Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Ucapan Terima Kasih Dengan Bahasa korea Dan Cara Menjawabnya

Ucapan terima kasih dalam bahasa Korea banyak digunakan di seluruh dunia termasuk di Indonesia. Jadi biar dibilang gaul, maka sekarang banyak orang yang mengucapkan terima kasih menggunakan bahasa Korea ini. 

Dalam kesempatan ini saya akan membagikan berbagai ucapan terima kasih dalam bahasa Korea berserta penggunaannya dalam situasi tertentu. 

terima kasih dalam bahasa korea, terima kasih, bahasa korea,


1. Terima kasih umum / formal (paling banyak digunakan)

“감사합니다" cara membacanya “kam-sa-ham-mi-da”

Ini merupakan ucapan terima kasih yang paling umum dan paling banyak digunakan di Korea. Jadi penggunaannya bersifat formal untuk segala situasi, dan segala usia juga. 


2. Terima kasih di tempat umum

“고맙습니다” cara membacanya “go-map-seum-mi-da”

Ucapan terima kasih ini sering digunakan setelah dibantu seseorang. Jadi ucapan terima kasih ini sebagai penghargaan kepada seseorang yang telah berjasa memberikan bantuan di tempat umum.


3. Menolak dengan ucapan terima kasih 

 “아니요, 괜찮습니다“ cara membacanya “a-ni-yo, gwaen-chan-seum-mi-da”

Biasanya menolak sesuatu secara halus juga perlu mengucapkan terima kasih. Misalnya di Indonesia mengucapkan "tidak, terima kasih". Nah ucapan ini tepat disampaikan ketika menolak sesuatu dengan cara yang halus.

Namun perlu dicatat, bahwa ucapan terima kasih ini tidak tepat disampaikan kepada orang yang lebih tua karena dianggap tidak sopan. Ini biasa digunakan kepada seseorang yang sudah akrab atau teman sebaya.


4. Terima kasih tidak formal untuk orang yang lebih tua

“고마워요” cara membacanya “go-ma-weo-yo”

Tidak hanya di Indonesia yang memiliki bahasa informal, di Korea juga memiliki bahasa informal yang sering digunakan termasuk dalam mengucapkan terima kasih. Nah ucapan terima kasih ini merupakan ucapan terima kasih dalam bentuk tidak formal.

Ucapan terima kasih ini tidak masalah digunakan untuk orang yang lebih tua, asalkan sudah akrab sebelumnya. Namun ucapan terima kasih ini tidak tepat dan tidak sopan digunakan untuk orang yang tidak dikenal atau kurang akrab.


5, Terima kasih untuk anggota keluarga

“고마워“ cara membacanya “go-ma-weo”

Dalam bahasa korea juga terdapat ucapan terima kasih khusus untuk teman dekat dan juga anggota keluarga. Ucapan terima kasih diatas ini bisa digunakan kepada teman dekat atau anggota keluarga yang lebih muda atau juga yang sebaya.

Jika anggota keluarga yang lebih tua, bisa menggunakan ucapan terima kasih pada point 4.

Untuk ucapan terima kasih pada poin 5 ini tidak tepat untuk digunakan untuk orang asing atau tidak dikenal sekalipun secara usia lebih muda.

6. Terima kasih banyak (mendalam)

정말“  cara membacanya “jeong-mal”

Ucapan terima kasih banyak juga bisa disampaikan dalam bahasa korea seperti ucapan terima kasih diatas. Ini biasanya digunakan dalam kondisi seseorang merasa tertolong atas bantuan dari orang lain. 

Ini mirip dengan poin 2, namun poin dua lebih mengarah pada situasi ditempat atau fasilitas umum. 


Cara Menjawab ucapan terima kasih dengan bahasa korea


1. Tidak masalah

“아니에요“ cara membacanya “a-ni-ye-yo”

2. Sama-sama

”별말씀을요“ cara membacanya “byeol-mal-sseum-eul-yo”


3. Tidak apa-apa

“괜찮아요“ cara membacanya “gwaen-chan-a-yo”

Jika ingin tahu cara pengucapan yang benar, coba copy ucapan dalam huruf korea tersebut ke google translate lalu dengarkan bagaimana pengucapannya. Misalnya copy ucapan "감사합니다" ke Google translate, lalu dengarkan.

Demikian informasi tentang ucapan terima kasih dengan menggunakan bahasa korea. Jika teman-teman memiliki informasi yang lebih detail, bisa disampaikan dikolom komentar dibawah ini. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat bagi yang membaca hingga tuntas. 

Sumber : WikiHow Bahasa Indonesia

Posting Komentar untuk " 6 Ucapan Terima Kasih Dengan Bahasa korea Dan Cara Menjawabnya"