Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Manfaat Berkebun Bagi Anak-Anak Di Masa Pertumbuhan

Manfaat berkebun tidak hanya mendapatkan bahan pangan untuk dikonsumsi, disamping itu jika berkebun dilakukan dengan anak maka bisa mempengaruhi pskologis anak. 

berkebun, manfaat berkebun, psikologi anak, anak berkebun


Berikut adalah manfaat yang bisa didapatkan dengan melakukan berkebun bersama anak-anak.

Belajar Sains


Dalam menanam, anak secara tidak langsung diajari keajaiban sains seperti siklus hidup tanaman dan bagaimana campur tangan manusia yang dapat merusak atau memperbaiki lingkungan. Mereka bisa mendapatkan pengalaman langsung tentang keajaiban hidup melalui benih yang ditanam. Ini pasti akan menjadi pengalaman baru dan menyenangkan bagi anak-anak.

Belajar Makhluk Hidup


Menyaksikan benih tumbuh menjadi pohon sama menakjubkannya dengan konsepsi kelahiran dan pertumbuhan seorang anak. Pada waktunya, anak-anak akan belajar mencintai tanaman mereka dan menghargai kehidupan di dalamnya.

Berkebun sebenarnya dapat membantu mensimulasikan bagaimana kehidupan seharusnya diperlakukan serta harus dilakukan dengan hati-hati.

Kebutuhan hidup akan ditekankan kepada anak-anak dengan bantuan berkebun - air, sinar matahari, udara, tanah. Kebutuhan tersebut dapat dengan mudah disesuaikan dengan kebutuhan manusia, yaitu air, tempat tinggal, udara, dan makanan.

Dengan hanya menyiangi tanaman, seseorang dapat mendidik bagaimana pengaruh buruk harus dihindari agar dapat menjalani hidup dengan lancar.

Media Relaksasi


Studi menunjukkan bahwa berkebun dapat mengurangi stres karena efeknya yang menenangkan. Ini berlaku untuk semua usia baik anak-anak, orang dewasa hingga orang lanjut usia.

Lebih dari itu, berkebun dapat merangsang semua panca indera. Percaya atau tidak, berkebun dapat digunakan sebagai terapi untuk anak-anak yang menjadi korban kekerasan, atau mereka yang menjadi anggota keluarga broken home. Itu membantu membangun harga diri seorang anak.

Waktu berkualitas dengan keluarga


Seseorang bisa melupakan kehidupan kerja yang penuh tekanan untuk sementara waktu hanya dengan suasana yang indah di kebun. Selain itu juga dapat bermain dan menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga.

Anda dapat berbicara dengan anak-anak sambil menyiram tanaman atau dapat bekerja sama antar anggota keluarga untuk merawat tanaman.

Intinya adalah, selalu lakukan apa yang harus dilakukan, bersama anak-anak dan anggota keluarga yang lain. Anda mungkin menemukan banyak hal baru tentang anak Anda saat berbaur dengan mereka di taman Anda.

Demikian informasi tentang manfaat berkebun untuk anak yang bisa dibagikan dalam artikel ini. Jika Anda memiliki informasi tambahan atau ada yang ingin ditanyakan bisa dismapaikan dikolom komentar dibawah ini. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat bagi yang membacanya dengan seksama.

Posting Komentar untuk "4 Manfaat Berkebun Bagi Anak-Anak Di Masa Pertumbuhan"