Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

11 Manfaat Buah Kiwi Mulai Kesehatan Jantung Hingga Diabetes

Manfaat buah kiwi antara lain untuk kesehatan jantung, meningkatkan kualitas tidur, dan mengendalikan diabetes. Kiwi dikenal dengan kandungan nutrisi dan manfaatnya yang membuatnya terkenal di seluruh dunia.

Sifat antioksidan

Buah kiwi mengandung jumlah vitamin C yang mengesankan bersama dengan komponen fenolik dan karotenoid yang meningkatkan kesehatan. Sebuah studi banding dengan buah kiwi dan jeruk menemukan bahwa buah kiwi memiliki sifat antioksidan yang lebih kuat dibandingkan dengan jeruk. 

Karena adanya fitokimia yang berkhasiat, maka dapat melindungi DNA yang ada di dalam sel tubuh dari kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas, sehingga mengurangi resiko terjadinya peradangan dan penyakit.


Meningkatkan Kesehatan Jantung

Seperti yang disebutkan sebelumnya, buah kiwi kaya akan polifenol pelindung, serta vitamin C, E, dan kalium yang efektif dalam perawatan kesehatan jantung. Sebuah studi penelitian menunjukkan bahwa buah kiwi memiliki efek penghambatan yang membantu menurunkan trigliserida dalam darah, yang bisa menyeumbat pembuluh jantung.


Meningkatkan kualitas tidur

Buah kiwi mengandung flavonoid seperti Naringenin, Quercetin, Routine, Catechin, Epicatechin, yang memodulasi reseptor penginduksi tidur dan dianggap sebagai penenang nabati. Dalam konteks ini, buah kiwi merupakan bahan yang ampuh untuk mengembangkan alat bantu tidur alami.


Meningkatkan penyerapan zat besi

Manfaat buah kiwi yang selainnya yaitu kemampuannya mempermudah penyerapan zat besi dalam tubuh. Kekayaan vitamin C dan fitokimia lainnya seperti lutein dan zeaxanthin membantu kiwi untuk meningkatkan kadar zat besi dalam tubuh dan mencegah penyakit kekurangan zat besi. 


Degenerasi makula

Kiwi merupakan buah untuk kesehatan mata dan memiliki manfaat untuk perawatan mata. Seperti yang disebutkan sebelumnya, ini adalah sumber fitokimia lutein dan zeaxanthin, yang merupakan komponen penting dari mata manusia. 

Komponen bermanfaat ini bersama dengan vitamin A melindungi mata dari katarak, degenerasi makula terkait usia, dan gangguan penglihatan dan penglihatan lainnya.


Membantu pencernaan

Kiwi telah terbukti bermanfaat dalam menjaga kesehatan sistem pencernaan. Ini adalah sumber serat yang membantu pencernaan dan menjaga kesehatan usus. Ini membantu meredakan sembelit dengan merangsang sistem usus. Khasiat pencahar alami buah ini karena kandungan seratnya yang encer pada feses dan membuatnya lebih lembut. 


Berguna dalam kehamilan

Kiwi adalah buah yang sempurna untuk wanita hamil karena kandungan asam folat alami yang melimpah. Folat membantu mencegah cacat tabung saraf pada bayi yang belum lahir dan penting untuk pertumbuhan otak dan kognitif mereka. Nutrisi penting lainnya seperti vitamin C, E dan K, serta kandungan flavonoid yang terkandung dalam buah-buahan, juga memberikan kontribusi positif bagi kesehatan dan perkembangan umum janin dan ibu hamil.


Perawatan kulit

Kiwi membantu menjaga kesehatan dan kehalusan kulit, berkat kontribusinya yang signifikan terhadap sintesis kolagen. Mengandung vitamin C, yang membantu menjaga kulit tetap kencang dan mempercepat penyembuhan luka dan lecet. Vitamin E dalam buah kiwi membantu mengurangi garis-garis halus dan munculnya kerutan.


Mencegah kanker

Buah Kiwi secara tradisional dikenal di China karena keefektifannya dalam menyembuhkan berbagai jenis kanker seperti kanker hati, kanker perut dan kanker paru-paru. Ekstrak buah kiwi menghambat proliferasi sel kanker dan melindungi kerusakan DNA endogen. 

Buah kiwi bekerja melawan kanker dengan cara bersifat sitotoksik pada sel kanker ganas tanpa mempengaruhi sel normal dan sehat. Banyak antioksidan, karotenoid, vitamin, dan serat semuanya berkontribusi positif terhadap efektivitas kiwi dalam mencegah atau menyembuhkan kanker. 

 

Meningkatkan Imunitas

Makan buah kiwi membantu melawan infeksi musiman dan penyakit lain yang berhubungan dengan efek antimikroba dan antijamurnya. Ekstrak kiwi telah menunjukkan aktivitas bakteriostatik terhadap berbagai macam patogen, termasuk Staphylococcus aureus dan Staphylococcus pyogenes. Kiwi membantu meredakan gejala pilek dan flu serta infeksi saluran pernapasan atas lainnya. Ini juga memberikan efek anti-inflamasi dan menunjukkan aktivitas sitokin anti-inflamasi.


Mengontrol diabetes

Kiwi memiliki indeks glikemik (GI) yang rendah sehingga cocok untuk penderita diabetes. Sebuah studi yang dilakukan pada ekstrak kiwi menunjukkan bahwa konsumsi buah ini membantu mengatur adipogenesis, yang sangat penting dalam mencegah diabetes. Disfungsi jaringan adiposa dalam tubuh sangat terkait dengan perkembangan resistensi insulin dan diabetes.

Sekian informasi mengenai manfaat buah kiwi bagi kesehatan. Jika ada informasi tambahan silahkan posting di kolom komentar dibawah. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi yang membacanya dengan seksama.

Posting Komentar untuk "11 Manfaat Buah Kiwi Mulai Kesehatan Jantung Hingga Diabetes"