Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

11 Khasiat daun sirih untuk mengatasi diabetes hingga sembelit

Daun sirih banyak mengandung manfaat untuk menyembuhkan gangguan kesehatan. Daun ini kaya vitamin seperti vitamin C, tiamin, niasin, riboflavin, dan karoten, serta sebagai sumber kalsium. 

sirih, daun sirih, daun sirih hijau, daun sirih merah, daun, gambar daun, pohon, hijau, tanaman


Karena tanaman sirih mudah ditanam di rumah sebagai tanaman hias, maka dapat memperoleh manfaat kesehatan yang maksimal dari tenaman ini.

Daun sirih kerap direkomendasikan sebagai cara alami mengatasi masalah kesehatan. Berikut beberapa masalah kesehatan yang dikaitkan dengan daun sirih.

Membantu masalah diabetes


Diyakini bahwa ramuan daun sirih dapat menurunkan kadar gula darah sehingga dapat mengatasi diabetes.

Menurunkan berat badan


Daun sirih dapat digunakan secara efektif oleh orang yang mencoba menurunkan berat badan. Daun sirih mengurangi lemak berlebih dan meningkatkan metabolisme tubuh.

Mencegah karsinogen penyebab kanker


Mengunyah sirih diketahui dapat mencegah kanker mulut karena membantu menjaga kadar asam askorbat dalam air liur. Asam askorbat adalah antioksidan yang sangat baik yang membantu mengurangi radikal bebas dalam tubuh dan dengan demikian mencegah kanker.

Yang harus dilakukan adalah memasak 10 hingga 12 daun sirih selama beberapa menit dan menambahkan madu ke dalam air rebusan. Minum ini setiap hari untuk membantu mencegah kanker.

Menyembuhkan luka


Daun sirih bila dioleskan pada luka dapat menyembuhkan luka dan mempercepat proses penyembuhan. Daun sirih juga banyak digunakan dalam Ayurveda untuk mengobati bisul.

Meredakan sakit kepala


Jika menderita sakit kepala parah, daun sirih bisa meredahkan rasa sakitnya. Daun sirih ini memiliki zat pendingin yang bila dioleskan secara topikal dapat meredakan nyeri secara instan.

Memperbaiki pencernaan


Dengan mengunyah sirihlah kelenjar ludah bekerja. Ini merangsang pelepasan air liur, yang merupakan langkah pertama dalam pencernaan karena berbagai enzim yang dikandungnya memecah makanan dan membuat pencernaan lebih mudah. Bahan-bahan alami seperti jahe, ara, adas, dan sebagainya juga dikenal dapat meningkatkan pencernaan.

Menjaga kebersihan mulut


Daun sirih memiliki berbagai senyawa yang memiliki efek bakterisidal yang membantu memusnahkan bau mulut yang disebabkan oleh bakteri. Selain itu, orang Jawa menggunakan berbagai macam bumbu seperti cengkeh, adas dan kapulaga, bila dibungkus dengan pinang, untuk menyegarkan mulut. Rempah-rempah seperti cengkeh, kayu manis, dan pala dikenal dapat mengatasi banyak masalah mulut.

Menjaga kesehatan perut


Ekstrak daun sirih diketahui memiliki aktivitas gastroprotektif dan membantu mencegah sakit perut.

Masalah kutil


Daun sirih merupakan bahan utama dalam mengobati kutil. Diketahui tidak meninggalkan bekas luka dan benar-benar menghilangkan kutil.

Mengobati batuk


Ekstrak daun sirih yang dicampur dengan madu dikenal dapat meredakan batuk dan membantu mengeluarkan lendir dari dada.

Meredakan sembelit


Tangkai daun sirih yang dicelupkan ke dalam minyak jarak efektif untuk menghilangkan sembelit bila diletakkan di atas rektum. Selain daun sirih, bahan alami seperti biji rami, triphala, lemon, dan sebagainya Juga dikenal dapat membantu menyembuhkan sembelit.

Demikian informasi mengenai khasiat daun sirih yang bisa dibagikan pada artikel kali ini. Jika memiliki pertanyaan atau informasi tambahan tentang daun sirih, silakan posting di bagian komentar di bawah. Semoga artikel mengenai khasiat daun sirih ini dapat memberikan manfaat bagi yang membacanya dengan seksama.

Posting Komentar untuk " 11 Khasiat daun sirih untuk mengatasi diabetes hingga sembelit"