Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Fungsi Akar Tumbuhan Mulai Menyerap Air Hingga Menyimpan Makanan

Fungsi akar tumbuhan berikut bisa memberikan tambahan pengetahuan umum untuk teman-teman. Dengan demikian teman-teman bisa mengetahui lebih dalam tentang fungsi akar tumbuhan yang ada disekitar.

akar, fungsi akar, akar tumbuhan, akar menyerap air, akar memperkokoh tanaman, akar menyimpan cadangan makanan, akar untuk bernapas

Perlu teman-teman ketahui bahwa tidak semua akar berada di dalam tanah. Beberapa tumbuhan memiliki akar yang menggantung, sehingga hal-hal seperti ini akan dipertimbangkan juga sebagai salah satu fungsi akar. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa ulasan tentang fungsi akar tumbuhan yang bisa teman-teman pelajari.


Menyerap air dan garam mineral

Fungsi akar yang utama yaitu sebagai organ tumbuhan penyerap air dan mineral dari dalam tanah. Akar pada umumnya memiliki rambut akar yang berupa serabut, yang berfungsi untuk menyerap air dan mineral dari dalam tanah melalui sistem osmosis. 

Perlu teman-teman ketahui bahwa osmosis adalah pergerakan molekul air yang akan melewati membran semi permaebel. Molekul air ini akan bergerak dari larutan yang encer (kurang pekat) ke larutan yang lebih pekat. Sedangkan membran atau selaput permeabel merupakan selaput yang dapat ditembus oleh cairan atau molekul air tersebut.

Ada cara kerja yang unik ketika air tanah bisa diserap ke dalam tumbuhan melalui akarnya.  Jadi air dapat menembus akar karena dinding sel rambut akar tumbuhan tersebut memiliki sifat semi permaebel. Selain itu air dan mineral di dalam tanah juga bersifat lebih encer dibandingkan cairan di dalam akar tumbuhan. Dengan demikian air akan masuk ke dalam tumbuhan melalui akar.

Sistem osmosis ini juga berlaku di dalam tumbuhan, ketika air dan mineral di distribusikan ke sel - sel yang selainnya dalam tumbuhan, yang nantinya akan masuk ke pembuluh xilem di batang. 


Melekatkan tumbuhan ke dalam tanah

Selain menyerap air dan mineral dari dalam tanah, fungsi akar tumbuhan yang selainnya adalah melekatkan tumbuhan ke dalam tanah.

Biasanya tumbuhan yang besar sekalipun bisa berdiri kokoh, ini karena adanya akar di dalam tanah yang menjadi penopangnya. Dengan demikian tumbuhan tidak akan mudah tumbang, ketika akarnya masuk dan kuat di dalam tanah.


Membantu pernapasan tumbuhan

Selain menyerap air, mineral dari dalam tanah serta memperkokoh tumbuhan, akar juga berfungsi untuk mengikat udara terutama oksigen.

Sekalipun di dalam tanah, akar tumbuhan juga bisa mengikat oksigen yang dibutuhkan tumbuhan untuk bernapas melalui sistem difusi. Ini sebabnya tanah yang tidak terlalu padat dan tanah gembur sangat bagus untuk digunakan agar tumbuhan dapat hidup dengan baik.

Bahkan ada beberapa jenis tumbuhan yang memiliki akar diatas permukaan tanah. Ini bukan tanpa alasan, karena akar yang menggantung diatas permukaan tanah juga berfungsi untuk mengikat udara.


Menyimpan cadangan makanan

Pernahkah teman-teman melihat singkong, ubi atau wortel? Jika teman-teman pahami, bahwa bagian tumbuhan ini yang dipanen adalah bagian akarnya. Ini karena akar tumbuhan tersebut digunakan untuk menyimpan cadangan makanan. Dan ini juga termasuk salah satu fungsi dari akar tumbuhan atau tumbuhan.

Demikian informasi tentang fungsi akar tumbuhan yang bisa dibagikan melalui artikel ini. JIka teman-teman memiliki informasi yang lebih lengkap bisa disampaikan dikolom komentar dibawah ini. Semoga artikel yang saya tulis ini bisa memberikan manfaat bagi yang membacanya hingga tuntas.

Posting Komentar untuk " 4 Fungsi Akar Tumbuhan Mulai Menyerap Air Hingga Menyimpan Makanan"