Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Manfaat buah semangka mulai kesehatan ginjal hingga mata

Manfaat buah semangka untuk kesehatan termasuk pencegahan masalah ginjal, tekanan darah tinggi, kanker, diabetes, penyakit jantung, stroke, degenerasi makula, dan impotensi.

semangka, buah semangka, manfaat semangka, khasiat semangka, gambar semangka

Efek semangka yang sehat berasal dari nutrisinya termasuk vitamin, mineral, dan senyawa organik. Ini termasuk sejumlah besar vitamin C, kalsium, magnesium, serat, protein, dan sejumlah besar kalium. Selain itu, semangka juga mengandung vitamin A, vitamin B6, niasin, tiamin dan berbagai karotenoid dan fitonutrien, termasuk likopen.

Semua komponen semangka di atas berkontribusi pada dampak utama pada kesehatan. Telusuri lebih detail tentang manfaat kesehatan semangka di bawah ini.

Masalah ginjal


Semangka mengandung banyak kalium, yang sangat berguna dalam membersihkan toksik di ginjal. Semangka juga sangat berguna dalam mengurangi konsentrasi asam urat dalam darah, sehingga mengurangi kemungkinan kerusakan ginjal dan pembentukan batu ginjal. 

Karena kandungan airnya yang tinggi, semangka sering menyebabkan buang air kecil, yang  membantu membersihkan ginjal. Antioksidan yang tersedia dalam semangka juga memastikan kesehatan ginjal yang baik untuk waktu yang lama.

Mencegah stroke


Semangka efektif menurunkan suhu tubuh dan tekanan darah. Banyak orang di daerah tropis makan buah semangka setiap hari selama musim panas untuk melindungi diri dari panas. 

Sejumlah besar air dalam semangka juga menstimulasi pelepasan cairan berlebih dalam bentuk keringat, yang membuat tubuh lebih dingin selama musim panas.

Tekanan darah


Jumlah kalium dan magnesium yang ada dalam semangka sangat bermanfaat dalam menurunkan tekanan darah. 

Kalium dianggap sebagai vasodilator, yang berarti melepaskan ketegangan di pembuluh darah dan arteri, sehingga merangsang aliran darah dan mengurangi tekanan pada sistem kardiovaskular. 

Karotenoid dalam buah semangka juga mencegah pengerasan dinding arteri dan vena, sehingga membantu menurunkan tekanan darah dan kemungkinan pembekuan darah, stroke, serangan jantung dan aterosklerosis.

Mencegah kanker


Semangka telah menjadi banyak perhatian dalam beberapa tahun terakhir, terutama karena tingkat Likopen yang mengesankan, yaitu senyawa fitonutrien karotenoid yang semakin dikaitkan dengan pencegahan kanker.
 
Likopen telah terbukti secara signifikan mengurangi risiko kanker prostat, usus besar, paru-paru dan endometrium. Semua potensi antioksidan vitamin C dan efek likopen ada dalam semangka, yang membuatnya menjadi buah anti kanker yang luar biasa.

Diabetes


Penderita diabetes, yang seharusnya melakukan diet rendah energi dan gula, sering mengeluh lapar karena mereka tidak bisa makan makanan pokok, yang membuat harus makan setengah porsi. 

Semangka bisa menjadi suplemen yang baik untuk penderita diabetes. Selain rasanya yang manis, irisan semangka yang tebal akan memberi sedikit kalori, karena sembilan puluh sembilan persen dari berat totalnya terdiri dari air dan serat. 

Selain itu, vitamin dan mineral seperti potasium dan magnesium membantu kerja insulin dalam tubuh, sehingga menurunkan gula darah. 

Arginin, yang merupakan komponen lain yang ditemukan dalam semangka, sangat efektif dalam meningkatkan dampak insulin pada gula darah. Penderita diabetes juga bisa makan kari, steak, dan salad yang dibuat dengan kulit semangka, yang bahkan lebih rendah gula.

Kesehatan jantung


Lypocene, karotenoid yang ditemukan berlimpah di semangka, meningkatkan fungsi jantung. Beta-karoten, yang dikenal karena antioksidan yang sangat baik dan sifat anti-penuaan, membuat Anda awet muda dan mencegah masalah jantung terkait usia. 

Semangka mengandung vitamin C, karotenoid, dan kalium yang mengurangi risiko serangan jantung, membantu menurunkan kolesterol dan melindungi jantung dari berbagai kondisi berbahaya.

Mencegah degenerasi makula


Jangan khawatir tentang kesehatan mata dan degenerasi makula jika makan banyak semangka. Berkat beta-karoten, vitamin C, lutein dan zeaxanthin, mata akan terlindungi dengan baik. 

Kandungan ini melindungi mata dari kebutaan dan degenerasi yang berkaitan dengan usia dan mencegah mata dari penyakit seperti mata kering, saraf optik, dan glaukoma.

Manfaat semangka lainnya


Biji semangka kaya akan lemak dan protein. Semangka mengandung fitonutrien yang memiliki efek yang sangat baik pada kesehatan dan berfungsinya organ internal, mata dan sistem sekresi.

Demikian informasi tentang manfaat buah semangka yang bisa dibagikan melalui artikel ini. Jika memiliki pertanyaan atau informasi tambahan bisa disampaikan melalui kolom komentar dibawah ini. Semoga artikel bisa bermanfaat bagi yang membacanya hingga tuntas. 

Posting Komentar untuk "7 Manfaat buah semangka mulai kesehatan ginjal hingga mata"