebih sederhana bisa di tulis sebagai berikut :

Luas Balok = [2 (p x t) ] + [2 (p x l)] +  [2 (l x t)]


Contoh saoal

rumus luas balok, luas permukaan balok,

Pada gambar diatas diketahui panjang balok adalah 11 cm, lebar balok 7 cum, dan tinggi balok 4 cm. Berapa luas permukaan balok tersebut?

Jawaban :

Luas balok = [2 (p x t) ] + [2 (p x l)] +  [2 (l x t)]

          = [2 (11 cm x 4 cm)] + [2 (11 cm x 7 cm)] + [2 (7 cm x 4 cm)

          = [2 x 44 cm 2] + [2 x 77 cm 2] + [2 x 28 cm2]

          = 88 cm 2 + 154 cm 2 + 56 cm 2

         = 298 cm 2

Catatan : Yang perlu diingat adalah satuan untuk luas jangan lupa dituliskan ya. Jika menggunakan cm maka luasnya cm2, demikian juga meter yaitu m2.

Jika satuannya belum sama, pastikan untuk menyamakan satuannya dulu sebelum menghitung luas. 

Demikian cara menghitung luas permukaan balok, tentu teman-teman pembaca banyak yang lebih jago dong? Nah teman-teman juga bisa membagikan informasi cara menghitung luas balok melalui kolom komentar dibawah ini. 

Semoga artikel yang saya tulis ini bisa bermanfaat bagi yang membacanya hingga tuntas. Selamat belajar teman-teman!

Posting Komentar untuk "Cara Menghitung Luas Permukaan Balok | Rumus Luas Balok"