Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat dan Mengubah Ukuran Halaman / Kertas Corel Draw

Cara membuat dan mengubah ukuran halaman corel draw berikut bisa membantu teman-teman yang baru belajar menggunakan corel draw. 

Ukuran kertas atau halaman pada corel draw ini akan mempengaruhi hasil akhir desain gambar, atau dokumen yang dihasilkan. Biasanya ukuran gambar atau halaman ini disesuaikan dengan ukuran media cetak yang akan digunakan. Jika poster, maka biasanya menggunakan ukuran A3.

Buka aplikasi / software corel draw

corel draw, tutorial corel draw, mengubah ukuran kertas corel draw

Langkah pertama yang harus teman-teman lakukan adalah perlu membuka software atau aplikasi corel draw dulu. Disini saya menggunakan corel draw X7, jadi jika teman-teman menggunakan corel draw versi terbaru atau juga versi sebelum X7 bisa menyesuaikan.

Buka menu file dan sub menu "new"


corel draw, tutorial corel draw, mengubah ukuran kertas corel draw


Setelah aplikasih atau software corel draw telah terbuka, langkah berikutnya yang harus teman-teman lakukan adalah membuka menu file di bagian menu bar pojok kiri atas.

Setelah muncul opsi dari menu file, teman-teman bisa langsung memilih sub menu "new" untuk membuat dokumen baru di corel draw. Nanti akan munclul kotak dialog "create a new document".

Memilih ukuran halaman / kertas


corel draw, tutorial corel draw, mengubah ukuran kertas corel draw

Setelah kotak dialog "create a new document" muncul, disitu ada banyak opsi yang bisa teman-teman gunakan termasuk ukuran halaman atau ukuran kertas yang akan digunakan.

Tapi sebelum lanjut, teman-teman ubah dulu nama dokumennya di kolom name. Usahakan tidak menamai dokumen dengan untitled seperti pada gambar.

corel draw, tutorial corel draw, mengubah ukuran kertas corel draw


Untuk mengubah ukuran halaman atau kertas, pada kotak dialog "create a new document" ada kolom size. Nah disitu bisa teman-teman klik, yang nantinya akan muncul opsi berbagai pilihan ukuran kertas yang bisa digunakan.

Setelah opsi pilihan kertas muncul, teman-teman bisa langsung memilih ukuran kertas yang akan digunakan. Dalam contoh ini saya menggunakan ukuran kertas A5.

Setelah ukuran kertas dipilih atau ditentukan, teman-teman tinggal klik "OK" pada kotak dialog tersebut.

Mengubah ukuran kertas

corel draw, tutorial corel draw, mengubah ukuran kertas corel draw


Kemudian setelah dokumen baru terbentuk, jika teman-teman ingin mengubah lagi ukuran kertasnya. Maka teman-teman bisa klik kotak page size seperti pada gambar contoh diatas. Disitu teman-teman tinggal memilih ukuran kertas yang diinginkan. 

Demikian informasi tentang cara mengubah ukuran kertas atau halaman di Corel Draw. Jika teman-teman memiliki informasi tambahan tentang cara ini, bisa menyampaikannya dikolom komentar. 

Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat bagi yang membacanya hingga tuntas. Selamat mencoba teman-teman!

Posting Komentar untuk "Cara Membuat dan Mengubah Ukuran Halaman / Kertas Corel Draw"